Cara Membuat Bunga Dari Plastik Yang Imut dan Lucu

Terima kasih telah berkunjung!!! artikel ini berisi tentang Cara Membuat Bunga Dari Plastik. Siapa tahu setelah membaca artikel ini anda bisa membuka bisnis sendiri dengan bahan plastik, ya sudah kita langsung bahas saja ya, berikut pembahasannya.

Pemerintah suadah berupaya dengan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar tidak mencemari lingkungan, tetapi banyak masyarakat yang acuh tak acuh  dengan masalah tersebut.

Masyarakat sendiri adalah  perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam,

Bagaimana manusia merusak alam? ambil contoh mudah saja misal ditaman banyak orang yang sudah selesai makan membuang bungkus sesukanya.

Itu hanya salah satu contoh bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap lingkungan. Kebiasaan ini sudah terlihat dari kecil,hal ini dikarenakan lingkungan yang mempengaruhi sikap mereka.

Limbah plastik, meskipun sudah disebut sampah,masih bisa diubah menjadi  barang yang bermangfaat. Salah satu bentuk pemangfaatkan sampah tersebut kita kenal dengan  daur ulang (recycle).

Kegiatan mendaur ulang sampah merupakan tindakan positif terhadap kepedulian terhadap lingkungan.

Beberapa orang dapat menyulap benda yang menimbulkan berbagai masalah ini menjadi barang bermangfaat bahlan bernilai jual.

Mengubah sampah menjadi barang bernilai jual membutuhkan sentuhan kreativitas. Misal pembuatan tas, dompet, mainan anak-anak, bunga hias, pot, dan lain sebagainya.

Begini Cara Membuat Bunga Dari Plastik Botol Bekas

cara membuat bunga dari plastik

Capek merawat bunga namun selalu layu dan ujungnya mati?. Atau malas menyirami dan memberikan pupuk setiap hari.

Sepertinya bunga dari botol bekas ini bisa menjadi alternatif untuk masalahmu. Tanpa harus menyirami dan juga tak repot repot untuk memberinya pupuk.

Hiasan ini dapat diletakan didepan rumah atau diruangamu,agar membuat terlihat lebih indah dan cantik.Cara membuatnya pun mudah saja.

1).Bahan yang diperlukan bunga

  • Botol plastik bekas
  • Bola-bola styrofoam
  • Gunting
  • Solder

2).Cara pembuatan bunga

  1. Potong bagian dasar botol,lubangi bagian bawah botol lalu masukkan mulut botol kedalam lubang pada dasar botol.
  2. Buat potongan botol tadi menyerupai umbai-umbai.
  3. Keritingkan umbai-umbai ( gunakan gunting untuk mengerut satu-persatu umbai ke bagian luar ).
  4. Tusukan bola-bola styrofoam ke umbai-umbai ( atur jarak sesuai selera ).
  5. selesai.

Peluang Usaha Kerajinan Dari Sampah Plastik

cara membuat bunga dari plastik

Di bidang ini terbilang sangat bagus  dengan berbagai repons positif kalangan masyarakat.

Usaha kerajinan limbah plastik menjadi usaha rumahan yang menguntungkan, hal ini mengakibatkan banyak orang yang tertarik pada usaha tersebut.Selain itu jenis usahai ini bisa menjadi berpotensi dan cemerlang.

Usaha kerajinan dari limbah plastik juga tidak mengenal waktu dan musim karena jumlah sampah sangat banyak.

Selain itu biaya operasionalnya tidak terlalu banyak,tetapi menghasilkan keuntungan yang sangat fantastis. Usaha ini dari waktu ke waktu menunjukan perkembangan pesat dan bagus.

Kekurangan & Keuntungan Usaha Kerajinan Dari  Limbah Plastik

Keuntungan

Yang paling jelas jika terjun ke bisnis ini adalah turut menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Selain itu seperti yang saya bilang tadi biaya operasional yang rendah tapi mendapat keuntungan fantastis.

Kekurangan

Biasanya hal yang paling menganggu usaha sampah adalah bau yang menyengat dan mengangu masyarakat.

Dalam menjalankan bisnis kerajinan dari limbah plastik dibutuhkan beberapa tips agar bisnis lebih lancar, bagi anda yang ingin memulai bisnis ini silahkan perhaikan beberapa tips berikut.

  • Memiliki modal yang cukup untuk membeli plastik dari pemulung.
  • Mempunyai lahan yang cukup luas untuk penyimpanan plastik dan juga hasil produksi.
  • Memiliki karyawan untuk membersihkan,menyortir,dan mengolah sampah.
  • Bekerja sama dengan pengepul plastik.
  • Memiliki alat yang memadai usaha tersebut.

Itulah ulasan tentang cara membuat bunga dari plastik bekas. selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi dan bisa tahu cara pemanfaatan limbah plastik.

Kerajinan Dari Plastik Menjadi Usaha dan Mempunyai Nilai Jual

Assalamu’alaikum gaes.. Kembali lagi kita mengulas tentang kerajinan tangan, karena coba kita fikirkan apa yang bakalan terjadi jika teramat banyak benda-benda yang tak ternilai, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh mencari contoh, mari kita berkreasi dengan cara membuat kerajinan dari plastik.

Pemerintah suadah berupaya dengan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar tidak mencemari lingkungan, tetapi banyak masyarakat yang acuh tak acuh  dengan masalah tersebut.

Masyarakat sendiri adalah  perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam,

Bagaimana manusia merusak alam? ambil contoh mudah saja misal ditaman banyak orang yang sudah selesai makan membuang bungkus sesukanya.

Itu hanya salah satu contoh bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap lingkungan. Kebiasaan ini sudah terlihat dari kecil,hal ini dikarenakan lingkungan yang mempengaruhi sikap mereka.

Limbah plastik, meskipun sudah disebut sampah,masih bisa diubah menjadi  barang yang bermangfaat. Salah satu bentuk pemangfaatkan sampah tersebut kita kenal dengan  daur ulang (recycle).

Kegiatan mendaur ulang sampah merupakan tindakan positif terhadap kepedulian terhadap lingkungan.

Beberapa orang dapat menyulap benda yang menimbulkan berbagai masalah ini menjadi barang bermangfaat bahlan bernilai jual.

Berikut Ini Kerajinan Dari Plastik Yang Bernilai Jual

kerajinan dari plastik

1. Karya Dari Botol Bekas

kerajinan dari plastik

Botol bekas wadah minuman, botol bekas pewangi pakaian, maupun botol bekas pembersih lantai dapat Anda manfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik. Asal ada kemauan untuk membuatnya menjadi lebih kreatif maka akan mendatangkan sebuah keuntungan yang besar juga.

Seperti botol bekas minuman ternyata bisa Anda jadikan sebagai kerajinan tangan berupa pot bunga. Dari pada di buang sembarangan begitu saja, mending botol-botol plastik bekas Anda jadikan sebagai alat yang sederhana dan cukup mendapatkan sebuah rupiah.

Selain itu, botol bekas juga dapat dirubah menjadi kado untuk orang-orang yang sangat Anda cintai. Tentunya limbah sampah botol plastik bekas  yang harus Anda hias dan Anda jadikan kerajinan yang sangat menarik.

2. Kerajinan Tangan dari Sedotan Bekas

Jika Anda sering melihat limbah sedotan bekas minum di buang begitu saja, lebih baik Anda jadikan sedotan tersebut menjadi kerajinan tangan yang unik. Salah satunya menjadikan sedotan kerajinan tangan untuk menjadi lampu kamar.

Sedotan memiliki warna yang begitu bervariasi. Sehingga itu dapat menjadikan berbagai macam warna dan menjadikan sedotan tampak lebih indah dan menawan tentunya.Sedotan juga bisa dijadikan hiasan.

3. Kerajinan Tangan Dari Sendok Plastik Bekas

Mungkin pada awalnya Anda mengira bahwa lampu hias ini terbuat dari bahan bahan yang sangat modern. Padahal siapa sangka bahwa lampu ini merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari sendok plastik bekas.

Untuk mendatangkan sebuah warna kuning, tentunya sendok harus di cat kembali sebelum menjadi seperti lampu. Setelah dicat akan menjadikan sendok lebih bervariasi dan menarik. Serta mempunyai suatu daya tarik sendiri.

Bahan Kerajinan Kreatif

Mendaur ulang sampah dan barang-barang yang bekas merupakan cara yang paling banyak dilakukan untuk memanfaatkan sebuah sampah anorganik. Dengan demikian, beban lingkungan dapat bisa dikurangi.

Bahkan, kerajinan dari limbah sampah plastik bisa memiliki nilai ekonomis dengan menjadikannya sebagai komoditas yang diperjual-belikan. Serta untuk menambah penghasilan masyarakat. Kerajinan limbah plastik banyak ragamnya.

Contoh kerajinan berbahan limbah sampah adalah tas, dompet, dan tikar yang dibuat dari limbah bungkus atau botol plastik bekas kemasan deterjen, pewangi pakaian, sampo, dan sebagainya. Sebuah kerajinan limbah plastik bisa dibuat berbagai penanganan limbah padat.

Itulah ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

Inilah Cara Membuat Plastik Kresek Yang Harus Kalian Tahu

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang Cara Membuat Plastik Kresek. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Suatu unsur yang terbentuk dari karbon Kita Sebut Plastik, hidrogen, klorin, oksigen, belerang dan nitrogen. Pertama kali pembuatannya plastik dibuat dengan bahan natural seperti tanduk binatang, shellac (sekresi dari serangga kecil) serta getah perca.

Di tahun 1869 M, plastik sintetis pertama kali ditemukan oleh Wesley Hyatt yang menggunakan dasi selulosa atau bahan alami dari tumbuh-tumbuhan dalam proses pembuatannya. Wesley menyatakan bahwa selulosa nitrat dapat dijadikan sebagai plastik dengan menambahkan kamper.

Sintetis pertama yang bisa disebut seluloid juga sudah diakui secara komersil. Plastik jenis ini dipakai sebagai bahan pembuatan sisir, gigi palsu, bingkai kaca mata dll.

Cara Membuat Plastik Kresek Ramah Lingkungan

cara membuat plastik kresek

Banyak Plastik ramah lingkungan merupakan produk yang dapat hancur atau cepat terurai dengan sendirinya kurang lebih dalam kurun waktu 2 tahun.

Remaja berusia 16 tahun yang mampu menciptakan plastik yang dapat teruai dengan cepat. Cepatnya proses penguraian produk ini karena produk ini terbuat dari campuran bahan organik.

Berikut paparan Arora menurut Tribun Jogja, ia mengekstrak karbohidrat bernama chitin dan secara kimiawi mengubahnya menjadi chitosan.Setelah itu, ia mencampurnya dengan fibroin, protein yang dimiliki kepompong sutra.

Penemuan ini membuka jalan bagi beragam produk-produk plastik yang kita kenal sekarang ini. Plastik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Plastik dapat dibuat dari beberapa sumber, antara lain:

1. Cara Membuat Plastik Kresek Menggunakan Minyak Bumi

Minyak mentah yang baru diangkat ke kilang minyak melalui proses pemurnian bersamaan dengan gas alam. Etana dan propana adalah produk yang dihasilkan dari proses pemurnian, kemudian etana dan propana dipecah dengan tungku yang bersifat panas, kemudian etilana dan propilena akan terbentuk pada proses ini.

Dalam suatu reaktor, etilana dan propilena akan disatukan dengan katalis untuk membuatzat seperti tepung. Zat itu adalah polimer plastik. Kemudian dilakukan proses ekstrusi yang mana plastik berbentuk air.

Plastik dalam wujud cair ini dibiarkan mendingin lalu pelletizer merupakan proses pembentukan polimer menjadi pelet pelet kecil. Pelet pelet plastik inilah yang selanjutnya menjadi bahan utama pembuatan sisir, botol plastik, gigi palsu dll.

2. Membuat Plastik Memanfaatkan Tongkol Jagung

Gula karbohidrat yang ada pada jagung bisa digunakan sebagai cara membuat plastik polylatide polymer. Penemuan plastik yang dibuat dengan jagung ini dapat mengurangi suatu ketergantungan terhadap minyak mentah bumi yang tidak bisa diperbarui.

Jenis plastik yang terbuat dari jagung ini akan mencair jika dipanaskan lebih dari 114°C, oleh karena itu plastik yang terbuat dari minyak bumi masih dipakai sampai sekarang.

Selain jagung, cara membuat plastik juga bisa dari buah jeruk. Para ilmuwan masih terus mencari senyawa yang bisa menggantikan minyak bumi untuk proses pembuatan plastik.

3. Teknik Pembuatan Plastik Dengan Karbon Dioksida

Sangat luar biasa bahwa plastik dapat dibuat dengan menggunakan minyak bumi. Namun diperlukan banyak minyak bumi untuk pembuatan plastik. Berbagai usaha dilakukan untuk mencegah habisnya sumber daya penting ini.

Pada Desember 2009, perusahaan Novomer mengumumkan dimulainya komersialisasi bahan polypropylene carbonate (PPC) dengan menggunakan gabungan dari karbon dioksida dan minyak bumi. Dengan menambahkan karbon dioksida, minyak bumi yang dibutuhkan cara membuat plastik berkurang sampai setengahnya.

Itulah ulasan tentang Cara Membuat Plastik Kresek. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi dan memulai pengelolaan lingkungan hidup.

Cara Membuat Pisang Coklat Leleh Yang Melelehkan Mulut Kita

Pisang goreng dengan coklat leleh di dalamnya? Untuk rasanya sih sudah pastinya jos banget dah, apalagi makannya selagi hangat. Sekali nyobain, pasti sulit berhenti. Cobain yuk!

Asal-usul Sejarah Pisang Goreng

Pasti banyak dari pembaca yang sudah pernah menikmati pisang goreng. Namun pernahkah anda tahu bagaimana sejarah pirang goreng? Jika belum tahu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sejarah singkat pisang goreng, kudapan khas Indonesia.

Pisang goreng sebenarnya tidak hanya populer di Indonesia. Penduduk negara-negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura ternyata juga menyukai pisang goreng. Pisang goreng biasa dijadikan kudapat untuk dimakan bersama keluarga.

Awal munculnya pisang goreng

Sekitar tahun 1511 atau pada masa pendudukan Portugis di Indonesia (Melayu khususnya) olahan pisang kupas yang digoreng dengan dilumuri tepung sangat disukai oleh orang portugis. Kemudian makanan tersebut diadopsi oleh penduduk melayu. Bahan yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan sekarang. Adonan terbuat dari tepung, telur, gula, dan garam.

Pisang yang biasa digunakan untuk dibuat pisang goreng adalah pisang kepok karena teksturnya yang padat dan tidak lembek jika digoreng. Pisang kepok yang digunakan juga tidak terlalu matang agar didapatkan citarasa terbaik.

Jika jaman dahulu pisang goreng hanya dibuat dengan dicelup adonan biasa, sekarang sudah banyak varian pisang goreng yang muncul. Sebut saja pisang molen, sale pisang, nugget pisang, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat olahan pisang yang diberi aneka topping yang menambah kenikmatan pisang goreng tersebut.

Pernah dicap sebagai makanan orang susah

Dikarenakan pengolahannya yang mudah dengan menggunakan bahan yang murah, pisang goreng sering dicap sebagai makanan orang susah. Padahal pisang goreng memiliki banyak kandungan vitamin dan potasium yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Konsumsi pirang goreng tidak boleh berlebihan karena kandungan minyak dan karbohidrat dalam pisang goreng meningkat sangat banyak bila dibandingkan pisang yang masih segar. Konsumsi berlebihan pisang goreng dapat menyebabkan obesitas dan berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Pisang goreng pontianak masih populer hingga saat ini

Kota dengan jajanan pisang goreng paling sedap tentunya Kota Pontianak. Kota Pontianak terkenal dengan olahan pisang kremes dan pisang pontinya yang sangat menggugah selera. Jika anda berkunjung ke Pontoianak jangan lupa untuk mencoba pisang goreng buatan Masyarakat Pontianak.

Itulah sejarah singkat pisang goreng di Indonesia. Jangan hanya tau membuat dan makannya saja, sejarah dari makanan yang kita buat juga perlu tahu agar ilmu kuliner kita bertambah. Sekian, semoga bermanfaat.

Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Menghilangkan kulit berminyak

2. Pelembab alami

3. Mengangkat Kulit Mati

4. Menghilangkan mata panda

Cara Membuat Pisang Coklat

Bahan Pisang Goreng Coklat Leleh
  • 10 buah pisang yang matang
  • 100 gram coklat untuk masak
  • 100 gram tepung terigu
  • Air es secukupnya
  • 1 sendok makan gula-pasir
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk
  •  secukupnya campuran tepung-panir dan tepung-roti
Cara Membuat Pisang Goreng Coklat Leleh
  1. Aduk rata tepung terigu, gula, garam, vanili dan air es secukupnya hingga jadi adonan kental seperti adonan pencelup pisang goreng.
  2. Iris tengah pisang , jangan sampai putus, isi dengan potongan coklat, tangkupkan kembali sambil di tekan hingga rapat.
  3. Celup ke adonan pencelup basah
  4. Gulingkan ke tepung panir & roti.
  5. Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga kecoklatan dan sajikan.

Baiklah itu tadi cara membuat pisang coklat leleh yang bisa kalian coba sendiri dirumah..

Membuat Pisang Coklat Krispy Yang Bisa Dicoba Dirumah

Pisang goreng salah satu jenis gorengan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Nggak kebayang deh, gimana jadinya dunia ini tanpa gorengan, pasti terasa hampa, seperti hidupku tanpamu.

Pisang Goreng

Ngomongin soal gorengan terutama pisang goreng nih ya. Saat ini banyak banget jenis olahan pisang yang ada di Indonesia. Mulai dari seperti pisang goreng pasir, pisang goreng coklat keju, pisang goreng kremes maupun pisang goreng lainnya.

Baiklah, kalau kalian pengen nyoba rasa dari pisang goreng tadi, mungkin bisa beli di tempat yang menjualnya. Tapi kalau di daerah kamu sulit buat nemuin orang yang jualan pisang goreng, kenapa nggak bikin sendiri aja?

Yeeey, mantab tuh, bikin pisang goreng kreasi sendiri. Sekali-kali nyenengin orang rumah gitu, masak buat keluarga kan nggak ada salahnya.

Kandungan Pisang

Pisang adalah buah tropis yang disukai banyak orang. Buah pisang juga bisa diolah menjadi berbagai minuman dan olahan makanan. Jika kalian perhatikan, pisang juga termasuk buah yang agak berbeda. Teksturnya yang lembut, rasanya juga manis, namun juga tidak segar seperti buah pada umumnya.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi kita. Jika kita kehilangan energi setelah berolahraga, maka kita bisa menggantinya dengan pisang.

pisang juga bisa menjadi alat untuk mengisi energi cadangan yang biasanya habis sebelum jam makan utama tiba.

Vitamin C

Seperti pada buah lainnya, pisang juga kaya akan kandungan vitamin C. Apakah Teman-teman menyadarinya?. Satu buah pisang juga mengandung 10 mg vitamin C.

Itu sama dengan 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian untuk tubuh kita. Seperti teman-teman tahu, vitamin C itu bisa menjadi peningkat sistem kekebalan tubuh kita.

Potassium

Buah ini terkenal akan kandungan potasiumnya. Satu buah pisang berukuran cuku sedang mengandung potassium sebanyak sekitar 400 mg.

O iya, potassium adalah zat yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Hal ini juga potassium juga bisa mencegah kram pada otot setelah berolahraga.

Serat

Tubuh kita memerlukan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Baiklah, serat itu bisa kita dapatkan dari buah pisang, karena satu buah pisang mengandung 3 gram serat.

Cara Membuat Pisang Coklat Krispy

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 1 sisir pisang kepok kuning
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 125 ml susu cair
  • 1 sdt essen vanila
  • 150 gram keju chedar yang sudah diparut (jika ingin pakai keju)
  • 1 sdt garam
  • 250 gram tepung panir kasar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus :

  • 1 buah kuning telur
  • 50 gram keju chedar diparut
  • 100 ml susu cair
  • 10 sdm susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara Membuat Pisang Coklat Krispy :

  1. Langkah awal campurkan tepung terigu, gula pasir, susu cair, essen vanila, garam dan keju. Kejunya 50 gram aja ya, nanti sisanya buat di campuran yang lain. Campurkan sampai jadi adonan basah yang rata dan kental, sisihkan.
  2. Setelah itu siapkan campuran untuk baluran biar tambah crispy, yaitu tepung panir kasar dan 100 gram keju chedar parut. Campurkan bahan kering hingga merata, kemudian disisihkan dulu.
  3. Siapkan pisang, potong jadi bentuk kipas, atau belah dua juga boleh. Usahakan saat membelah jangan sampai putus, biar bentuknya bagus.
  4. Masukkan pisang yang sudah dipotong tadi dan masukan ke adonan basah. Lalu gulungkan bahan kering, dan campurkan dengan tepung panir sama keju tadi. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.
  5. Sambil menunggu pisangnya yang baru disimpan tadi, menyicil untuk buat sausnya dulu. Kemudian kocok dulu kuning telur, susu kental manis dan susu cair di atas api sedang. Kemudian masukkan susu kental manis dan parutan keju chedar, aduk sampai tercampur rata. Masukkan larutan tepung maizena tadi ke dalam, serta aduk kembali hingga saus mengental, lalu matikan kompornya.
  6. Setelah pisang siap, panaskan minyak lalu goreng pisang sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan pisang gorengnya.
  7. Pisang goreng siap disajikan, jangan lupa sausnya ya. Bisa dituangkan di atas pisang goreng, atau dipisahkan dalam wadah tersendiri.

Baiklah itu tadi cara membuat pisang coklat krispy yang bisa kalian dicoba dirumah. semoga berhasil dan selamat menikmati..

Bagaimana Cara Buat Plastik Yang Gampang Dan Ramah Lingkungan

Dengan adanya situs web ini, kami berharap situs ini dapat lebih dikenal di kalangan yang lebih luas. Selain itu melalui situs web ini juga, kami berharap dapat memberi kemudahan bagi kalian untuk mengakses informasi mengenai cara buat plastik.

Bahan utama plastik yaitu kondensasi organik atau tambahan polimer. Plastik adalah istilah yang mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi sintetik. Diantara beberapa jenis polimer itu ada seperti polimer alami yang merupakan plastik. Plastik bisa dibentuk menjadi fibersintetik atau film.

Karbon ini didesain dengan variasi yang beragam dalam properti yang bisa menolerensi panas, keras atau yang lainnya. Kemampuan adaptasinya yang bagus serta komposisi dan beratnya yang ringan menjadikan plastik digunakan hampir di semua bidang industri.

Rantai panjang atom yang saling mengikat antara satu dengan lainnya. Dari rantai ini banyak unit molekul terbentuk secara berulang atau disebut dengan monomer. Plastik yang umum adalah terbentuk dari polimer karbon atau dengan oksigen, nitrogen, clhorine atau belerang di tulang belakang.

Bahan Dasar dan Cara Buat Plastik

cara buat plastik

Suatu unsur yang terbentuk dari karbon Kita Sebut Plastik, hidrogen, klorin, oksigen, belerang dan nitrogen. Pertama kali pembuatannya plastik dibuat dengan bahan natural seperti tanduk binatang, shellac (sekresi dari serangga kecil) serta getah perca.

Di tahun 1869 M, plastik sintetis pertama kali ditemukan oleh Wesley Hyatt yang menggunakan dasi selulosa atau bahan alami dari tumbuh-tumbuhan dalam proses pembuatannya. Wesley menyatakan bahwa selulosa nitrat dapat dijadikan sebagai plastik dengan menambahkan kamper.

Sintetis pertama yang bisa disebut seluloid juga sudah diakui secara komersil. Plastik jenis ini dipakai sebagai bahan pembuatan sisir, gigi palsu, bingkai kaca mata dll.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Plastik

Pada umumnya plastik terbentuk dari unsur-unsur seperti karbon, oksigen, hidrogen, klorin, belerang, dan nitrogen. Awalnya plastik dibuat dari bahan-bahan natural seperti tanduk hewan, shellac (sekresi serangga kecil), dan getah perca.

Di tahun 1869, plastik sintetis pertama dibuat dari selulosa, yang sebenarnya bahan alami yang berasal dari pohon-pohon.

Wesley Hyatt, penemu asal Amerika menemukan bahwa selulosa nitrat dapat dijadikan plastik dengan menambahkan kamper. Plastik sintetis pertama yang diakui secara komersial disebut seluloid. Plastik ini dipakai sebagai bahan pembuat sisir, gigi palsu, bingkai kacamata, dsb.

Wadah, kotak, dan tempat sampah plastik secara luas digunakan di seluruh dunia untuk menyimpan beragam jenis produk cair maupun padat. Penemuan revolusioner terkenal pada tahun 1951, dua kimiawan muda mendapatkan polipropilena dan polietilena.

Proses Pembuatan Plastik Dalam Industri

cara buat plastik

Pembuatan plastik dan bisnis plastik tentunya tidak Anda ketahui dengan baik jika Anda tidak mencari tahu informasi tentangnya dan tidak mengetahui cara mengurangi sampah plastik.

Selama ini yang Anda lakukan hanyalah berperan sebagai konsumen yang sangat setia menggunakan plastik dan berbagai benda yang dibuat dari plastik sehingga dengan demikian tentunya cara membuat plastik setiap tahunnya sangat banyak dipelajari.

Cobalah lihat di sekitar Anda, tanpa Anda sadari ternyata ada banyak sekali benda mulai dari yang berukuran kecil sampai besar yang ada di sekitar Anda yang terbuat dari material plastik. Bahkan mungkin saat ini Anda sedang mengenakan plastik di tubuh Anda berupa bando atau gelang.

Karena begitu populernya plastik maka tentu saja semakin hari semakin banyak plastik yang perlu diproduksi. Teksturnya yang mudah dibentuk menjadi berbagai macam bentuk dan keringannya menjadi salah satu nilai plus bagi plastik yang membuatnya menjadi material yang unggul.

Itulah ulasan tentang cara buat plastik,selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

Bahan Dasar Pembuatan Plastik Mudah dan Ramah Lingkungan

Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi karya inovasi dengan Bahan Dasar Pembuatan Plastik Mudah dan Ramah Lingkungan.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Berbagai mineral dan bahan organik seperti gas alam, batu bara, minyak bumi, batu kapur, belerang ,dan silica merupakan bahan baku plastik.

