Kerajinan dari Bahan Sabut Kelapa

Kerajinan dari Bahan Sabut Kelapa

kerajinan dari bahan sabut kelapa yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengurangi limbah dan menambah nilai jual pada sabut kelapa.

Tidak hanya bisa dijadikan kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional, kerajinan tersebut juga bisa dijadikan bisnis, yang bisa menghasilkan uang.

Terlebih, kini beberapa kerajinan dari sabut kelapa yang estetik itu, sangat dicari dan berharga tinggi.

Memangnya, apa yang membuat kerajinan yan terbuat dari sabut kelapa dicari dan beberapa di antaranya memiliki harga tinggi? Padahal cuma terbuat dari sabut kelapa?

  • Sabut kelapa memiliki struktur yang kuat, sehingga awet dan tahan lama jika dijadikan sebuah kerajinan.
  • Warna sabut kelapa berwarna coklat, membuatnya memberikan kesan natural.
  • Saat ini, sedang muncul tren tema rustik, natural, hingga vintage, sehingga kerajinan dari sabut kelapa sangat cocok untuk dijadikan hiasan tema tersebut.
  • Tahan degradasi dan air laut.

Nah, penasaran bukan, bisa dijadikan kerajinan apa saja sih sabut kelapa ini? Yuk, intip 5 kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional berikut ini.

Kerajinan dari Sabut Kelapa

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang pertama adalah tali rami. Kerajinan sabut kelapa yang satu ini juga menjadi salah satu kerajinan yang paling dicari, karena sedang tren.

Tren kerajinan vintage, memang memiliki keindahan tersendiri, karena bisa memberikan kesan natural.

Sehingga, banyak orang yang membuat kerajinan vintage untuk dijual ataupun membuatnya untuk digunakan sendiri.

Nah, salah satu perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan vintage adalah tali rami ini.

Kamu bisa gunakan tali rami untuk mengikat kado, tempat menggantungkan foto, aksesoris, proyek DIY, hingga untuk bahan kreatif lainnya

2. Keset Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang selanjutnya, serta  sedang banyak dicari juga adalah keset sabut kelapa. Bahkan, banyak pembeli keset sabut kelapa berasal dari Jakarta.

Hal tersebut dikarenakan, belum lama ini telah viral berita tentang ular atau anak ular yang banyak keluar dari sarangnya. Sehingga membuat beberapa masyarakat kota, gelisah akan berita viral tersebut.

Namun, spa hubungannya ular dengan keset sabut kelapa?

Ternyata, keset sabut kelapa disebut bisa mencegah ular masuk rumah, karena ular takut dengan sabut kelapa.

Hingga saat ini, beberapa pengrajin keset sabut kelapa, omzetnya mendongkrak.

Keset sabut kelapa juga memiliki model dan ukuran yang bervariasi. Bahkan, semakin besar keset, maka tingkat kesulitan akan lebih besar dan tentunya lebih mahal.

Agar memberikan kesan estetik, beberapa hotel dan restoran juga menggunakan keset sabut kelapa, ketimbang keset dari karet. Keset sabut kelapa juga dinilai lebih awet dan tahan lama.

3. Sapu Sabut Kelapa

Masih sanggup bertahan di era milenial, kerajinan dari sabut kelapa yang satu ini, memang memiliki kesan jadul tapi sangat fungsional. Ya, sapu yang terbuat dari sabut kelapa, masih tak mau kalah dari sapu-sapu modern saat ini.

Sebagian besar masyarakat mungkin masih menggunakan sapu sabut kelapa, dengan alasan kotoran debu lebih mudah dibersihkan, lebih murah, tahan lama, hingga lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, kini sapu modern kebanyakan terbuat dari bahan plastik sintetis, yang tidak tahan lama. Selain harganya lebih mahal, sapu plastik juga tidak ramah lingkungan.

Sedangkan harga sapu sabut kelapa dibanderol mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja.

Apalagi jika kamu langsung membelinya di lokasi pengrajin, kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang lebih murah, ketimbang sudah berada di warung atau toko.

4. Pot Tanaman

Buat kamu yang suka bercocok tanam, dan menyukai tanaman, sepertinya kamu wajib punya salah satu kerajinan dari sabut kelapa ini. Ya, pot tanaman dari sabut kelapa.

Selain menjadi pot, sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai media tanaman, jadi tidak perlu menambahkan tanah lagi, atau bisa menggunakan cocofiber.

Tanaman yang biasanya menggunakan pot tanaman dari sabut kelapa ini adalah bunga anggrek.

Selain itu, pot yang memiliki warna dan bahan yang menyatu dengan alam, membuatnya jadi terlihat lebih indah, cantik, dan natural.

5. Ring Dekorasi

Kamu suka mendekorasi rumah, acara ulang tahun, atau pernikahan dengan tema rustik dan vintage? Sepertinya, kerajinan dari sabut kelapa berbentuk ring dekorasi ini, wajib dimiliki.

Selain menambah kesan estetika, ring dekorasi juga bisa ditambahkan dengan dekorasi lainnya. Misalnya, ditambah bunga kering, ditambah inisial nama, dan lain-lain.

Ring dekorasi juga bisa digunakan untuk wadah seserahan, wadah perhiasan pernikahan, hingga panjang depan pintu. Harganya juga cukup terjangkau, ketimbang ring dekorasi yang terbuat dari akar rotan.

Ring dekorasi kerajinan dari sabut kelapa ini, bisa dibanderol mulai dari Rp9.000 hingga puluhan ribu rupiah. Jadi, selain cantik, beragam kerajinan dekorasi dari sabut kelapa ini, tergolong murah.

Beberapa Kerajinan dari Sabut Kelapa MahalÂ

Selain lima kerajinan dari sabut buah kelapa yang estetik, fungsional, dan murah di atas, ternyata ada kerajinan yang bisa digolongkan sebagai produk mahal loh.

Beberapa produk kerajinan tersebut juga tergolong produk besar, seperti jok mobil, sofa, hingga kasur. Selain itu, kebanyak produk sabut kelapa ini juga diekspor ke Tiongkok.

Maka dari itu, hanya dengan sabut kelapa, para pengrajin bisa meraup omzet hingga miliaran rupiah. Bahkan, omzet yang dihasilkan bisa melebihi ekspetasi, karen produk sabut kelapa dari pengrajin di Indonesia sangat berkualitas.

Nah, itu dia beberapa kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional. Selain untuk digunakan sendiri, kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa ini, juga bisa dijadikan ladang bisnis loh, apalagi buat kamu yang suka dengan gaya vintage dan rustik.

Cara Membuat Keterampilan dari Plastik

Cara Membuat Keterampilan dari Plastik

Banyak sekali contoh kerajinan tangan dari gelas plastik air mineral yang bisa kita contoh sebagai sarana membuat kerajinan dari botol bekas. Dan ada beberapa bahan yang sebenarnya bisa kita gunakan sebagai bahan membuat kerajinan dari barang bekas unik, diantaranya seperti gelas aqua, tutup botol bekas, kardus bekas, kaleng bekas dan bahan-bahan bekas yang lainya. Bisa kita gunakan sebagai media kerajinan tangan.

Jika anda merupakan seorang yang kreatif, anda bisa mengubah barang-barang diatas menjadi sebuah kerajinan yang bagus dan unik sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaaat. Karena semua bahan tersebut dapat anda temukan dengan mudah di sekitar lingkungan rumah anda.

Seandainya di lingkungan rumah anda banyak barang bekas seperti gelas mineral, saran saya jangan terburu-buru untuk membuangnya. Anda bisa coba mengumpulkan terlebih dahulu gelas mineral dari lingkungan rumah anda setiap hari, maka pada akhir bulan nanti. Kamu akan mendapati tumpukan gelas air mineral dalam jumlah banyak, yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan kreatif untuk membuat kerajinan dari gelas plastik.

 

Cara Membuat Keterampilan dari Plastik

Berikut ini adalah hasil daur ulang plastik bekas menjadi barang yang menarik dan cantik. Selain anda dapat melihat hasilnya sendiri, anda juga bisa mencobanya di rumah karena saya akan memberikan beberapa tips atau cara membuatnya dengan mudah untuk di ikuti.

Dan kamu bisa mengajarkanya kepada teman atau kepada anak anda, tentang bagaimana cara memanfaatkan botol gelas plastik tersebut, dan menjadikan sebagai sarana aktivitas edukasi bagi mereka sekaligus untuk mengisi waktu, ketika mereka sedang liburan sehingga kegiatan liburan menjadi produktif.

 

Membuat Keranjang dari Gelas plastik

Cara membuat Keranjang dari teh gelas, hal pertama sebelum anda membuatnya, terlebih dahulu untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dan hendak dibutuhkan saat proses pembuatanya. Agar saat pembuatan tidak kebingungan mencari bahan lagi, dan diantara peralatan serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat keranjang dari gelas aqua beberapa diantaranya.

Seperti lem tembak atau glue gun, cat warna sesuka warna yang kalian inginkan. alat potong seperti gunting atau pisau. Dan yang terakhir gelas plastik yang telah anda kumpulkan sebanyak-banyaknya sesuai dengan gelas plastik yang dibutuhkan untuk membuat keranjang nanti.

Setelah Semua bahan yang akan digunakan untuk membuat keranjang sudah terkumpul. Baru kalian bisa ikuti cara membuat kerajinan dari gelas plastik sebagai berikut:

 

Tahapan Membuat Kerajinan Tangan

    • Disini bagian gelas yang akan diguanakan adalah bagian atasnya saja yang berbentuk lingkaran atas, maka dari itu kita bisa pisahkan terlebuh dahulu bagian atas gelas. Menggunakan alat potong bisa menggunakan cutter atau gunting. dan berhati-hatilah jika memotong menggunakan pisau atau cutter karena cukup bahaya, bisa terluka.

 

    • Kemudian satukan potongan lingkaran gelas tadi, secara teratur mengguanakan lem tembak  atau lem glue gun yang sudah anda persiapkan. Buatlah minimal menjadi tiga bagian dengan panjang minimal setengah meter, Pastikan bahawa setiap titiknya sudah menempel dengan benar untuk memastikan keranjang bisa awet dan tahan lama.

 

  • Setelah jadi anda menjadikan semua, setelah itu baru anda satukan semua bagian yang telah anda buat tadi dan tempel bagian ujungnya. tahapan terakhir buatlah bagian bawahnya dengan cara yang sama, satukan dengan bagikan yang tadi. Setelah anda selesai membuatnya baru tahapan terakhir anda bisa langsung memberi warna car dengan sesuka kalian.

sahabat juga bisa baca artikel sebelumnya yang berjudul mendaur ulang sampah untuk informasi lebih menarik.

Membuat Brownies Coklat Kukus Mudah dan Simpel

Jika kalian sedang gabut tapi ingin membuat roti dan dengan bahan seadanya kami mempunyai cara membuat Membuat Brownies Coklat Kukus. Dan setelah kami coba membuatnya ternyata enak juga loh, maka dari itu kami mempunyai inisiatif untuk berbagi pengalaman kami kepada kalian.

Baca juga, Cara Membuat Roti Maryam.

 

Membuat Brownies Coklat Kukus

Bahan A :

  • 4 butir telur suhu ruang
  • 150 gr gula pasir (menurutku ini manis bget)
  • 1/4 sdt vanilli
  • 7 gr ovalet

Bahan B :

  • 85 gr terigu
  • 36 gr milo(pengganti coklat bubuk)
  • 1/2 sdt baking powder

Bahan C :

  • 120 ml minyak makan
  • 70 gr coklat batang

Langakah Membuat :

  1. Mixer bahan A perlahan kemudian mixer laju sampai ngembang dan putih.
  2. Masukkan bahan B kocok perlahanMasukkan bahan C aduk pakai spatula pastikan ga ada minyak yang ngendap dibawah.
  3. Kukus 30 menit. Jangan lupa tutup panci dialas dengan lap ya.
  4. Jika sudah matang sajikan.

Cara Membuat Brownies Bubuk Milo

Bahan :

  • 7 sdm tepung terigu
  • 5 sachet millo yang
  • 1 sachet skm coklat
  • 6 sdm gula
  • 3 butir telur
  • 5 sdm margarin (cairkan)
  • 1 sdt baking powder

Langkah Membuat :

  1. Campurkan gula dan telur kocok hingga berbusa.
  2. Masukkan tepung, millo, dan baking powder. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan margarin yang sudah di cairkan dan skm. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Siapkan loyang dan tuang adonan kedalam loyang.
  5. Kukus selama kurang lebih 25-30 menit. Pastikan brownis sudah matang dengan cara menusuk dg tusuk gigi atau yg lain. Jika masih lengket berarti brownis blm matang.
  6. Brownis kukus siap di nikmati.

Cara Membuat Brownies Kukus Pandan

Bahan :

  • 2 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt SP/TBM
  • 80 gr tepung terigu
  • 1/2 sachet susu bubuk
  • 70 ml minyak goreng
  • 1/2 sachet santan kara
  • 1/2 sachet SKM putih
  • 1 sdt pasta pandan

Langkah Membuat :

  1. Siapkan wadah masukan gula pasir,telur dan TBM/SP mixer dengan kecepatan tinggi hingga putih mengembang kental berjejak.
  2. Setelah adonan kental berjejak matikan mixer lalu masukan terigu,susu bubuk lalu aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Kemudian masukan minyak goreng,santan kara,SKM putih lalu aduk2 kembali hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  4. Masukan pasta pandan lalu aduk-aduk lagi hingga semua bahan tercampur, pastikan tidak ada adonan yang tidak tercampur.
  5. Siapkan loyang ukuran 10×20 kemudian olesi loyang dengan margarine, alasi dengan kertas roti lalu olesi lagi dengan margarine.
  6. Lalu tuang adonan ke dalam loyang,ratakan kemudian hentak-hentakkan beberapa kali.
  7. Panaskan kukusan kemudian masukan loyang yg berisi adonan td kedalam kukusan dan kukus selama 30 menit dengan api kecil.
  8. Setelah 30 menit, tes tusuk dengan lidi jika tidak ada adonan yang menempel berarti adonan sudah matang, lalu matikan api kemudian keluarkan adonan dari kukusan.
  9. Keluarkan adonan dari loyang dan dinginkan.
  10. Setelah dingin olesi adonan dengan butter cream,berikan parutan keju kemudian beri hiasan buah chery.
  11. Brownies kukus pandan siap disajikan.

Resep Bikin Roti Kukus Mekar Gampang dan Enak

Jika kalian sedang gabut tapi ingin membuat roti dan dengan bahan seadanya kami meiliki Resep Bikin Roti Kukus Mekar. Dan setelah kami coba membuatnya ternyata enak juga loh, maka dari itu kami mempunyai inisiatif untuk berbagi pengalaman kami kepada kalian.

Baca juga, Resep Stuff Roti.

 

Resep Bikin Roti Kukus Mekar

Bahan :

  • 2 telur
  • 200 gr tepung protein rendah
  • 180 gr gula pasir
  • 10 gr susu bubuk
  • 1 sdt sp
  • 100 ml sprite
  • Sedikit vanili
  • Pewarna/pasta coklat tua, coklat muda, hijau

Cara Membuat :

  1. Mixer kecepatan tinggi semua bahan kecuali sp selama 5 menit..setelah 5 menit sp dimasukkan dan dimixer lagi selama 10 menit sampai kental.
  2. Bagi adonan menjadi 4. Beri warna coklat tua, coklat muda, hijau dan putih.
  3. Masukkan adonan secara bergantian warna.
  4. Panaskan kukusan sampai mendidih dan uap banyak. Beri kain pada kukusan agar air tidak menetes. Kukus bolu selama 15 menit dengan api besar.
  5. Setelah matang matikan api. Segera angkat dan lepas cetakan.

 

Cara Membuat Roti Kukus Tanpa Soda

Bahan :

  • 125 gr tepung terigu
  • 125 gr gula pasir
  • 1/2 sdt sp,Ovalet
  • 75 ml susu cair
  • 1 butir telor
  • Pewarna makanan

Cara Membuat :

  1. Campur semua bahan jadi 1 kecuali pewarna,Mixer dg kecepatan tinggi sampai putih kaku berjejak selama 20 menit setelah 20 menit bagi adonan kasi pewarna sesuai selera.
  2. Kemudian tuang dalam cetakan dan Panaskan kukusan dengan api besar setelah mendidih kita kukus selama 20 menit.
  3. Setelah matang angkat dan dinginkan.
  4. Sajikan.

 

Cara Membuat Roti Kukus Gula Aren

Bahan :

  • 500 ml air
  • 2 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt baking powder (optional)
  • 1 sachet Vanili bubuk
  • Tepung terigu Cakra 1 kg  (recommended untuk kue)
  • 1/2 kg gula pasir
  • 1/2 kg gula merah (kualitas bagus)
  • 3 butir telur (utuh)
  • 2 lembar daun pandan
  • 3 gelas minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Rebus air,gula merah (disisir halus),gula pasir,vanili,dan pandan,hingga mendidih dan gula larut(aduk-aduk ya).Lalu dinginkan.
  2. Kocok telur,dan baking powder,dan soda kue dengan whisk,sampai lumayan berbusa dan tercampur rata.
  3. Lalu masukkan tepung terigu dan larutan gula secara bergantian,aduk sampai rata
  4. Lalu masukkan minyak goreng,jangan sampai ada yang menggumpal ya.
  5. Masukkan adonan ke cetakan kue kukus yang sudah diberi kertas roti,lalu isi sampai ¾nya
  6. Panaskan kukusan sampai beruap banyak,lalu masukkan kue dan tunggu sampai 15 menit.Jangan buka sebelum 15 menit.
  7. Dan jika takut mengembangnya kurang maksimal,beri jarak setiap roti di kukusan,biar bisa dapat uap yang cukup.

Daur Ulang Kresek Bekas

Daur ulang kresek bekas dapat dimanfatkan menjadi berbagai jenis barang yaitu salah satunya adalah bunga yang indah nan cantik. Siapa yang menyangka, jika kantong plastik atau kantong kresek bekas belanjaan masih memiliki manfaat. Limbah plastik ini pun bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang cantik. Artikel in memuat mengeenai kerajinan limbah plastik kresek yang bisa jadi inspirasimu dan bisa sahabat tiru di rumah dengan bahan sederhana

Seperti dilakukan oleh Sulastri Ningsih, yang mengubah lembaran kresek ini menjadi kerajinan bunga. “Semula anak saya yang masih kecil mengikuti karnaval, saya buatkan buket bunga yang bahannya dari tas kresek,” terang perempuan asal Dusun Jabon, Desa Wonokerto, Kecamatan Plemahan.

Kerajinan dari Limbah Plastik Kresek

bunga plastik

 

Sulastri menjelaskan, untuk kresek yang kotor memang memerlukan proses yang lama. Langkah pertama, kresek yang kotor dicuci. Setelah dicuci, kresek tersebut dijemur. Kresek yang sudah dalam keadaan kering, baru dapat diproses dijadikan bunga. “Agar bunga terlihat seperti yang dijual di pasaran, tas kresek disetrika,” ungkap Sulastri.

Untuk kerajinan dari tas kresek, sebenarnya ia sudah lama membuat usaha tersebut. Di mana kerajinan tersebut berupa suvenir dan aksesoris. Hanya saja, waktu itu, pemasaran tidak semudah saat ini. Melalui media sosial, hasil karya bisa langsung terlihat.

Dengan metode tersebut, rupanya banyak yang tertarik dengan bunga kresek buatannya. Karena banyak yang tertarik, ia pun menjadikan kerajinan tersebut sebagai usaha. Sifat bahan kantong plastik yang tipis, lentur, transparan, serta berwarna-warni memang cocok dijadikan bahan yang murah dan mudah didapat untuk dibuat barang kerajinan tangan utamanya bunga.

“Untuk pembuatan, dibandingkan dengan daun pembuatan bunga jauh lebih memerlukan banyak detail,” jelas Sulastri.

Contohnya bunga mawar, karena memiliki banyak kelopak membutuhkan waktu yang sedikit lama. Agar mirip dengan bentuk aslinya, dalam pembuatan daun memang dibuat gradasi warna.

Kantong plastik yang sudah dibeli ternyata pada akhirnya tetap dibuang dan menjadi sampah. Para pecinta lingkungan mencoba melihat ini sebagai permasalahan sekaligus peluang. Mereka berinisiatif untuk mendaurulang sampah kantong plastik itu jadi sesuatu yang berguna. Kamu sebagai anak-anak muda keren juga harus bisa, agar kamu tak menjadi salah satu penyumbang sampah yang sangat mengganggu lingkungan.

Agar lebih kuat dan kencang, kantong plastik biasanya dipilin dulu menjadi sebuah tali, selanjutnya bisa dianyam, dirajut, atau teknik sambung lainnya

www-1millionwomen-com-au

Kantong imut kece ini bisa digunakan untuk menyimpan ponsel dan uang. 100% berbahan keresek rajutan!

thecraftgroupplus-blogspot-com

Rapi banget kayak rajutan benang kan? via thecraftgroupplus.blogspot.com

3. Kamu yang berjiwa seni jangan segan untuk berekspresi! Keresek bekas yang warnanya bagus bisa kamu sulap jadi karya semacam ini

travellersteph-blogspot-com

4. Kelihatan masih agak kasar sih hasilnya, tapi tas keresek ini tetap cantik dan elegan kok kalau udah dipakai

blog-etsy-com

5. Kantong plastik juga nggak kalah cantik kalau dibuat menjadi tempat botol. Ini buktinya!

www-crafthubs-com-w

6. Keranjang bunga atau buah dari bambu sih udah mainstream banget, kalau yang dari keresek udah pernah punya atau nyoba bikin belum?

becreativehobbies-blogspot-com

7. Ini cantik! Udah pantes kalau mau dipakai kondangan ke nikahannya mantan atau acara-acara resmi lainnya

rickthompson-com-k

8. Nggak jauh beda sama envelope bag berbahan manik-manik, yang bahannya dari keresek doang juga nggak kalah ciamik

skygunclose-wordpress-com

9. Boleh juga kalau kamu iseng bikin bola-bolaan dari keresek bekas, lumayan buat ngilangin stres pas lagi bosan di kost’an 🙂

