Dengan adanya situs web ini, kami berharap situs ini dapat lebih dikenal di kalangan yang lebih luas. Selain itu melalui situs web ini juga, kami berharap dapat memberi kemudahan bagi kalian untuk mengakses informasi mengenai Bahan Pembuat Plastik dan Teknik Pengolahannya.

Bahan utama plastik yaitu kondensasi organik atau tambahan polimer. Plastik adalah istilah yang mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi sintetik. Diantara beberapa jenis polimer itu ada seperti polimer alami yang merupakan plastik. Plastik bisa dibentuk menjadi fibersintetik atau film.

Karbon ini didesain dengan variasi yang beragam dalam properti yang bisa menolerensi panas, keras atau yang lainnya. Kemampuan adaptasinya yang bagus serta komposisi dan beratnya yang ringan menjadikan plastik digunakan hampir di semua bidang industri.

Rantai panjang atom yang saling mengikat antara satu dengan lainnya. Dari rantai ini banyak unit molekul terbentuk secara berulang atau disebut dengan monomer. Plastik yang umum adalah terbentuk dari polimer karbon atau dengan oksigen, nitrogen, clhorine atau belerang di tulang belakang.

Sangat Banyak plastik berkembang dari penggunaan material alami seperti permen karet (shellac) hingga ke material alami yang dimodifikasi secara alami seperti karet alami (nitrocellulose), hingga ke molekul buatan manusia seperti epoxy, polyvinyl chloride dan polyethylene.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Plastik?

bahan pembuat plastik

Berbagai mineral dan bahan organik seperti gas alam, batu bara, minyak bumi, batu kapur, belerang ,dan silica merupakan bahan baku plastik.

Pada saat proses pembuatan ditambahkan berbagai bahan misalnya zat pewarna, pelarut, plastiser, pelumas, dan bahan pengisi. Bahan pengisi sendiri terdiri dari tepung, kapas, bubuk kayu, asbes, serat kain, lempung, grafit, serbuk logam, gelas, dan tanah kresik.

Berfungsi untuk mengurangi harga, menurunkan pengerutan, meningkatkan kekuatan, meningkatkan daya tahan api, dan dapat menghasilkan sifat-sifat lainnya. Dan plastik juga bisa dibuat dari limbah rumah tangga yang dimanfaatkan

Bahan Untuk Membuatan Plastik Termoplastik

Adalah bahan yang mempunyai sifat tidak tahan terhadap panas. Apabila bahan jenis ini dipanaskan, maka akan menjadi lunak dan bila didinginkan akan mengeras. Bahan ini dapat dibuat produk yang berbeda dengan cara meleburkannya lalu dicetak kembali dengan cetakan yang berbeda.

Sifat Bahan
  • Tidak tahan panas.
  • Berat molekul kecil.
  • Dipanaskan akan melunak.
  • Didinginkan akan mengeras.
  • Mudah diregangkan.
  • Fleksibel.
  • Titik leleh rendah.
  • Dapat didaur ulang.
  • Mudah larut jika pelarut yang digunakan sesuai.
  • Memiliki struktur molekul bercabang.

Bahan  yang termasuk kedalam termoplastik adalah sebagai berikut

Contoh Bahan
1. Selulosa

Produk hasil dari pengolahan khusus dari serat kapas dan kayu. Karena sifatnya yang kuat bahan digunakan sebagai bahan mainan anak-anak, bulu kuas, selubung baterai, dan panel radio.

2. Polisteren
Biasa digunakan sebagai bahan kotak baterai, piring, roda gigi, bagian dari radio, pola untuk pengecoran, kotak es dan lain-lain.
3. Polietilen
Karena sifat fleksibel polietilen terhadap suhu rendah dan tinggi, kedap air, tahan terhadap zat kimia, dapat dipatri dan dapat diberi warna,maka polietilen digunakan sebagai bahan cetakan es, pencuci film, baki, botol susu bayi, kain, lembaran pembungkus, selang air dan lain-lain.
4. Resin Akrilik
Mempunyai sifat daya tembus cahaya yang sangat baik, tahan terhadap kelembaban dan mudah dibuat, resin akrilik digunakan sebagai bahan jendela pesawat terbang, pintu, alat kecantikan, penutup alat ukur, dan lain-lain.
5. Resin vinil

Mempunyai sifat jernih dan liat, biasanya resin ini dipakai untuk bahan jas hujan tangki dan produk cetak fleksibel.

6. Karet sintetis

Sifatnya yang tahan terhadap minyak, cat, bensin, dan sinar matahari.Karet sintetis digunakan sebagai bahan membuat selang, hak dan sol sepatu, dan lapisan isolasi.

Itulah ulasan tentang bahan pembuat plastik. selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti