Cara Membuat Briket Arang Kayu

Hai teman teman semua , apa kabar kalian? . Kali ini kita akan membahas dan mempelajari cara membuat briket arang kayu . Teman teman penasaran ? baca sampai akhir ya…

Kita tahu bahwa indonesia adalah negara yang memiliki hutan yang sangat luas jadi tidak dapat dipunkiri kalau indonesia memiliki banyak kayu . Tetapi banyak kayu kayu di daerah ki misalnya yang pasti di buang kalau sudah tidak dapat digunakan . Sebenarnya kayu itu masih dapat digunakan untuk dijadikan briket. Dengan membuat briket arang kayu ,kayu kayu itu akan menjadi lebih bermanfaat .

serbuk kayu briket

Alternatif Pembuatan Arang dari Limbah Kayu
Cara pembuatan arang menggunakan tungku drum
A. Pembuatan tungku drum
B. Perlakuan kayu untuk bahan baku
C. Cara pengisian kayu ke dalam tungku
D. Cara pembakaran
E. Penutupan lubang udara
F. Penambahan bahan baku
G. Pendinginan arang
Cara pembuatan arang menggunakan tungku lubang tanah
A. Dimensi tungku lubang
B. Perlakuan bahan baku
C. Penyusunan bahan baku di dalam lubang
D. Cara pembakaran kayu
E. Penutupan lubang udara
F. Proses pendinginan arang
G. Pembongkaran tungku
H. Hasil akhir arang kayu

Pada pembuatan arang kayu dengan cara metode lubang tanah, yang perlu diperhatikan lagi adalah pemilihan lokasi pembuatan lubang tungku itu. Usahakan lokasi pembuatan lubang terletak relatif terlindung dari pengaruh hujan dan agak landai. Hal ini juga untuk mempermudah di dalam kegiatan pembuatan arang nantinya. Beberapa kelebihan pembuatan arang dengan menggunakan metode tungku lubang tanah, disamping volume kayu yang bisa dibuat – ukuran bahan baku dari kayu limbah yang digunakan bisa relatif besar, dibandingkan dengan menggunakan tungku drum.

Asap hasil pembakaran pada proses pembuatan arang kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan cuka kayu. Kegiatan ini juga bisa dilakukan pada saat pembuatan arang dengan menggunakan metode tungku lubang tanah serta drum. Beberapa manfaat dari cuka kayu, diantaranya dapat digunakan sebagai insektisida dan herbisida organik. Hal ini berarti pemanfaatan cuka kayu sebagai insektisida akan lebih aman untuk lingkungan.

serbuk kayu

1. Stacking kurang rapat, hal ini akan memberikan rongga udara cukup tinggi dan mempengaruhi hasil arang yang kurang baik meskipun waktunya cepat.
2. Bagian tumpukan kayu di atas tungku/dapursemi permanen cukup tinggi sedangkan tinggi tungku/dapur hanya 1,15 m. Ketinggian tungku/dapur tersebut memudahkan penyusunan kayu karena ketinggiannya dapat dijangkau namun arang yang dihasilkan kemungkinan yang baik sedikit yaitu yang tertutup dinding.
3. Bagian atas tumpukan diberikan ruang selebar 20 cm yang tidak ditimbun dengan tanah tetapi hanya
ditutup dedaunan sebagai tempat keluarnya asap. Hal ini akan mempercepat karbonisasi
namun arang yang dihasilkan jelek.
4. Dinding tungku/dapur terbuat dari batu gamping yang masih bisa menyerap panas
karbonisasi dalam tungku sehingga suhu karbonisasi kurang maksimal.
5. Pintu pengeluaran arang terbuat dari batu gamping yang harus disusun sesuai lebar
pintu dengan bantuan perekat tanah basah. Di lain pihak, batu-batu tersebut ukurannya
berbeda dan sehingga penyusunannya tidak begitu rapat yang diinginkan dan masih menyisakan
celah keluar-masuknya udara. Hal ini juga akan mengakibatkan proses cepat tapi kualitas arang
yang kurang baik.
6. Keluhan dari masyarakat sekitar atas asap yang ditimbulkan dari pembuatan arang ini.

Mungkin sampai sini saja materi atau pembahasan yang dapat saya jelaskan . Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semua dan semoga teman teman dapat pelajaran baru atau pengetahuan baru setelah baca artikel ini.

Cara Buat Briket Dari Serbuk Kayu

Hai teman teman apa kabar kalian? . Ketemu lagi nih sama aku , kali ini kita akan membahas tentang cara membuat briket serbuk kayu. Penasaran? simak sampai akhir artikel ini ya…

Serbuk kayu biasanya akan dibuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan dan akan menimbulkan banyak masalah lingkungan. Namun saat ini serbuk kayu dapat dimanfaatkan dengan sangat baik untuk mengurangi masalah lingkungan yaitu dengan membuat briket dari bahan serbuk kayu. Pembuatan briket dari bahan serbuk kayu ini sangat mudah dengan bahan kayu yang mudah terbakar. Briket dari bahan serbuk kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar memasak dan aneka kebutuhan lainnya juga. Briket serbuk kayu juga  dapat dihasilkan dari limbah gergaji yang bisa didapatkan dengan harga sangat terjangkau.

serbuk kayu

Bahan Pembuatan Briket Serbuk Kayu :

  • Serbuk kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

Peralatan :

  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Oven
  • Cetakan briket

Proses Pembuatan :

  1. Pengarangan

Serbuk kayu yang sudah didapatkan dengan bahan tempurung kelapa ini dibakar agar menjadi arang.

  1. Pengayakan

Jika sudah menghasilkan arang yang halus maka lakukan pengayakan untuk menghasilkan tepung arang. Arang dari serbuk gergaji diayak dengan menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh serta arang tempurung kelapa ukuran kelolosan 70 mesh.

  1. Pencampuran

Arang serbuk gergaji serta tempurung kelapa yang sudah disaring selanjutnya dicampur dengan menggunakan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % serta arang tempurung kelapa sebanyak 10 %. Ketika proses pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang tadi.

  1. Pencetakan briket arang

Jika bahan sudah dicampurkan dengan merata maka bahan arang bisa langsung dimasukkan ke dalam cetakan briket dan ditempa.  Jika sudah dicetak briket bisa langsung dikeringkan menggunakan oven pengering atau menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.

Dengan memanfaatkan bahan seperti serbuk kayu dan mengolahnya menjadi briket merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan, selain itu juga bisa menghasilkan keuntungan lain berupa bahan bakar untuk kebutuhan memasak sehari – hari.

briket kayu

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki potensi di pengembangan energi terbarukan yang berupa energy biomassa dari briket tempurung kelapa. Briket ini merupakan hasil dari pengolahan limbah biomasa, diantaranya tempurung kelapa dan juga serbuk kayu. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh suhu, konsentrasi perekat dan komposisi bahan baku terhadap nilai kalor di briket. Bahan yang digunakan antaranya serbuk gergaji sengon, tempurung kelapa, tepung tapioka dan aquadest. Alat yang digunakan yaitu kiln drum, alat pengempa briket, bom kalorimeter, oven, alat screening. Variabel berubah dalam percobaan adalah komposisi bahan baku dan kadar perekatnya. Langkah penelitian dilakukan dengan pengarangan bahan baku, pencampuran komposisi bahan baku dengan variabel perekat, pencetakan dan pengempaan, uji coba nilai kalor, terakhir menganalisa data. Hasil pengujian nilai kalor briket bahwa semakin banyak komposisi bahan yang dimiliki kalor lebih tinggi maka nilai kalor  campuran briket juga akan semakin tinggi. Nilai kalor briket tidak memenuhi syarat untuk briket arang namun diantaranya memenuhi syarat standar nasional Indonesia. Penambahan perekat dalam  pembuatan briket tempurung kelapa ini dimaksudkan agar partikel arang yang saling berikatan dan tidak mudah hancur, namun penambahan perekat yang berlebih juga akan menurunkan kualitas briket, semakin tinggi kadar perekat maka nilai kalor akan semakin berkurang

Mungkin sekian yang dapat saya jelaskan semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi teman teman semua . Dan semoga materi yang ada dalam artikel dapat menjawab pertanyaan teman teman semua.

Cara Membuat Briket Dari Serbuk Kayu

Hai kawan kawan apa kabar? . Pada kali ini kita akan mengulik dan mencari tahu gimana sih cara membuat briket dari serbuk kayu. Penasaran ? simak artikel ini sampai akhir…

serbuk kayu

Di indonesia sendiri sangat banyak pohon dan tumbuhan yang masih sangatlah beraneka ragam. Indonesia juga bisa di sebut paru paru dunia karena polulasi pohon dan hutan nya masih sangat banyak . Tetapi sekarang banyak oknum yang sembarangan menebang pohon dan tidak menanam kembali . Kita seharusnya bisa memilah mana pohon yang harus di tebang dan juga harus menanam kembali tunas baru agar polulasi pohon di indonesi tidak menurun .

Dan kalau kita lihat pohon sangat lah berguna bagi kita kayunya bisa kita jadi kan rumah dan lain sebagainya. Tetapi ada yang lebih berguna lagi yaitu serbuk kayu bekas menebang pohon bisa dijadikan briket serbuk kayu .

Dengan memanfaatkan bahan baku serbuk kayu ini bisa mengurangi limbah kayu dan mengurangi dampak negatif pencemaran lingkungan, soalnya serbuk kayu itu kalau kehirup bisa bikin kita jadi sesak nafas. Selain itu, briket ini juga gak mengandung belerang jadi gak berbau menyengat, dan juga harganya pun lebih murah kalau dibandingkan dengan arang dari kayu.

Ada beberapa manfaat kenapa kita harus membuat dan menggunakan briket arang serbuk gergaji. Pada dasarnya, dengan menggunakan briket arang serbuk kayu ini sebagai bahan bakar alternatif, berarti kita bisa menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama dari hutan, jadi paling gak kita bisa ikut andil untuk meminimalisir penggundulan hutan. Selain itu, jika kita menggunakan briket arang serbuk kayu, kita bisa menghemat pengeluaran biaya untuk membeli minyak tanah atau gas yang makin lama makin mahal.

Gak hanya sampai situ, dengan memanfaatkan serbuk kayu sebagai bahan pembuatan briket arang serbuk kayu, akan meningkatkan pemanfaatan limbah hasil perhutanan, sekaligus mengurangi pencemaran udara, karena kita sering banget lihat serbuk gergaji kayu yang ada cuma dibuang kalau tidak dibakar gitu aja. Manfaat lain itu bisa sebagai sumber penghasilan tambahan di kalangan masyarakat yang bisa mengolah jadi briket arang serbuk kayu ini, karena briket serbuk kayu punya nilai ekonomis yang cukup tinggi. Pokoknya masih banyak banget manfaatnya.

briket serbuk kayu

Alat

  • Ayakan ukuran 50 dan 70 mesh
  • cetakan briket
  • mesin pengering

Bahan

  • Serbuk kayu
  • Lem kanji

Cara Membuat Briket Arang dari Serbuk Gergaji Kayu

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan pengarangan dengan membakar serbuk kayu yang ditaruh di dalam sebuah drum, drum ini sebelumnya kita lubangi dulu pada bagian bawah, tujuannya itu ialah untuk lubang sirkulasi udara, jadi biar panasnya bisa merata.
  2. Kalau sudah hangus,serbuk kayu dari pembakaran tadi kita haluskan dulu dengan cara diayak. Arang serbuk kayu kita ayak dengan ayakan berukuran 50 mesh dan 70 mesh.
  3. Setelah itu, arang serbuk kayu yang sudah kita saring tadi selanjutnya kita campur dengan perbandingan arang serbuk kayu 90% dan arang tempurung kelapa 10%. Pada saat pencampuran kita tambahkan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk kayu dan tempurung kelapa.
  4. Langkah terakhir yaitu pencetakan briket arang. Kalau semua bahan-bahannya sudah kita campur secara merata, baru arangnya bisa kita cetak dengan menggunakan mesin pencetak briket atau cetakan yang lainnya.

Kurang lebih seperti itu yang dapat saya jelaskan . Semoga bermanfaat dan teman teman bisa memahami apa yang di bahas dan di sampai kan.

Briket Dari Serbuk Kayu

Hai teman teman apa kabar kalian ? . Ketemu lagi sama aku nih , kali ini kita akan membahas tentang briket dari serbuk kayu. Sekarang terdapat banyak banget limbah di sekitaran kita terutama limbah serbuk kayu . Kita sering lihat kalau ada penebangan pohon pasti banyak banget serbuk kayu yang menggunung dan tidak jarang cuma di bakar atau di buang begitu saja . Padahal serbuk kayu bisa digunakan untuk berbagai macam kerajinan atau yang lain seperti dibuat briket serbuk kayu .

Peluang Usaha

briket serbuk kayu

Teman teman tau gak kalau serbuk kayu ini bisa menjadi lapangan usaha dan bisa menjadi usaha sampingan teman teman . Apalagi saat pandemi seperti ini banyak orang yang kesulitan mencari pekerjaan dan kebanyakan dari mereka mengangur . Apa salahnya kalau kita mencoba ya kan? .

Parameter  dalam Pembuatan Briket Serbuk Kayu

1.Ukuran butir, makin kecil ukuran butir bahan yang akan digunakan sebagai bahan
baku pembuatan briket, akan makin kuat juga daya rekat antar butir, apabila telah
ditambahkan perekat.
2. Tekanan mesin pencetak, usahakan agar briket yang dihasilkan sudah kompak,
tidak rapuh dan tidak pula mudah pecah apabila dipindah-pindah. Dan diusahakan masih terdapat pori-pori yang memungkinkan untuk udara masih ada di dalamnya. Keberadaan oksigen di dalam briket sangatlah begitu penting karena akan mempermudah proses pembakaran.
3. Kandungan air, akan sangat berpengaruh pada nilai kalor yang dihasilkan. Apabila
kandungan airnya sangat tinggi, maka kalori yang dihasilkan briket sebagian kalori
akan dipergunakan terlebih dahulu untuk menguapkan air yang ada dalam briket. Akibatnya, sebagian besar kalor yang dihasilkan oleh briket, terpaksa sebagian harus dipakai untuk menguapkan air. Kalori sisa, baru bisa dimanfaatkan sebagai untuk penghasil panas, baik dengan cara pemanasan kontak langsung ataupun cara pemanasan kontak dengan tidak langsung.

Briket juga memiliki kelemahan dan keuntungan juga lho teman teman . Apa saja kelemahan dan keuntungannya simak sampai akhir..

Keuntungan dan Kelemahan Briket Dari serbuk kayu

serbuk kayu briket

Bahan bakar briket serbuk kayu cocok digunakan oleh pedagang atau pengusaha
yang sangat memerlukan pembakaran terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup
lama. Briket serbuk kayu pemakaiannya dengan menggunakan tungku/ kompor sekam,
keuntungan-keuntungan briket antara lain, biayanya lebih
murah dibandingkan dengan minyak tanah maupun arang kayu, briket arang memiliki masa
bakar yang sangat jauh lebih lama, penggunaan briket relatif lebih aman, briket mudah
disimpan dan juga dipindah-pindahkan, tidak perlu berkali-kali mengipasi atau
menambah bahan bakar yang baru. Kelemahan briket adalah walaupun panas sekali, tetapi pijar api tidak mudah terlihat dan tidak dapat dimatikan dengan cepat.

Perekat Tapioka

Penambahan perekat dalam pembuatan briket serbuk kayu bertujuan agar partikel
saling berikatan dan tidak mudah hancur. Ditinjau dari jenis perekat yang
digunakan, briket dapat dibagi menjadi:
1. Briket yang sedikit atau tidak mengelurakan asap saat pembakaran. Jenis
perekat yang ini tergolong ke dalam perekat yang mengandung lumayan banyak zat pati.
2. Briket yang banyak mengeluarkan asap saat pembakaran. Jenis perekat
ini bisa tahan terhadap kelembaban tetapi selama pembakaran menghasilkan asap yang lumayan banyak.

Perekat dari zat pati, dekstrin, dan tepung jagung sangat cenderung sedikit atau tidak berasap, sedangkan perekat dari bahan terpith, dan molase cenderung lumayan banyak menghasilkan asap. Salah satu dari sifat pati adalah tidak dapat larut dalam air yang dingin, karena molekulnya berantai lurus dan bercabang tidak berpasangan, sehingga membentuk jaringan yang mempersatukan granula pati. Selain itu, kesulitan dalam penggunaan pati adalah selain pemasakannya memakan waktu yang lumayan lama.

Semoga bermanfaat bagi teman teman dan semoga bisa menambah wawasan teman teman .

Briket Serbuk Gergaji

Hai teman teman apa kabar kalian? . Ketemu lagi nih sama aku , kali ini kita akan membahas dan mengulik lebih dalam lagi tentang briket serbuk gergaji. Kita dapat menemui serbuk gergaji dimana saja , bahkan dirumah kita saja pasti ada . Tahu kah teman teman bahwa jika kita dapat membuat limbah serbuk gergaji ini jadi bermanfaat kita akan mendapatkan untung . Seperti kita dapat manfaatkan serbuk gergaji ini manjadi briket. Hah jadi briket , emang bisa? ya serbuk gergaji ini dapat di jadikan briket . simak artikel ini sampai habis ya…

Sekarang banyak banget orang yang memanfaatkan serbuk sisa penebangan pohon ini untuk dijadikan briket .Dan banyak juga sekarang orang yang menggunakan briket ini untuk dijadikan bahan bakar mengingat minyak dan gas sekarang tergolong mahal.

Apakah teman teman tau dengan kita menggunakan minyak sebagai bahan bakar utama secara tidak langsung kita juga menjadi orang yang kreatif dan juga bisa berhemat. Kita kreatif dapat membuat briket dan dapat digunakan sendiri maupun kita juga bisa menjualnya . Serta hemat karena kita memotong pengeluaran kita untuk membeli bahan bakar lain seperti gas yang sekarang udah tergolong mahal.

Pendahuluan

briket serbuk kayu
Di Indonesia sendiri potensi limbah kayu menunjukkan angka yang tinggi. Dilihat data departemen kehutanan,di setiap tahunnya dihasilkan limbah biomassa sebanyak 261,99 juta
ton. Limbah serbuk gergaji kayu biasa dijadikan sebagai hasil samping proses pembangunan rumah dan produksi industri kayu, seperti kayu lapis atau mebel. Limbah
serbuk gergaji kayu biasa dimanfaatkan sebagai bahan bakar tunggu, media tanam
ataupun cuma untuk dibakar dan dibuang sebagai sampah. Oleh karenanya, diperlukan sebuah
inovasi baru agar limbah kayu seperti ini mempunyai nilai lebih. Salah satu cara pemanfaatan limbah kayu, yaitu memanfaatkan kandungan tannin terkondensasi yang sudah terkandung dan diolah sebagai perekat kayu. Berdasarkan penelitian yang sebelum sebelumnya, perekat kayu tannin formaldehida sudah digunakan sejak tahun 1970.

Tannin yang biasa digunakan berasal dari kayu akasia atau jeunjing,dan belum ada juga penerapan untuk pemanfaatan limbah diluar jenis jenis kayu tersebut. tannin terkondensasi
mencakup kurang lebih 90% dari total produksi kayu untuk komersial. Tannin yang bersifat fenolik yang alami dapat menjadi peluang di dalam industri, karena tidak tergantung harga minyak seperti pada pembuatan perekat lainnya.Tanin terkondensasi sangat reaktif terhadap formaldehida dan dapat membentuk produk kondensasi, berguna sebagai bahan perekat termosetting yang tahan air dan juga panas.
Tanin diharapkan juga mampu mensubsitusi gugus fenol dari resin fenol formaldehid guna
mengurangi pemakaian fenol sebagai sumber daya alam yang tak terbarukan. Selain penggunaan Tannin lebih aman dibanding dengan penggunaan perekat lain yang menghasilkan
emisi formaldehida, yaitu gas beracun dan bisa menimbulkan penyakit. Emisi ini dapat
merugikan untuk kesehatan manusia karena jika terpapar panas sedikit saja, gasnya dapat
menyebar ke udara. Emisi formaldehida mempunyai efek negatif, yaitu menyebabkan
penyakit kanker dan gangguan di sistem pernapasan. Untuk menekan emisi yang tidak
ramah terhadap kesehatan, pemanfaatan tanin merupakan salah satu langkah terobosan bagus
dalam menekan emisi formaldehida yang dihasilkan perekat kayu.
Perekat kayu tannin formaldehida juga dapat dibuat melalui polikondensasi tannin
dengan formaldehida. Tannin yang bersifat fenolik juga dapat menjadi subsitusi fenol pada
pembuatan perekat pada umumnya. Pembuatan perekat dengan tannin murni,
menyebabkan sifat yang sangat rapuh, maka diperlukan suatu aditif. Aditif yang biasanya dipakai yaitu berasal dari gum, namun pada gagasan ini, poliuretan manjadi salah satu bahan alternatifnya.

Keuntungan Briket Serbuk Gergaji

serbuk kayu

Banyak banget yang  kita bisa dapat dari sini . Kita bisa mendapat keuntungan bisa dari pemasukan karena briket ini dijual ataupun dari manfaatnya itu sendiri. Keuntungan untuk bisnis dan usaha antaranya:

  • Dapat membuka lapangan pekerjaan
  • Menambah pemasukan
  • Menjadi usaha sampingan
  • Memperkecil pengunaan gas dan minyak
  • Mengurangi limbah penebangan pohon

Briket serbuk gergaji ini juga memiliki kelemahan dan juga keunggulan . keunggulan briket ini antaranya:

  • Kalau disimpan bisa tahan hingga satu tahun
  • Tidak berasap jika digunakan
  • Jika digunakan panas nya akan tahan lama hingga kurang lebih 2 sampai 3 jam
  • Lebih ramah lingkungan
  • Lebih murah

kelemahan antaranya:

  • Kotor saat di pegang
  • Tidak dapat larut dalam air

Semoga bermanfaat bagi teman teman dan semoga teman teman bisa mendapatkan ilmu dari artikel ini.

Ciri Khusus Pohon Kelapa Dan Fungsinya

dia artikel kali ini saya akan membahas tentang ciri khusus pohon kelapa dan fungsinya, sebelum kita masuk ke pembahasan saya akan memberikan pengertian apa itu kelapa.ciri khusus pohon kelapa dan fungsinya

Buah kelapa berbentuk bulat panjang dengan ukuran kurang lebih sebesar kepala manusia. Sedangkan, batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang.

dan dapat mencapai 10 – 14 meter lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3 – 4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian.

Ciri khusus pohon kelapa bisa dilihat dari komponen-komponennya, seperti buah, daun, hingga batang. Berbagai komponen kelapa tersebut juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu dalam kehidupan kita sehari-hari.

langsung aja kita masuk ke pembahasan yaitu ciri khusus pohon kelapa dan fungsinya

Ciri Khusus Pohon Kelapa

 

ciri khusus pohon kelapa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ciri khusus pohon kelapa bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Berbagai komponennya seperti buah, batang, hingga daunnya menunjukkan ciri khusus pohon kelapa.

Dengan berbagai ciri khusus pohon kelapa ini pulalah kamu bisa mengenalinya dengan baik. berikut beberapa ciri khusus pohon kelapa:

1.Pohon terdiri dari batang tunggal, akar berbentuk serabut dengan struktur yang tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol.

2.Berbiji tertutup: biji kelapa tertutup lapisan yang tersusun dari 3 lapisan: eksokarp, mesokarp dan endokarp. Eksokarp atau lapisan terluar adalah kulit buat kelapa.

Mesokarp atau lapisan tengah adalah serabut buah kelapa. Dan endokarp atau lapisan terdalam adalah batok kelapa.

3.Berbiji tunggal: sebagai monokotil biji kelapa tidak berbelah.

4.Batang pohon beruas dan apabila pohon sudah tua, ruas-ruas tersebut akan berkurang, batang kelapa merupakan jensi kayu yang terbilang cukup kuat.

namun sayangnya kurang baik untuk dapat menjadi bangunan.

5.Pada daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip.

6.Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip.

7.Bunga majemuk: bunga yang dihasilkan kelapa bersifat majemuk, yaitu kelapa menghasilkan bunga jantan dan betina dalam satu pohon.

Jumlah bunga yang dihasilkan satu pohon dapat berjumlah sangat banyak. Bunga ini setelah dibuahi akan membentuh buah kelapa.

8.Buah kelapa umumnya besar, dengan memiliki diameter sekitar 10 cm hingga 20 cm bahkan bisa lebih. Warna buah kelapa tergantung dari jenis pohon nya.

(dapat berwarna kuning atau hijau), untuk buah yang sudah tua akan berubah warna menjadi coklat.

Manfaat Pohon Kelapa

manfaat pohon kelapa

Setelah mengenali ciri khusus pohon kelapa, tentunya kamu juga perlu mengetahui manfaat kelapa. Kelapa merupaka salah satu jenis tanaman serba guna dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Seluruh bagian pohon kelapa dapat memberikan manfaat bagi manusia mulai dari akar sampai bagian daun dan tentunya buahnya. Berikut beberapa manfaat pohon kelapa bagi manusia:

1.Pada Bagian Akar

dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bir dan zat pewarna.

2.Pada Bagian Batang

yakni dimanfaatkan sebagai bahan baku perabotan rumah, mebel, sebagai kayu ataupun kayu bakar.

3.Bagian Daun

daun kelapa dapat digunakan sebagai bahan pembungkus ataupun dianyam untuk dapat dijadikan atap rumah, sedangkan lidinya biasa digunakan untuk membuat sapu.

4.Bagian Bunga

menghasilkan cairan yang dikenal dengan nama air nira yang memiliki rasa manis, dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan gula nira ataupun sebagai minuman.

5.Bagian Buah

yaitu untuk bagian ini terdiri dari kulit (sabut), batok, daging kelapa dan air kelapa. Kulit buah (sabut kelapa) sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan keset.

6.Pada Batok Kelapa

bisa dijadikan arang, buah kelapa untuk konsumsi atau diolah untuk dijadikan minyak kelapa.dan kalian juga harus tau manfaat sabut kelapa.

7.Air Kelapa

sebagai penghilang dahaga dan juga bermanfaat sebagai tanaman obat untuk dapat meningkatkan kesehatan pada tubuh.

Produk Olahan Kelapa

Selain mengetahui ciri khusus pohon kelapa dan manfaatnya, tentunya kamu juga perlu mengenal jenis produk olahan kelapa yang terkenal. Berikut produk olahan kelapa yang cukup terkenal:

Minyak Kelapa   

ternyata minyak kelapa bisa untuk menggoreng merupakan bagian yang paling berharga dari buah kelapa dan banyak digunakan sebagai bahan baku industri atau sebagai minyak goreng.

bagi kalian yang lagi usaha sabut kelapa kalian bisa membeli mesin pengolah sabut kelapa

Minyak kelapa dapat diekstraksi dari daging buah kelapa atau daging kelapa yang dikeringkan. Minyak kelapa merupakan ester dari gliserol dan asam lemak.

Nata de coco

Nata de coco adalah krim yang berasal dari air kelapa. Krim yang dibentuk oleh mikroorganisme Acetobacter xylinum melalui proses fermentasi.

Mikroorganisme ini membentuk gel pada permukaan larutan yang mengandung gula.Bakteri Acetobacter xylinum dapat tumbuh dan berkembang membentuk nata de coco.

karena adanya kandungan air sebanyak 91,23%, protein 0,29%, lemak 0,15%, karbohidrat 7,27%, serta abu 1,06% di dalam air kelapa.

Selain itu, terdapat juga nutrisi-nutrisi berupa sukrosa, dektrose, fruktose dan vitamin B kompleks yang terdiri dari asam nikotinat 0,01 ug, asam pantotenat 0,52 ug, biotin 0,02 ug, riboflavin 0,01 ug dan asam folat 0,003 ug per ml.

Nutrisi-nutrisi tersebut merangsang pertumbuhan Acetobacter xylinum untuk membentuk nata de coco.

bagian bagian pohon kelapa dan fungsinya

Di artikel kali ini saya akan membahas bagian bagian pohon kelapa dan fungsinya, banyak sekali manfaat dari pohon kelapa mulai dari kehidupan sehari-hari bahkan kesehatan.

nah kalian harus tau fungsi pohon kelapa, maka dari itu simak artikel ini baik-baik.

bagian bagian pohon kelapa dan fungsinya

Pohon kelapa akan bisa kamu temui di seluruh negara yang beriklim tropis, termasuk Indonesia karena negara ini menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam produksi buah kelapa.

pohon kelapa sabutnya bisa dijadikan sebagai bisnis untuk tahun sekarang.kalian harus membeli mesin pengolah sabut kelapa Pohon ini pun sering disebut tree of life atau pohon kehidupan karena semua bagiannya memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari manusia.

Namun ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui sejuta manfaat yang terdapat di setiap bagian pohon kelapa.

Bagian-Bagian Pohon Dan Fungsinya

bagian bagian pohon dan fungsinya

1.Akar

akar kelapa memiliki fungsi dalam dunia kesehatan dan dunia arsitektur. Selain fungsi di atas, akar kelapa dapat digunakan untuk sebagai pewarna alami. Rebusan akar kelapa dapat mencegah penyakit pencernaan seperti diare, disentri, dan penyakit lainnya.

 

bagian bagian kelapa dan fungsinya

 

Seperti yang kamu tahu, akar kelapa memberikan inspirasi dalam rancang membangun bandar udara karena dinilai bentuknya yang kuat dalam menopang batang kelapa yang cukup besar dan tidak bisa tumbang hanya karena angin maupun terkena deburan ombak atau tsunami sekalipun.

2.Batang

Ciri khas batang dari pohon kelapa adalah permukaannya beralur-alur. Batang lebih besar dari lainnya dan sistem pertumbuhannya termasuk monopodial. Arah tumbuhnya pun bergerak lurus ke atas.

Jika batang kelapa diserut hingga permukaannya licin, dapat dibuat sebagai furniture rumah tangga. Untuk batang yang lebih tua umumnya dipakai sebagai kerangka bangunan rumah.

3.Tempurung

Kamu tahu jika tempurung kelapa atau yang sering disebut ‘batok’ adalah lapisan paling keras di buah kelapa? Berat tempurung kelapa sekitar 15-19 persen dari berat keseluruhan buah kelapa.

Masyarakat tradisional suka sekali memanfaatkannya sebagai bahan pembakaran yang diolah menjadi arang.

4.Daun

Daun kelapa yang berbentuk sirip, penampang melintang pipih, dan permukaannya yang licin ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Kegunaannya pun beragam.

Untuk daun yang masih muda biasa untuk ketupat. Sedangkan di beberapa negara digunakan sebagai atap rumah atau dimanfaatkan untuk dibuat anyaman jerami.untuk mendapatkannya sangatlah mudah kalian bisa membeli dari petani.

5.Daging Buah

Daging buah kelapa mengandung asam amino yang baik untuk tubuh. Asam amino ini mengandung protein tinggi sehingga bisa mengganti kebutuhan protein hewani yang di dapat dari daging hewani, telur dan susu.

Fakta mengejutkan dari daging kelapa adalah dapat mengubah asam laurat yang terdapat dalam tubuh manusia menjadi monolaurin. Efek yang yang ditimbulkan hampir sama dengan air susu ibu (ASI) .

sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari infeksi virus, bakteri, dan protozoa.Daging kelapa yang sudah tua biasanya digunakan untuk kelapa parut, santan kopra, dan minyak goreng.

Karena untuk yang masih muda digunakan bahan pembuatan minuman cocktail dan selai.kamu juga harus tau minyak kelapa organik untuk kanker

6.Bunga

Kamu akan sering menemui bunga kelapa di acara pernikahan yang memang membutuhkannya sebagai simbol tertentu. Selain itu, cairan manis yang keluar dari tangkai bunga disebut air nira.

Dan beberapa orang mengolah air nira untuk difermentasikan sebagai tuak atau gula jawa.

7. Air kelapa

Kamu suka makan nata de coco yang sering terdapat dalam minuman? Sudah tahu asal usulnya? Air kelapa adalah bahan dasar utamanya loh! Mengingat air kelapa mengandung gizi dan beberapa mineral.

seperti kalsium, fosfor, magnesium, klorin, sulfur dan vitamin K. Nah, kandungan itu bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan hipertensi. Tidak heran, jika nenek moyang terdahulu memiliki umur yang panjang dan kesehatan yang luar biasa.

Karena mereka sudah memanfaatkan bahan alami untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya pohon kelapa. Dari akar hingga buahnya pun tidak luput dimanfaatkan.

 

 

 

Manfaat Batang Pohon Kelapa

\Di setiap tanggal 21 November selalu diperingati sebagai Hari Pohon Nasional Se-dunia. Peringatan ini sekaligus untuk menghormati jasa J. Sterling Morton.

manfaat batang pohon kelapa

seorang pecinta alam asal Amerika, yang gigih menyuarakan gerakan menanam pohon, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat batang kelapa.kalian harus tau cara membuat cocopeat

Manfaat Batang Pohon Kelapa

manfaat batang pohon kelapa

Batang Kelapa

Seperti yang sering kalian lihat batang pohon kelapa memiliki rata-rata tinggi yaitu 25 meter dan kebanyakan batang pohon kelapa pasti terlihat miring. Hal itu terjadi karena pohon tersebut mengandung silikia yang bisa memberikan efek elastisitas batangnya.

Batang pohon kelapa biasanya digunakan untuk membuat jendela, pintu dan lemari. Sedangkan bentuk lain yang terbuat dari batang pohon adalah kertas, jadi gunakan kertas tersebut sebaik mungkin.mesin pengolah sabut kelapa.

dan ada juga manfaat lain dari pohon kelapa, kali ini saya juga akan membahas manfaat pohon kelapa bagi manusia

Manfaat Pohon Kelapa

manfaat pohon kelapa

1. Akar

 

Dimulai dari akarnya. Kalo kamu perhatikan, akar kelapa berbentuk seperti rambut karena terdiri dari ribuan akar tipis yang tumbuh keluar dari permukaan tanah.  Dan hanya beberapa akar tipisnya yang menembus jauh ke dalam tanah.

Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari akar kelapa ini. Jika kamu merebus akar kelapa tersebut dan setelah disaring dan kamu minum, dapat membantu berbagai keluhan pencernaan ataupun gatal-gatal.

Lalu karena sifatnya yang mampu menyerap air dalam jumlah yang banyak, bisa menjadi pilihan untuk mencegah banjir, Banyak gedung-gedung yang dibangun juga menggunakan akar kelapa karena mempunyai struktur yang kuat.

sehingga dapat digunakan untuk penyangga bangunan atau sering disebut cakar ayam. Dan pada umumnya akar kelapa juga digunakan sebagai bahan untuk prakarya seperti membuat gelang, kalung.cara membuat minyak dari kelapa

2. Daun

 

Kamu semua pasti tau bentuk dari daun kelapa yang merupakan daun tunggal besar dan menyirip. Daun kelapa ternyata memiliki banyak kegunaan antara lain jika daun kelapa muda dapat digunakan sebagai pembungkus makanan .

seperti seperti ketupat atau lemet, Sementara daun kelapa yang sudah tua dapat dijadikan anyaman untuk atap atau dinding rumah, Tidak berhenti sampai disitu Daun kelapa yang kering bisa digunakan untuk membuat prakarya.

contohnya tikar, topi, ataupun tas. Batang daunnya juga dapat digunakan untuk membuat sapu.

3. Air Kelapa

 

manfaat yang ini pasti favorit kebanyakan orang, Air kelapa yang sering kita minum, apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya, ternyata mempunyai khasiatnya tersendiri.

Air kelapa dapat menjadi penyeimbang elektrolit dalam tubuh dan juga pembersih alami ginjal kita. Selain itu, bagi kamu para wanita, dipercaya air kelapa dapat menghilangkan jerawat-jerawat yang ada di muka kamu.

Tidak berhenti sampai disitu, khasiatnya masih banyak lagi, diantaranya menyembuhkan luka bakar, membersihkan air ketuban, mencegah uban dan dehidrasi.

Beberapa negara seperti Thailand dan Sri Lanka menggunakan air kelapa sebagai bahan utama pembuatan sirup.

4. Daging Kelapa

 

Ini juga bagian favorit semua orang karena rasanya yang manis dan empuk saat dimakan. Dan jika daging kelapanya sudah tua, pasti ibu kamu akan langsung memakainya untuk dijadikan santan masak.

fungsi lainnya, kalau kamu sering lihat minyak kelapa yang ada di supermarket itu berasal dari daging kelapa karena daging kelapa memilki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak biasa.

Selain itu, buat kamu para wanita, ternyata kelapa itu baik untuk kecantikan rambut kamu loh. Minyak kelapa merupakan kondisioner yang bagus untuk rambut.

Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus. Untuk balita, minyak kelapa juga bagus saat kamu memijat bayi karena baik bagi kesehatan kulit sang balita.

5. Tempurung Kelapa

Setelah kamu meminum air kelapa dan memakan dagingnya, pasti kamu akan langsung membuang tempurung kelapanya. Padahal ternyata tempurung kelapa tersebut punya khasiat tersendiri.

Selain dapat dijadikan alternatif pengganti arang untuk memasak, tempurung kelapa juga dapat diolah sebagai filter rokok dan juga menjadi bahan kerajinan tangan.

6. Bunga Kelapa

 

Banyak dari kalian yang asing dengan bunga kelapa, karena mereka baru mekar ketika berusia 4 tahun sampai 6 tahun dan jarang kamu temui. Padahal bunga kelapa dapat menjadi bahan pembuatan cuka ataupun alkohol.

Selain itu juga dapat menjadi bahan obat-obatan tradisional maupun bahan kerajinan tangan

 

Fungsi bagian pohon kelapa

Pada artikel kali ini saya akan membahas fungsi bagian pohon kelapa yang wajib kalian ketahui, pohon kelapa bisa dibilang sebagai pohon berjuta manfaat bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari dan bisa juga dibuat sebagai kesehatan

fungsi bagian pohon kelapa

Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang ketiga di dunia. Salah satu tanaman yang biasa tumbuh di tepi pantai adalah pohon kelapa. Pohon yang bisa tumbuh hingga setinggi 30 meter ini disebut sebagai tanaman paling serbaguna.

Mulai dari atas sampai bawah, semuanya bisa dimanfaatkan Apa kegunaan tiap bagian dari pohon kelapa? Mari kita kupas tuntas fungsi pohon kelapa dalam artikel berikut ini!

Fungsi Pohon Kelapa

fungsi pohon kelapa

1. Daging buahnya kaya nutrisi dan serat

Berbicara soal buah kelapa, pikiran kita langsung terbayang dengan daging buahnya yang putih, tebal dan manis. Dalam satu cangkir (80 gram) daging kelapa segar.

memiliki total 283 kalori, 3 gram protein, 10 gram karbohidrat, 27 gram lemak, 5 gram gula, 7 gram serat dan mencukupi 60 persen kebutuhan zat mangan harian, ungkap laman Health Line.

selain itu,daging buah kelapa kaya akan antioksidan,mineral dan vitamin.Serat dalam daging buah kelapa bisa menyehatkan usus dan melancarkan sistem  pencernaan, Daging buah kelapa juga bisa meningkatkan kolesterol baik.

Dan mengurangi kolesterol jahat.dan mengkonsumsi daging buah kelapa rutin bisa membantu menurunkan berat badan.inilah cara mengupas sabut kelapa

2.Air Kelapa Bermanfaat Untuk Melawan Diabetes

air kelapa

Saat sedang berpanas-panasan di pantai, meminum segelas air kelapa muda terasa sangat menyegarkan! Bukan hanya segar, ada segudang manfaat di balik air kelapa muda.

Satu cangkir air kelapa berukuran 240 ml mengandung 46 kalori, 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein serta mencukupi 10 persen kebutuhan vitamin C harian.

Mengonsumsi air kelapa bisa menurunkan radikal bebas, menurunkan kadar gula darah, melawan diabetes, mencegah batu ginjal, mengurangi risiko terkena masalah jantung, menurunkan tekanan darah,

mencegah dehidrasi dan mengandung antioksidan, terang laman Health Line. Satu gelas yang kaya nutrisi.dan kalian harus  tau cara mengupas kelapa muda

3. Minyaknya bisa menyehatkan rambut

Bukan hanya itu, minyak kelapa juga kaya akan manfaat! Minyak kelapa tidak hanya dimanfaatkan untuk memasak, tetapi juga untuk kesehatan, kecantikan dan perawatan tubuh.

Dalam satu sendok makan minyak kelapa mengandung 120 kalori, 14 gram lemak, 0 gram protein dan 0 miligram kolesterol, terang laman The Street.Minyak kelapa adalah kondisioner alami untuk rambut.

Apabila digunakan rutin, minyak kelapa bisa membuat rambut lembut dan ternutrisi. Minyak kelapa juga banyak dipakai untuk perawatan luka bakar.melembapkan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Kandungan vitamin E di dalamnya juga bisa melembutkan kulit.

4. Kulitnya bisa dipakai sebagai wadah makanan dan kerajinan tangan

Setelah daging, air dan minyaknya dipakai, kulit atau batok kelapa tidak dibuang begitu saja. Batok kelapa dimanfaatkan untuk banyak keperluan, seperti jadi tempat makan, kerajinan tangan dan aksesori.

Apabila dibentuk dengan baik, batok kelapa bisa menjadi komoditas bernilai jual tinggi, Selain itu arang dari pembakaran batok kelapa juga tak kalah bermanfaat. Arang kelapa menghasilkan karbon aktif dan dipakai sebagai bahan pembuatan.

obat-obatan, sabun dan pasta gigi. Untuk memperoleh 1 ton arang kelapa, dibutuhkan lebih dari 50 ribu batok kelapa dan harus dibakar dalam suhu antara 300-500 derajat Celsius.

5. Daunnya bisa dimanfaatkan untuk membuat atap dan bahan bangunan

Daun kelapa bukan hanya meneduhkan kita dari sengatan matahari. Tetapi, daun kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan! Seperti digunakan untuk membuat atap dan dinding pada bangunan tradisional.

Selain itu, daun kelapa bisa dianyam dan dipakai untuk kerajinan tangan.Saat lebaran tiba, daun kelapa banyak dibutuhkan sebagai bahan utama dalam membuat ketupat.

Kerajinan tangan dari daun kelapa pun banyak macamnya. Hasil kerajinan bisa berupa topi, tas, keranjang, aksesori, kipas dan lain sebagainya. Penduduk pesisir bisa mencari penghasilan tambahan dengan membuat kerajinan dari daun kelapa!

6. Kayunya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan

Kayu pada pohon kelapa termasuk kayu keras (hard wood) dan memiliki kepadatan tinggi. Kekerasannya bervariasi antara 600-900 kg/m³. Kayu ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

seperti ubin lantai, bingkai jendela, kusen pintu, pilar bangunan, pagar, perabotan dan lain sebagainya.dan bagi kalian yang sedang usaha sabut kelapa bisa juga membeli mesin pengolah sabut agar membantu bisnis kalian.

7. Bunganya bisa untuk obat dan batang pada daunnya bisa dipakai untuk sapu lidi

Masih banyak bagian dari pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan. Seperti bunganya yang bisa dipakai untuk pengobatan, sabut kelapa yang bisa digunakan untuk menyalakan api.

batang dari daunnya bisa dimanfaatkan menjadi sapu lidi dan lain sebagainya. Tak heran jika pohon kelapa disebut sebagai “the most versatile plant”.

 

 

Cara Membuat Sayur Sop Bening yang Mudah dan Lezat

Banyak orang yang sudah membahas artikel mengenai cara membuat sayur sop bening. Disini kita juga akan membahasnya. Tetapi akan secara lebih detail lagi. Mulai dari manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya. Siapa sih yang tidak tau apa itu sayur sop. Bahkan sangat mustahil sekali apabila kita tidak mengenthui hidangan yang satu tersebut.

Dari kalangan anak-anak balita hingga dewasa pasti suka sekali dengan sayur sop. Tidak salah lagi kalau memang sayur sop ini banyak difavoritkan. Karena memang rasanya yang lezat dan juga kaya akan gizi dan vitaminnya. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Bahan dan alat yang diperlukan hanyalah disekitar kita saja. Harganya yang terjangkau ini menjadi favorit kuliner untuk semua orang.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai resep sayur sop. Tapi jika sekarang ini kita akan membahas tentang cara membuat sayur sup bening dengan cara mudah. Dikarenakan memang sayur sop banyak sekali manfaat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Simak artikel berikut ini !

Sayur Sop Bening

Sayur sop bening

Siapa yang belum pernah makan sayur sop bening? Makanan yang berkuah satu ini paling sering apabila disajikan di meja makan bersama keluarga. Di warung-warung yang menjual masakan rumahan pun sangat mudah sekali untuk mudah ditemui. Rasanya yang segar dan gurih ini bisa menyehatkan badan,dan cocok untuk cuaca seperti di Indonesia.

Cara membuat sop atau sayur sup ini sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang sulit.Malah termasuk sayur sop bening termasuk panganan yang paling mudah untuk disiapkan dan disajikan. Orang yang pemula di dapur sekali pun pastiakan langsung bisa dalam menguasai pembuatan sayur sop ini. Sayur sop bisa kita tambahkan dengan daging ayam atupun daging sapi tinggal sesuai dengan selera kita masing-masing.

Jika sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai cara membuat sayur sop bakso. Kali ini kita akan membahas cara membuat sayur sop bening dan juga manfaatnya untuk kesehatan. Simak artikel berikut !

Manfaat Sayur Sop

1. Mengembalikan Cairan Tubuh yang Hilang

Sup mempunyai bahan dasar utama  yaitu air, mungkin sekitar 70-80% sehingga jika kamu sedang menikmati makan sayur sop, maka asupan yang masuk dan juga kebutuhan cairan dalam tubuh kamu itu  bsa terpenuhi dengan cukup baik. Maka dari itu sayur sop ini sangat cocok apabila kalian mengkonsumsinya pada siang hari, dikarenakan dapat mengganti cairan pada tubuh yang hilang setelah beraktivitas berat dan juga bisa menyegarkan tubuh.

2. Memiliki Kandungan Gizi dan Nutrisi yang Tinggi

Didalam satu hidangan sayur sop biasanya terdapat beraneka macam jenis bahan dasar sayuran. seperti kentang,wortel,buncis, daun seledri, daun bawang dan juga bahan dasar lainnya. Selain itu juga terdapat berbagi macam jenis daging seperti daging sapi ataupun ayam. Bahan-bahan semua tersebut memiliki banyak kandungan gizi dan juga nutrisi yang luamayan tinggi. 

3. Rendah Lemak Tapi Mengenyangkan

Sayur sop menggunakan banyak sekali bahan dasar sayuran yang dimasak dengan dilihat bagaimana cara merebusnya. Walaupun terdapat  minyak di dalamnya,tetapi itu hanya sedikit karena hanya sebagai tumisan bumbu saja. Inilah yang membuat sayuran bisa mengenyangkan tetapi juga rendah lemak. Sayur sup menjadi  favorit makanan yang disantap beberapa orang yang sedang diet. Kandungan serat dan juga airnya bisa membuat perut lebih kenyang dalam jangka waktu yang cukup panjang. 

4. Kandungan Gizinya Tidak Mudah Hilang

Kandungan gizi yang ada dalam sayur sop akan tetap lengkap saat kamu sedang menikmati makanan tersebut. Hal itu karena kamu tidak membuang  rebusan air yang kamu gunakan dalam merebus sayur dan juga dagingnya yang malah akan menjadi sumber protein dan nutrisi dalam sayur sup itu. Air kaldu yang banyak gizinya ini akan sangat bermanfaat jika kamu sedang memakannya bersama bahan  isian sayur sup lainnya.

5. Memperlancar Sistem Pencernaan

Sayur sop memiliki kandungan serat yang lumayan tinggi dari sayuran yang berada di dalam hidangan tersebut. Bisa juga memperlancar pencernaan dan dapat mengurangi resiko terkena sakit sembelit. Sayur sop bisa di nikmati dengan porsi yang seimbang tentu juga harus dengan rutin. Maka kebutuhan seratmu bisa terpenuhi dengan sangat baik. Yang dimaksud dengan porsi yang seimbang yaitu daging dan sayuran yang isiannya setara.

6. Mudah Dicerna Ketika Sedang Sakit

Sayur sop ini banyak dibutuhkan oleh orang saat seseorang sedang sakit.. Alasan utamanya yaitu karena sayur sop ini sangat mudah sekali untuk dicerna. Bahan isian yang terdapat dalam sayur sup ini memiliki tekstur yang cukup empuk dan juga kuah supnya dapat menolong dalam hal menelan makanan dengan lebih cepat. Jadi kebanyakan orang jika bosan makan bubur saat sakit, maka mereka akan memilih hidangan sayur sop ini.

7. Meringankan Penyakit Tertentu

Banyak yang menyajikan dalam keadaan masih lumayan panas karena sayur sup bisa meringankan atau meredakan beberapa penyakit-penyakit ringan tertentu seperti demam,flu,dan juga batuk. Ketika orang sedang sakit, bahan dasar sup yang terdiri dari berbagai macam jenis daging dan sayuran dapat juga mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang  sehingga akan menjadi lebih cepat pulih dari sakitnya dan juga bisa menahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Cara Membuat Sayur Sop Bening

1.Resep Sayur Sop Bening Ayam

  • 3 batang daun bawang dikupas menggunakan
  • 2 buah tomat
  • 400 gram daging ayam, cuci bersih, tiriskan
  • 2 buah kentang
  • 8 batang buncis
  • 2 batang wortel
  • 3 lembar daun kol
  • Sledri 3 batang
  • 2 cm jahe di geprek
  • Bumbu halus
  • 4 siung bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • Bawang merah 4 siung
  • Air secukupnya
  • Secukupnya merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Secukupnya penyedap rasa
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • Secukupnya bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat Sayur Sop Bening Ayam :

  1. Siapkan bahan-bahannya, kemudian potong-potong sesuai dengan selera masing-masing

  2. Panaskan air sampai mendidih, Lalu masukkan ayam tunggu hingga kurang lebih 3 menit, angkat ayam, buang airnya,kemudian bisa kalian sisihkan.

  3. Panaskan lagi air sampai mendidih, masukkan ayam, tunggu sampai mendidih kembali, masukkan 2 batang daun bawang, 2 batang sledri, dan juga 2 cm jahe geprek.

  4. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, sampai matang, lalu masukkan ke dalam rebusan daging ayam, berturut turut, seperti sayuran buncis, kentang,wortel, masak sampai matang

  5. Tambahkan merica bubuk, garam, penyedap rasa, tes rasa, masukkan tomat iris, kol iris, lalu bisa kalian mengangkatnya. Sajikan sayur sop ayam, taburi irisan sledri, dan juga bawang goreng

2.Resep Sayur Sop Bening Sapi

Bahan -bahan :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 200 gr daging sapi (direbus,potong dadu,air rebusannya jangan sampai dibuang)
  • Secukupnya air
  • Air kaldu rebusan daging secukupnya
  • Secukupnya minyak goreng (jangan banyak-banyak)
  • 1/4 buah kol
  • 2 buah wortel
  • Daun bawang 1 batang
  • 1 batang seledri
  • Kentang 1 buah
  • 1 buah tomat
  • Secukupnya garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm kaldu jamur (totole)
  • 1 sdt kaldu sapi
  • Secukupnya bawang goreng

Cara Membuat Sayur Sop Bening Sapi :

  1. Menyiapkan semua bahannya,kemudian bisa kalian potong sesuai dengan selera masing-masing.

  2. Haluskan bawang putih,garam, dan juga merica bubuk. Bisa memakai uleg agar tidak sampai halus banget.

  3. Menumis dengan sedikit minyak.

  4. Tambahkan air dan juga air kaldu daging sapinya.

  5. Tambahkan sayuran seperti kentang dan wortel.

  6. Masukkan potongan daging yang sudah direbus dan empuk.

  7. Tunggu hingga mendidih semua dan wortel dan juga kentangnya sudah lunak, masukkan kol,seledri,daun bawang,dan juga irisan tomat.

  8. Mengaduk jangan terlalu lama,cukup kurang lebih 2 menit aja. Lalu angkat dan tuang kedalam mangkok,kemudian taburi dengan bawang goreng. Jadilah sop daging sapi. Bisa kalian nikmati bersama dengan keluarga dirumah.

Demikian merupakan artikel mengenai cara membuat sayur sop bening. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua dan selamat mencoba.