10. Kalau yang ini butuh banyak kereseknya, pilih yang cukup tebal juga biar nggak rusak pas diduduki

www-instructables-com

11. Paling keren nih! Ini bukti kalau kecantikan keresek bekas itu benar-benar nyata bergantung tangan siapa yang menyentuhnya

www-crafthubs-com-e

12. Buat kamu yang punya adikk atau anak perempuan, coba deh bikinin baju Barbie dari keresek. Nggak kalah glamour, kok!

www-youtube-com-o

13. Jangan lupa dibikin figura juga, pasang foto yang tersayang disana agar selalu terkenang selamanya

irational-org

sahabat juga bisa baca artikel sebelumnya berjudul

Cara Buat Kue Telur Untuk Camilan Bersama Keluarga Tercinta

Kepengin nyemil gurih gurih ringan sambil nemanin anak anak buat tugas online di masa covid gini tapi malas keluar rumah sampai dapur ada telur dan tepung ketan kebetulan masih ada keju waktu buat brownies kemarin, jadilah ide buat telur gabus kue jaman jadul yang masih digemari hingga sekarang, Berikut kami akan memberikan beberapa Cara Buat Kue Telur .

Baca juga, Resep Roti Maryam.

 

Cara Buat Kue Telur Gabus

Bahan :

  • 500 gram tepung ketan rose brand
  • 7 butir telur ayam besar
  • 1 buah keju
  • Garam, masako dan minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Bahan nahan kue dipersiapkan terlebih dahulu.
  2. Masukkan telur dalam baskom masukkan keju yg sudah diparut, garam, masako lalu dimixer sebentar supaya rata bisa juga di aduk pakai pengocok telur atau garpu.
  3. Lalu ratakan masukkan sedikit dikit tepung ketan sambil diaduk pakai tangan yang sudah dicuci bersih hingga kalis.
  4. Setelah kalis siapkan wajan berisi minyak goreng lalu goreng dengan api sedang adonan yang sudah dicetak dengan cetakan telur gabus yg dijual di toko kue atau bisa juga diplintir kecil kecil atau sesuai selera, angkat dan tiriskan.
  5. Setelah dingin masukkan dalam toples mantap, renyah dan jadi banyak, ayo mencoba pasti ketagihan.

 

Resep Kue Telur Kampung

Bahan :

  • 80 gr mentega cair (resep asli 100gr)
  • 150 gr terigu segitiga
  • 6 butir telur ayam kampung (resep asli 5 butir telur ayam negri)
  • 15 gr maizena
  • 15 gr susu bubuk
  • Gula pasir 100 gr (resep asli 125gr)
  • 1 sdt pasta vanila
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 40 ml minyak goreng (resep asli 50ml)

Cara Membuat :

  1. Ayak tepung terigu + maizena + susu bubuk.
  2. Campur dengan telur, gula, vanila. Mixer dengan kecepatan tinggi +/- 10menit sampai putih berjejak. Angkat adonan.
  3. Campurkan minyak dan margarine, tambahkan pada adonan dan aduk balik hingga rata. Pastikan tidak ada campuran minyak margarin yang mengendap.
  4. Ambil 2 sendok sayur adonan pisahkan ke dalam mangkok. Campur dengan coklat bubuk. Sisihkan.
  5. Tuang adonan putih ke dalam com/loyang yg sdh dioles mentega dan taburi tepung.
  6. Tuang adonan coklat diatasnya ratakan dengan garpu membentuk motif. Hentakan com/loyang
  7. Siapkan presto listrik Signora. Masukkan com/loyang ke dalam presto. Tutup presto, kemudian tekan tombol “cake”.
  8. Tunggu sampai presto berbunyi dan tombol “keep warm” menyala. Tekan tombol “cancel” kemudian lanjutkan dengan menekan tombol “cake” kembali.
  9. Setelah presto berbunyi kembali dan tombol “keep warm” menyala, tekan tombol cancel dan segera angkat com/loyang dari presto dan keluarkan cake dari com/loyang nya.
  10. Dinginkan cake kemudian potong-potong dan siap disajikan.
  11. Selamat mencoba.
  12. Kalau mau dipanggang oven bisa ya, pakai suhu 170° selama 40menit api atas bawah atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

Cara Memasak Bronis Simpel dan Mudah Untuk Pemula

Makan Bronis di pagi atau sore hari di temani Kopi/Teh panas pasti sangat nikmat sekali ya. Apalagi makan bersama keluarga atau teman sambil bercerita tentang apa saja pasti waktu tidak akan terasa. Berikut kami akan memberikan Cara Memasak Bronis yang mudah dan simpel untuk kalian dan tentunya anti gagal, alias berhasil 100%.

Baca juga, Resep Bolu Gulung.

 

Cara Memasak Bronis

BAHAN A :

  • 160 gram butter/margarin.
  • 180-200 gram gula pasir.
  • 200 gram susu cair.
  • 1 sdm pasta coklat.

BAHAN B :

  • 2 butir telur.
  • 1 sdt vanilla essence.

BAHAN C :

  1. 100 gram tepung terigu.
  2. 10 gram maizena.
  3. 50 gram bubuk coklat kualitas bagus.
  4. 1/2 sdt baking powder.

CARA MEMBUAT :

  1. Panaskan margarin/butter, gula, susu cair hingga gula larut. Tidak peru hingga mendidih. Tambahkan pasta coklat. Aduk rata.
  2. Kocok lepas telur, tambahkan essence vanila.
  3. Campurkan telur dengan campuran margarin yang sudah hangat. Aduk rata.
  4. Masukkan Bahan kering (Bahan C) yang sudah diayak. Aduk rata. Adonannya memang cair ya.
  5. Masukkan pada cetakan yang telah dioles margarin dan diberi alas kertas roti.
  6. Masukkan pada kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya. Kukus sekitar 25-30 menit.
  7. Setelah dingin, olesi dengan buttercream dan tambahkan keju. Atau topping sesuai selera. Tanpa topping juga sudah enak.

Resep Brownies Rasa Pisang

BAHAN :

  • 300 gr pisang matang plus kulitnya (bisa pisang apa saja).
  • 2 sct SKM putih.
  • 150 gr DCC.
  • 100 gr margarin.
  • 5 sdm minyak goreng.
  • 3 butir telur.
  • 200 gr gula pasir.
  • 200 gr tepung terigu protein sedang.
  • 3 sdm coklat bubuk.
  • 1 sdt baking powder.
  • 1/2 sdt vanili bubuk.
  • 1/4 sdt garam.

CARA MEMBUAT :

  1. Tim DCC, margarin dan minyak goreng, lalu sisihkan.
  2. Blender pisang dengan SKM.
  3. Kocok telur dan gula pasir dengan wisk sampai gula benar-benar larut,tuang pure pisang aduk rata. Lalu tuang campuran DCC tadi, aduk rata.
  4. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk,vanili, baking powder & garam sambil diayak aduk rata(Jangan mix over supaya tidak bantat). Adonan kental ya.
  5. Panaskan kukusan, beri kain/ serbet bersih pada tutupnya. Tuang adonan brownies pada loyang yang sudah diberi baking paper dan diolesi margarin. Hentak – hentakan sebentar. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Tes tusuk jika tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang.
  6. Beri Topping sesuai selera.
  7. Sajikan.

Kerajinan Tangan dari Bungkus Deterjen

Kerajinan Tangan dari Bungkus Deterjen

kerajinan tangan dari bungkus deterjen yang bisa jadi inspirasimu di rumah dan ditiru dengan bahan sederhana menghasilkan sesuatu yang bernilai jual. Jangan langsung membuang kemasan plastik bekas deterjen Rinso yang isinya sudah habis, ya. Ternyata, cara membuat kerajinan dari plastik deterjen tidak sulit dan hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana. Tas plastik dari plastik bekas kemasan Rinso tidak cuma efektif mendukung upaya penghematan Anda, tetapi juga berperan penting untuk mengurangi sampah plastik yang mencemari lingkungan.  Artikel ini memuat mengenai cara membuat tas dari bungkus deterjen. pastinya dengan bahas sederhana akan menjadi barang yang bermanfaat

Jadi, apakah sekarang Anda sudah tak sabar ingin mempelajari cara membuat kerajinan dari plastik deterjen? Yuk, simak ulasan langkah-langkah ini supaya Anda bisa lekas mempraktikkannya di rumah.

1. Kerajinan Tangan dari Bungkus Deterjen

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan kalau sebelum membuat tas dari plastik bekas kemasan Rinso adalah menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

  • Plastik bekas kemasan Rinso berukuran besar.
  • Kain lap untuk membersihkan plastik bekas kemasan.
  • Benang untuk menjahit beberapa bagian tas plastik.
  • Gunting
  • Kain polos
  • Furing
  • Ritsleting (opsional)

2. Membersihkan Plastik Bekas Kemasan Sebelum Dipakai

Jika semua alat dan bahan sudah siap, Anda bisa mulai membersihkan plastik bekas kemasan Rinso. Bersihkan seluruh bagian dalamnya dengan kain lap lalu jemur sebentar di bawah sinar matahari. Sebaiknya Anda melakukan langkah ini dengan hati-hati agar plastik kemasan tersebut tidak mudah kusut.

3. Mulai Memotong-motong Plastik Kemasan

Plastik kemasan yang sudah dijemur sampai kering bisa langsung dipotong menjadi dua bagian. Kemudian, buatlah lipatan sejauh 3 cm pada ujung atas dan ujung bawah kemasan tersebut. Guntinglah lipatan-lipatan sebesar 3 cm untuk mendapatkan helai-helai plastik kecil. Anda bisa membuat 500 lipatan dari 50 bungkus plastik kemasan Rinso.

4. Menganyam Potongan-Potongan Plastik

Cara membuat kerajinan dari plastik deterjen selanjutnya yang patut Anda lakukan adalah menganyam potongan-potongan plastik yang sudah dipotong-potong. Anyamlah potongan tersebut hingga bentuknya menyerupai baling-baling. Ujung anyaman harus berbentuk vertikal untuk mempermudah proses penggabungannya. Lakukan proses penganyaman sampai Anda mendapatkan jumlah anyaman yang cukup banyak.

5. Menggabungkan Anyaman-Anyaman Plastik

Anyaman-anyaman plastik yang sudah rapi tinggal disambungkan satu sama lain. Anda tinggal menyelipkan anyaman pada bagian vertikal anyaman lainnya. Proses ini harus dilakukan terus-menerus hingga anyaman berbentuk melingkar seperti kantung.

6. Membuat Tali Tas dari Sisa Lipatan

Jika tas plastik sudah terbentuk sempurna, maka Anda bisa melanjutkan prosesnya dengan membuat tali tas. Manfaatkan sisa lipatan plastik yang sudah dianyam untuk membuat bentuk segitiga. Kemudian, hubungkan ujung segitiga dengan segitiga lainnya agar saling mengunci dan membentuk tali panjang.

7. Menjahit Tali Agar Menyatu dengan Tas Plastik

Anda bebas menentukan panjang tali sesuai kebutuhan dan selera. Tali plastik yang sudah jadi bisa segera dijahit pada kedua ujung tas plastik. Pastikan bahwa jahitannya benar-benar kuat supaya tali tas tidak mudah sobek.

8. Melapisi Bagian Dalam Tas dengan Furing

Langkah terakhir dalam cara membuat kerajinan dari plastik deterjen berbentuk tas adalah melapisi bagian dalam tas dengan furing. Penggunaan furing akan membuat tas plastik lebih kuat karena terdiri dari lapisan ganda. Usahakan untuk memilih furing yang warnanya senada dengan plastik kemasan Rinso supaya tampak lebih eye catching. Anda juga bisa menambahkan ritsleting supaya tas dapat ditutup dengan sempurna.

Wah, cara membuat kerajinan dari plastik deterjen Rinso ternyata praktis dan hasilnya sangat bermanfaat, ya. Mulai sekarang, jangan buang dulu bungkus Rinso yang sudah kosong. Manfaatkan plastik kemasan Rinso untuk membuat kerajinan tangan yang punya nilai pakai.

 

Membuat Tas dari Bungkus Deterjen Berukuran Mungil

 
Alat dan bahan:
 
  • 1. 4 kemasan plastik 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah untuk sisi depan dan belakang, 2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan).50cm bisban dengan ukuran lebar 3cm untuk tali tas.
  •  
  • 2. 1m bisban dengan ukuran lebar 2cm.
  •  
  • 3. 4cm perekat
  •  
  • 4. 30cm renda katun sebagai pemanis.
  •  
  •  Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada. 
 
Cara membuat tas mungil:

1.Bersihkan kemasan

plastik dari segala noda dan kotoran. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan kertas tisu. Jika noda sulit dibersihkan, Anda bisa merendam plastik di dalam air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena akan merusak tekstur plastik.
 

2.Gunting dua buah

gunting kemasan dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
 

3.Gunting dua kemasan lain

gunting sisi kiri dan kanan menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahit bisban pada sisi lebar masing-masing kemasan yang sudah dipotong.
 

4.Pasang dan jahit perekat

pasang dan jahit perekat dengan menggunakan mesin jahit, pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang.
 

5.Pasang dan jahit bisban

lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi depan dan belakang), sebagai tali tas.
 

6.Kemudian pasang dan jahit renda katun

sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan langkah ini pada kemasan plastik untuk sisi depan dan belakang.
 

7.Sambungkan kedua kemasan plastik

yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
 

8.Hubungkan dan sambung dengan jahitan mesin,

bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
 

9.Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya.

Jadilah sebuah tas mungil nan cantik, berbahan kemasan plastik. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan untuk tas yang berukuran lebih besar, lho. Tinggal ganti ukurannya saja. Selamat berkreasi!
sahabat juga bisa baca artikel sebelumnya contoh daur ulang sampah

Cara Membuat Kue Bolu Rasa Pandan Mudah dan Enak

Kue Pandan sekarang sudah banyak sekali variannya ya, mulai dari pandan coklat, keju, kismis dan masih banyak lagi. Sekarang juga sudah banyak yang membuat Kue Pandan dengan kreasi yang kreatif, Tapi kalian walaupun sudah banyak yang menjualnya Kue Pandan tetap menjadi peluang bisnis yang menguntungkan kalian bisa mencobanya. Kami akan memberikan beberapa Cara Membuat Kue Bolu Rasa Pandan yang simpel dan mudah di contoh oleh kalian yang di rumah.

Baca juga, Cara Membuat Kue Kacang.

 

Cara Membuat Kue Bolu Rasa Pandan

Bahan :

  • 3 butir telur
  • 45 gram gula pasir
  • 5 gram maizena
  • 35 gram tepung pro rendah me kunci biru
  • 20 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt sp
  • 1/2 sdt vanila cair
  • 60 gram blueband
  • Toping
  • Selai
  • Pewarna makanan
  • Pasta pandan
  • Pasta pink

Cara Membuat :

  1. Cairkan blueband lalu siapkan bahan-bahannya.
  2. Campurkan smua bahan mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak.
  3. Tambakan blueband cair aduk rata, ambil 5 sdm adonan putih lalu beri pewarna makanan warna pink, adonan putih yang lain beri warna hijau.
  4. Masukan ke loyang yang sudah di Alasi kertas roti dan margarin.
  5. Oven dengan suhu 150°c dengan waktu 20menit sesuai dengan oven masing-masing ya, setelah matang beri selai dan gulung.
  6. Sajikan.

 

Resep Bolu pandan santan

Bahan :

  • 150 gr Terigu
  • 150 gr Gula pasir
  • 4 butir telur utuh
  • 50 gr margarin cair
  • 1 sachet santan kara uk 65ml
  • 2 sdm SKM
  • 2 sdm pewarna & perasa pandan
  • 1 sdt SP
  • 1 sdt BP

Cara Membuat :

  1. Lelehkan margarin, lalu campur SKM & pewarna pandan
  2. Mixer telur + gula + sp sampai putih kaku berjejak
  3. Setelah adonan kaku kecilkan speed mixer tuang terigu sedikit demi sedikit sampai rata lalu tuang cairan margarin. Jgn trlalu lama di mixer
  4. Setelah adonan rata matikan mixer. Aduk kembali dgn spatula. Jgn sampai ada endapan margarin dibawah. Aduh sampai benar² rata.
  5. Tuang adonan ke loyang lalu hentakkan loyang beberapa kali agar udara dlm adonan tidak ada.
  6. Panggang adonan selama 45menit dgn suhu 170derajat
  7. Setelah dingin beri toping diatas kue.

 

Daur Ulang Bahan Plastik

 Daur Ulang Bahan Plastik

Artikel ini memuat mengenai daur ulang bahan plastik yang bisa kamu tiru di rumah dengan bahan sederhana dan ramah pengeluaran.

Tempat Pakan Burung dari Botol Plastik

Pakan Burung Dari Botol

Untuk awal-awal yang akann kita bahas ialah tempat makanan burung. Jika diamati di gambar atas tersebut, tentunya cara bikinnya tidaklah begitu ribet. Kamu cuma perlu kayu yang bentuknya seperti sendok (lebih bagus lagi dengan bentuk melengkung ke dalam yang fungsinya digunakan untuk penampang), benda ini nantinya akan dimasukkan ke dalam botol yang telah terisi pakan burung 😀

Baca Juga  Cara Membuat Origami Bunga, Kupu kupu, Bintang Dll Beserta Gambar

2. Pelindung Tanaman di Pot

pelindung tanaman pot dari botol

Sepertinya kita tidak harus cemas lagi dengan tanaman hias kamu yang nantinya bisa rusak. Kini, kamu dapat gunakan botol plastik buat menjaga tanaman kamu semacam kayak gambar di atas. Oleh karena itu, tanaman kamu yang ukurannya kecil dapat terlindungi.

Kamu tentunya sanggup melepas pelindung ketika tanaman itu telah tumbuh lumayan agak tinggi. Oh, iya, jangan luput juga untuk menyesuaikan ukuran botol yang hendak kamu potong dan pakai dengan ukuran pot yang ada.

3. Vas Air Gantung

vas air gantung dari botol

Pusing sama namanya? semacam di gambar di atas, tentunya kamu mampu buat vas gantung yang isinya air serta botol plastik yang bekas.

Pastinya, kerajinan tangan dari botol plastik bekas ini cuma diperuntukkan bagi bunga-bunga hias tertentu saja Teman-teman.

4. Pot Tanaman Gantung

pot tanaman gantung

rosenbaum.com

Mungkin kita telah sering menjumpai pot tanaman dari botol plastik bekas semacam gambar di atas. Boleh dianggap kerajinan tangan semacam gambar di atas tentunya sedang booming akhir akhir ini.

Diperhatikan terdapat banyaknya ruang yang tak dimanfaatkan pada dinding belakang rumah tiap tiap orang kemungkinan ada juga yang kekurangan ruang seperti lahan tanah, jadi metode ini direkomendasi sekali untuk kamu yang berencana bercocok tanam sayuran 😀

5. Pot Tanaman dengan Kombinasi Kain

Pot Tanaman Dengan Kombinasi Kain

JIka yang satu ini sebetulnya mirip dengan pot-pot tadi. Perbedaan yang amat terlihat ialah adanya kain sama warna yang dengan banyak pilihan yang dapat melapisi botol plastik jadi pot dengan pakai tali. Maksudnya pasti saja supaya botol plastik tampak lebih keren dan semakin menarik 😀

6. Tempat Perhiasan Bertingkat

Ide yang satu ini lumayan menarik. cukup dengan bahan sejumlah alas botol plastik yang digunting dari botolnya, lalu disatukan hingga beberapa tingkat. Kamu tentunya mampu untuk buat tempat perhiasan semacam pada gambar di atas. Lebih cantik ga sih ? 😀

7. Penampang Benda-benda Kecil

penampang benda benda kecil

Ide seterusnya adalah penampang barang barang kecil dengan bahan utama botol plastik yang diwarnai sesuai dengan seleramu. Kayak di gambar, kamu dapat menggunakan penampang buat menaruh dan membagi benda benda tersebut pada tempat yang dipisah agar tambah rapi.:D

8. Tempat Pensil dan Bolpoint

Yang ini kayaknya agak umum dan gampang untuk dikira kira untuk pembuatannya. Hanya gunting saja pada ujung botol, kamu secara langsung dapat memakainya untuk menaruh pensil pensil serta bolpoint.

Pastinya, dikarenakan di sini kita membahas tentang kerajinan tangan yang menarik, jadi wadah pensil di atas dapat disesuaikan sama warna tertentu entah itu bisa pakai cat maupun dilapisi menggunakan kain dengan menurut kebutuhan :D.

Baca Juga  13+ Cara Membungkus Kado Berbagai Bentuk dan Bahan

9. Penutup Kantong Plastik

botol sebagai penutup kantong plastik

Bagi yang satu ini dapat dianggap amat jarang terpikirkan akan dikerjakan. Namun sebenarnya simpel sih, sebab bikinnya lumayan mudah sekali teman teman. Kamu dapat menggunakan tutup botol dengan ujung botol plastik agar bisa mengunci plastik pembungkus tersebut supaya menjadi tambah rapat.

10. Tempat Makanan

Kayaknya , diantara kita sempat merasa kesusahan ketika cari tempat buat menaruh makanan kecil. Nah, kira kira kreasi kayak gambar di atas kamu dapat coba loh teman teman. Tidak hanya gampang dibikin saja, tempat makan ini tentunya pula sangat berguna buat menjaga makanan kecil kamu dari gangguan luar ketika mereka benar benar memangsa makanan tersebut.

11. Chandelier

chandelier dari botol plastik

Pada gambar di atas, Chandelier tersebut diciptakan oleh Michelle Brand di acara event Haute Green 2007, tepatnya New York City. Di acara tersebut, seniman tersebut sukses meraih Inhabitat Editors(194, 146) Choice Award dengan desain Chandelier dari botol plastik yang indah dan bernilai seni tinggi tersebut.

12. Pelindung Lampu Kecil

pelindung lampu tidur

13. Gelang

gelang dari botol bekas

sahabat bisa juga baca artikel sebelumya yang berjudul contoh daur ulang sampah untuk informasi lebih menarik