Hai kawan kawan apa kabar? . Pada kali ini kita akan mengulik dan mencari tahu gimana sih cara membuat briket dari serbuk kayu. Penasaran ? simak artikel ini sampai akhir…

serbuk kayu

Di indonesia sendiri sangat banyak pohon dan tumbuhan yang masih sangatlah beraneka ragam. Indonesia juga bisa di sebut paru paru dunia karena polulasi pohon dan hutan nya masih sangat banyak . Tetapi sekarang banyak oknum yang sembarangan menebang pohon dan tidak menanam kembali . Kita seharusnya bisa memilah mana pohon yang harus di tebang dan juga harus menanam kembali tunas baru agar polulasi pohon di indonesi tidak menurun .

Dan kalau kita lihat pohon sangat lah berguna bagi kita kayunya bisa kita jadi kan rumah dan lain sebagainya. Tetapi ada yang lebih berguna lagi yaitu serbuk kayu bekas menebang pohon bisa dijadikan briket serbuk kayu .

Dengan memanfaatkan bahan baku serbuk kayu ini bisa mengurangi limbah kayu dan mengurangi dampak negatif pencemaran lingkungan, soalnya serbuk kayu itu kalau kehirup bisa bikin kita jadi sesak nafas. Selain itu, briket ini juga gak mengandung belerang jadi gak berbau menyengat, dan juga harganya pun lebih murah kalau dibandingkan dengan arang dari kayu.

Ada beberapa manfaat kenapa kita harus membuat dan menggunakan briket arang serbuk gergaji. Pada dasarnya, dengan menggunakan briket arang serbuk kayu ini sebagai bahan bakar alternatif, berarti kita bisa menghemat penggunaan kayu sebagai hasil utama dari hutan, jadi paling gak kita bisa ikut andil untuk meminimalisir penggundulan hutan. Selain itu, jika kita menggunakan briket arang serbuk kayu, kita bisa menghemat pengeluaran biaya untuk membeli minyak tanah atau gas yang makin lama makin mahal.

Gak hanya sampai situ, dengan memanfaatkan serbuk kayu sebagai bahan pembuatan briket arang serbuk kayu, akan meningkatkan pemanfaatan limbah hasil perhutanan, sekaligus mengurangi pencemaran udara, karena kita sering banget lihat serbuk gergaji kayu yang ada cuma dibuang kalau tidak dibakar gitu aja. Manfaat lain itu bisa sebagai sumber penghasilan tambahan di kalangan masyarakat yang bisa mengolah jadi briket arang serbuk kayu ini, karena briket serbuk kayu punya nilai ekonomis yang cukup tinggi. Pokoknya masih banyak banget manfaatnya.

briket serbuk kayu

Alat

  • Ayakan ukuran 50 dan 70 mesh
  • cetakan briket
  • mesin pengering

Bahan

  • Serbuk kayu
  • Lem kanji

Cara Membuat Briket Arang dari Serbuk Gergaji Kayu

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan pengarangan dengan membakar serbuk kayu yang ditaruh di dalam sebuah drum, drum ini sebelumnya kita lubangi dulu pada bagian bawah, tujuannya itu ialah untuk lubang sirkulasi udara, jadi biar panasnya bisa merata.
  2. Kalau sudah hangus,serbuk kayu dari pembakaran tadi kita haluskan dulu dengan cara diayak. Arang serbuk kayu kita ayak dengan ayakan berukuran 50 mesh dan 70 mesh.
  3. Setelah itu, arang serbuk kayu yang sudah kita saring tadi selanjutnya kita campur dengan perbandingan arang serbuk kayu 90% dan arang tempurung kelapa 10%. Pada saat pencampuran kita tambahkan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk kayu dan tempurung kelapa.
  4. Langkah terakhir yaitu pencetakan briket arang. Kalau semua bahan-bahannya sudah kita campur secara merata, baru arangnya bisa kita cetak dengan menggunakan mesin pencetak briket atau cetakan yang lainnya.

Kurang lebih seperti itu yang dapat saya jelaskan . Semoga bermanfaat dan teman teman bisa memahami apa yang di bahas dan di sampai kan.