Pada saat proses pembuatan ditambahkan berbagai bahan misalnya zat pewarna, pelarut, plastiser, pelumas, dan bahan pengisi. Bahan pengisi sendiri terdiri dari tepung, kapas, bubuk kayu, asbes, serat kain, lempung, grafit, serbuk logam, gelas, dan tanah kresik.

Berfungsi untuk mengurangi harga, menurunkan pengerutan, meningkatkan kekuatan, meningkatkan daya tahan api, dan dapat menghasilkan sifat-sifat lainnya.

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan

1.Menyebabkan Kanker

Sebagian besar masyarakat mungkin menganggap plastik merupakan barang biasa yang member banyak keuntungan, namun bila sampai terurai ke dalam tubuh akan berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker. hal ini dikarenakan plastik mengalami penguraian sebagai dioksin maka dari itu perlu dilakukan pengolahan sampah plastik.

2.Menggangu Sistem Syaraf

Dioksin jika terhirup oleh manusia, bukan hanya akan menyebahkan kanker. Sistem saraf pun akan terangsang sehingga menimbulkan kerusakan. JIka sistem saraf rusak akan berimbas pada kinerja organ dalam lainnya, karena pembakaran plastickyang tidak sempurna.

3.Depresi

Biasa berawal dari stres yang sudah parah. Hai ini disebabkan oleh masalah internal atau eksternal yang kemudian depresi berujung pada gangguan jiwa dan mental. Tapi potensi depresi juga dapat disebabkan oleh paparan senyawa plastik saat proses pembakaran yang kurang sempurna.

4.Pembengkakan Hati

Jika kita memasukan makanan yang masih panas ke dalam plastik bisa berpotensi mengakibatkan pembengkakan hati, dikarenakan plastik mengalami peluruhan pada saat makanan bersentuhan dengan plastik.

5.Gangguan Reproduksi

Sama seperti pembengkakan hati, gangguan ini juga diakibatkan memasukan makanan panas ke dalam plastik dan bercampurnya berbagai macam senyawa ke makanan.

6.Radang paru

Zat karsinogenik yang keluar pada saat pengunaaan botol atau plastik saat terkena paparan panas berpotensi menyebabkan peradangan pada paru – paru.

Bahan Dasar Pembuatan Plastik Biodegradable

bahan dasar pembuatan plastik

Biasa digunakan saat ini adalah plastik jenis non-biodegradable (plastik yang tidak dapat terurai secara biologis). Plastik non-biodegeradable terbuat dari minyak bumi yang keberadaannya semakin sedikit dan tidak dapat diperbaharui.
Akibatnya pemakai plastik yang berlebih semakin meningkat pula pencemaran lingkungan yang akan terjadi, seperti penurunan kualitas air dan tanah menjadi tidak subur, hal ini disebabkan karena plastik sulit untuk dapat dihancurkan dengan cepat dan alami oleh mikroba di dalam tanah.
Untuk mengurangi tingkat pencemaran lingkungan tersebut, saat ini sedang dikembangkan sebuah plastik jenis biodegradable, yakni plastik yang dapat duraikan oleh mikro organisme secara alami, untuk dijadikan senyawa yang ramah lingkungan.
 Plastik biodegradable terdiri dari material-material yang dapat diperbaharui, misalnya dari senyawa yang terdapat dalam tanaman seperti kolagen, selulosa, kasein, lipid atau protein yang terdapat dalam sel hewan.
Jenis-jenis plastik biodegradable diantaranya
  • polyhidroksialkanoat (PHA).
  • poli-asam amino yang berasal dari sel bakteri,
  • polylaktida (PLA) yang merupakan modifikasi dari asam laktat, hasil perubahan zat tepung kentang atau jagung oleh mikroorganisme.
  • poliaspartat sintesis yang dapat terdegradasi.
Bahan plastik biodegradable berasal dari selulosa,  kitosan, bakteri, kitin, atau tepung yang terdapat di dalam tumbuhan, atau beberapa material plastik maupun polimer lain yang ada di dalam tumbuhan dan hewan.
Plastik biodegradable yang berbahan dasar tepung dapat didegradasi oleh bakteri Pseudomonas dan Bacillus,bakteri tersebut akan memutus rantai polimer menjadi monomer-monomernya .
Gimana, Guys? Itulah beberapa bahan dasar pembuatan plastik yang bisa kamu coba buat di rumah. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

Cara Membuat Nasi Goreng Telur yang Enak dan Bikin Ketagihan

Siapa yang nggak mengenal nasi goreng? Makanan asli Indonesia ini begitu akrab di telinga maupun di lidah. Tak sedikit turis asing yang berkunjung ke Indonesia pun tak ketinggalan mencicipi nasi goreng dengan berbagai macam varian rasanya. Masih ingat kan kalau makanan satu ini menjadi makanan favorit Barack Obama, mantan presiden Amerika Serikat.

Cara membuat nasi goreng ini dari nasi yang kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu dan pelengkap lalu digoreng hingga semua rasanya menyatu. Itulah sebabnya nasi goreng memiliki citrarasa yang lezat dan menggugah selera.

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah satu di antara pilihan masakan tercepat yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga saat buru-buru hendak membuatkan masakan untuk keluarganya. Tak heran jika cara membuat nasi goreng sederhana ini menjadi pilihan para wanita karier untuk sarapan karena kemudahannya.

Bukan hanya bagi ibu rumah tangga saja, namun makanan murah dan juga cepat dihidangkan ini pun bisa merupakan pilihan yang praktis bagi anak kos. Atau bagi kamu yang lagi nggak punya cukup uang dan juga ingin memasak sendiri.

Menu andalan masyarakat Indonesia saat sarapan memang tidak perlu keahlian khusus atau waktu yang lama untuk membuatnya. Tidak hanya saat makanan pagi saja, nasi goreng juga dapat disajikan saat makan malam. Seperti yang telah kita ketahui, banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual masakan nasi goreng pada malam hari dengan gerobak dorongnya mengelilingi permukiman.

Macam – Macam Nasi Goreng

Nasi goreng pun ada beragam variasinya, begitu juga cara membuat bumbu nasi gorengnya. Variasi yang kamu temui saat ini dikarenakan bahan baku yang digunakan tergantung dengan kondisi masyarakat setempat.

Di Indonesia ada beberapa variasi umum nasi goreng seperti nasi goreng jawa, nasi goreng putih, nasi goreng biasa, dan juga masih banyak lagi. Menu tambahan yang disajikan untuk nasi goreng pun beragam.

Ada yang dihidangkan dengan telur mata sapi, ataupun nasi goreng yang dibungkus dengan telur omelet. Begitu juga ada yang ditambah pelengkap seperti pakai sosis dan bakso. Kalian juga bisa memasak nasi goreng sesuai dengan selera dan kreasi kalian sendiri.

Bahan cara membuat nasi goreng:

  • 2 piring nasi putih yang sudah didinginkan
  • 2 butir telur ayam
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 1 buah tomat (belah enam)

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 11 buah cabai rawit
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya, jika suka)

Cara membuat nasi goreng:

1. Masak orak arik telur ayam hingga matang, sisihkan sebentar di tepi wajan. Kecilkan api.

2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. 3. Masukkan buah tomat, masak hingga layu. Aduk bersama telur hingga semua bahan tercampur rata.

4. Masukkan nasi ke dalam bumbu dan telur, aduk rata. Masak nasi goreng dengan api sedang sambil terus diaduk.

5. Koreksi rasa, tambahkan garam atau kaldu ayam bubuk jika dirasa nasi goreng kurang asin.

6. Segera angkat nasi goreng yang telah matang, sajikan selagi masih hangat bersama kerupuk udang dan acar.

Resep Praktis Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas Enak Banget

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang punya berbagai menu masakan super lezat lagi menggugah selera. Bahkan nih ya, setiap daerah nampaknya memiliki masakan khas sendiri-sendiri yang rasanya sangat lezat.

Asal Mula Ayam Rica-Rica

Salah satunya adalah masakan ayam rica-rica khas Manado. Yap, ayam rica-rica merupakan masakan khas Manado yang telah terkenal hingga ke pelosok negeri. Rasanya yang lezat dan nutrisinya yang sehat, membuat ayam rica-rica sangat digemari oleh siapa saja.

Ngomongin soal ayam rica-rica, kali ini kita memiliki resep ayam rica-rica dengan bumbu pedas. Tak hanya lezat dan sehat, resep ini juga sangat nendang dan bikin ketagihan. Penasaran bagaimana resepnya? Simak baik-baik resepnya berikut ini.

Apakah Makan Ayam Setiap Hari Itu Sehat?

Bahwa makan ayam sendiri mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, apakah sehat makan ayam setiap hari? Jawabannya tergantung. Tergantung dari jenis ayam, cara memasak, dan bagian mana saja yang Anda makan.

Ayam akan menjadi sumber nutrisi yang baik asalkan Anda memperhatikan ketiga faktor tersebut. Pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu jenis ayam. Ayam negeri cenderung mengalami proses penyuntikan hormon dan antibiotik untuk membuatnya tetap sehat dan tumbuh besar secara buatan.

Sayangnya, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi ayam yang disuntikkan hormon hal ini dapat menganggu kesehatan sistem reproduksi. Pasalnya, hormon yang disuntikkan berupa steroid, estrogen, progesteron, dan testosteron sering kali tidak sesuai aturan. Mengonsumsinya terlalu banyak bisa mengacaukan kerja hormon alami tubuh dan meningkatkan berbagai risiko penyakit.

Ayam dan Kandungan Nutrisinya

Mengonsumsi daging ayam sangat dianjurkan, meskipun frekuensinya juga tetap harus dibatasi. Selain rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi pelbagai macam menu masakan, ayam mengandung banyak nutrisi di dalamnya yang mana nutrisi tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan daging ayam sebagaimana dilansir dari Food Safety and Inspection Service, US Department of Agriculture meliputi:

  • Lemak
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Zat besi
  • Sodium
  • Vitamin A
  • Vit B
  • Vit C

Kandungan gizi ayam tersebut tersebar di beberapa bagian utama dari daging ayam, yakni dada, paha, dan sayap. Namun, Anda disarankan untuk mengolah ayam dengan cara direbus atau dipanggang. Pasalnya, dua metode pengolahan ayam tersebut tidak terlalu mengurangi kadar nutrisi di dalamnya.

Bahan Membuat Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas:

  • 6 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 sendok makan minyak goreng, untuk menggoreng
  • 3 batang serai, memarkan
  • 1 buah jeruk nipis, peras, dan ambil airnya
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 ekor ayam kampung, potong 8 bagian

Bumbu Membuat Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas, Silahkan dihaluskan:

Biasanya di manado ada cabai merah tertentu yang harus dipakai untuk mengolah sambal. Akan tetapi kita bisa menggunakan alternatif cabai merah yang lain.
  • 10 butir bawang merah
  • 5 cm jahe
  • 12 cabai merah
  • 1 sdt garam
  • 10 buah cabai rawit
  • ½ sdt gula

Pelengkap Hidangan Ayam Rica-Rica Pedas:

  • Bisa di sajikan dengan nasi bungkus, atau bisa dengan daun kemangi dan mentimun
    Nasi bungkus

Cara Membuat Ayam Rica–Rica Bumbu Pedas:

  1. Panaskan 5 sendok makan minyak di atas wajan, Anda dapat mengunakan api sedang.
  2. Masukkan bawang putih, lalu tumis hingga harum aromanya .
  3. Tambahkan bumbu, serai, daun jeruk dan air jeruk nipis, tumis bumbu lainnya hingga matang.
  4. Masukkan ayam, aduk hingga bumbu rata pada ayam.
  5. Tutup wajan, masak hingga matang.
  6. Angkat, sajikan dengan nasi bungkus

Baiklah itu tadi seputar resep membuat ayam rica-rica bumbu pedas yang bisa kalian coba dirumah masing – masing selamat mencoba..dan terima kasih

Ternyata Begini Cara Pembuatan Plastik di Dalam Industri

Assalamu’alaikum gaes.. Kembali lagi kita mengulas tentang plastik, karena coba kita fikirkan apa yang bakalan terjadi jika teramat banyak benda-benda yang tak ternilai, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh mencari contoh, mari kita berkreasi dengan Cara Pembuatan Plastik.

Termasuk kedalam senyawa polimer, strukturnya sendiri terdiri dari rantai atom karbon (C) yang panjang, dan masing-masing atom C mengikat sebuah atom hidrogen (H). Selain itu, rantai atom C juga mengandung bebrapa atom oksigen (O).

Kita ambil contoh, bayangkan sebuah kantong plastik kita isi dengan air, apakah air itu bisa menembus plastik?, jika plastik dalam keadaan baik pasti tidak akan bisa menembus plastik. Hal ini terjadi karena air tak dapat menerobos pori pori plastik yang sangat kecil.

Asal kalian tahu pori pori plastik jauh lebih kecil dibanding selaput semipermeabel. Bahkan udarapun tidak dapat menembus plastik. Polimer plastik mempunyai ikatan kimia yang sangat kuat, serat polimernya menempel ketat anatara satu dengan lainnya.

Pada saat proses pembuatan ditambahkan berbagai bahan misalnya zat pewarna, pelarut, plastiser, pelumas, dan bahan pengisi. Bahan pengisi sendiri terdiri dari tepung, kapas, bubuk kayu, asbes, serat kain, lempung, grafit, serbuk logam, gelas, dan tanah kresik.

Berfungsi untuk mengurangi harga, menurunkan pengerutan, meningkatkan kekuatan, meningkatkan daya tahan api, dan dapat menghasilkan sifat-sifat lainnya.

Bagaimana Cara Pembuatan Plastik?

cara pembuatan plastik

Bahan pembuatan plastik sendiri adalah kondensasi organik atau tambahan polimer. Plastik adalah istilah yang digunakan untuk mencakup produk polimerisasi sintetik ataupun semi sintetik.

Diantara beberapa jenis polimer, diantaranya ada polimer alami yang termasuk plastik. Plastik sendiri bisa dibentuk menjadi fibersintetik atau film.

Dikarenakan kebutuhan yang semakin beragam, plastik sendiri dibuat dengan variasi yang beragam dalam properti yang sesuai dengan kebutuhan, bahkan ada yang bisa menolerensi panas, keras atau yang lainnya.

Karena kemampuan adaptasi plastik yang bagus serta komposisi dan beratnya yang ringan menjadikan plastik digunakan sebagai bahan baku hampir di semua bidang industri.

Teknik Membuat Plastik Biodegradable

 Plastik biodegradable terdiri dari material-material yang dapat diperbaharui, misalnya dari senyawa yang terdapat dalam tanaman seperti kolagen, selulosa, kasein, lipid atau protein yang terdapat dalam sel hewan.
Jenis-jenis plastik biodegradable diantaranya
  • polyhidroksialkanoat (PHA).
  • poli-asam amino yang berasal dari sel bakteri,
  • polylaktida (PLA) yang merupakan modifikasi dari asam laktat, hasil perubahan zat tepung kentang atau jagung oleh mikroorganisme.
  • poliaspartat sintesis yang dapat terdegradasi.
Bahan plastik biodegradable berasal dari selulosa,  kitosan, bakteri, kitin, atau tepung yang terdapat di dalam tumbuhan, atau beberapa material plastik maupun polimer lain yang ada di dalam tumbuhan dan hewan.
Plastik biodegradable yang berbahan dasar tepung dapat didegradasi oleh bakteri Pseudomonas dan Bacillus,bakteri tersebut akan memutus rantai polimer menjadi monomer-monomernya .
Hasil degradasi plastik dapat dipakai untuk makanan hewan ternak atau pupuk kompos. Jika plastik biodegradable trbakar tidak akan menghasilkan senyawa kimia berbahaya. Kualitas tanah juga akan meningkat dengan adanya plastik biodegradable, karena hasil penguraian mikro organisme akan meningkatkan unsur hara di dalam tanah.
Sampai sekarang masih diteliti berapa cepat atau berapa banyak polimer biodegradable ini dapat terurai di alam. Di samping itu, penambahan tepung pada saat pembuatan polimer biodegradable juga menambah biaya pembuatan plastik dan biaya kerajinan dari limbah plastik.
Itulah ulasan tentang cara pembuatan plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.