Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi karya inovasi dengan Bahan Dasar Pembuatan Plastik Mudah dan Ramah Lingkungan.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Berbagai mineral dan bahan organik seperti gas alam, batu bara, minyak bumi, batu kapur, belerang ,dan silica merupakan bahan baku plastik.

Pada saat proses pembuatan ditambahkan berbagai bahan misalnya zat pewarna, pelarut, plastiser, pelumas, dan bahan pengisi. Bahan pengisi sendiri terdiri dari tepung, kapas, bubuk kayu, asbes, serat kain, lempung, grafit, serbuk logam, gelas, dan tanah kresik.

Berfungsi untuk mengurangi harga, menurunkan pengerutan, meningkatkan kekuatan, meningkatkan daya tahan api, dan dapat menghasilkan sifat-sifat lainnya.

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan

1.Menyebabkan Kanker

Sebagian besar masyarakat mungkin menganggap plastik merupakan barang biasa yang member banyak keuntungan, namun bila sampai terurai ke dalam tubuh akan berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker. hal ini dikarenakan plastik mengalami penguraian sebagai dioksin maka dari itu perlu dilakukan pengolahan sampah plastik.

2.Menggangu Sistem Syaraf

Dioksin jika terhirup oleh manusia, bukan hanya akan menyebahkan kanker. Sistem saraf pun akan terangsang sehingga menimbulkan kerusakan. JIka sistem saraf rusak akan berimbas pada kinerja organ dalam lainnya, karena pembakaran plastickyang tidak sempurna.

3.Depresi

Biasa berawal dari stres yang sudah parah. Hai ini disebabkan oleh masalah internal atau eksternal yang kemudian depresi berujung pada gangguan jiwa dan mental. Tapi potensi depresi juga dapat disebabkan oleh paparan senyawa plastik saat proses pembakaran yang kurang sempurna.

4.Pembengkakan Hati

Jika kita memasukan makanan yang masih panas ke dalam plastik bisa berpotensi mengakibatkan pembengkakan hati, dikarenakan plastik mengalami peluruhan pada saat makanan bersentuhan dengan plastik.

5.Gangguan Reproduksi

Sama seperti pembengkakan hati, gangguan ini juga diakibatkan memasukan makanan panas ke dalam plastik dan bercampurnya berbagai macam senyawa ke makanan.

6.Radang paru

Zat karsinogenik yang keluar pada saat pengunaaan botol atau plastik saat terkena paparan panas berpotensi menyebabkan peradangan pada paru – paru.

Bahan Dasar Pembuatan Plastik Biodegradable

bahan dasar pembuatan plastik

Biasa digunakan saat ini adalah plastik jenis non-biodegradable (plastik yang tidak dapat terurai secara biologis). Plastik non-biodegeradable terbuat dari minyak bumi yang keberadaannya semakin sedikit dan tidak dapat diperbaharui.
Akibatnya pemakai plastik yang berlebih semakin meningkat pula pencemaran lingkungan yang akan terjadi, seperti penurunan kualitas air dan tanah menjadi tidak subur, hal ini disebabkan karena plastik sulit untuk dapat dihancurkan dengan cepat dan alami oleh mikroba di dalam tanah.
Untuk mengurangi tingkat pencemaran lingkungan tersebut, saat ini sedang dikembangkan sebuah plastik jenis biodegradable, yakni plastik yang dapat duraikan oleh mikro organisme secara alami, untuk dijadikan senyawa yang ramah lingkungan.
 Plastik biodegradable terdiri dari material-material yang dapat diperbaharui, misalnya dari senyawa yang terdapat dalam tanaman seperti kolagen, selulosa, kasein, lipid atau protein yang terdapat dalam sel hewan.
Jenis-jenis plastik biodegradable diantaranya
  • polyhidroksialkanoat (PHA).
  • poli-asam amino yang berasal dari sel bakteri,
  • polylaktida (PLA) yang merupakan modifikasi dari asam laktat, hasil perubahan zat tepung kentang atau jagung oleh mikroorganisme.
  • poliaspartat sintesis yang dapat terdegradasi.
Bahan plastik biodegradable berasal dari selulosa,  kitosan, bakteri, kitin, atau tepung yang terdapat di dalam tumbuhan, atau beberapa material plastik maupun polimer lain yang ada di dalam tumbuhan dan hewan.
Plastik biodegradable yang berbahan dasar tepung dapat didegradasi oleh bakteri Pseudomonas dan Bacillus,bakteri tersebut akan memutus rantai polimer menjadi monomer-monomernya .
Gimana, Guys? Itulah beberapa bahan dasar pembuatan plastik yang bisa kamu coba buat di rumah. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!
Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti