Cara budidaya semangka non biji– Cara membudidayakan tanaman semangka non biji memang terlihat susah, namun apabila anda lakukan sesuai langkah – langkahnya. Keberhasilan yang manis akan menunggu anda, karena pada umumnya, buah semangka adalah salah satu buah semusim yang mudah dibudidayakan.

Dengan adanya proses bereproduksi yang tergolong cepat karena umurnya hanya 6 bulan. Buah yang tumbuh dengan cara merambat ini adalah jenis tanaman herba yang berasal dari Afrika. Dan dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dan subtropis.

Buah semangka mempunyai daya tarik tersendiri karena buahnya yang segar dan juga manis. Dan dengan proses budidaya yang sangat mudah, banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan buah berdaging merah dan kuning ini.

Cara Budidaya Semangka Non Biji- Proses Pembibitan

Cara Budidaya Semangka Non Biji

Pemilihan Bibit

Pembudidayaan semangka tanpa biji dilakukan dengan memakai bibit. Dalam pemilihan bibit ini, ada beberapa syarat yang harus bisa dipenuhi, yaitu bentuk semangka harus bulat sempurna, tidak keriput dan tidak mengapung saat di rendam. Setelah bibit siap kemudian ujung bibit semangka dipotong terlebih dahulu untuk mempermudah proses pertumbuhan.

Kemudian bibit direndam dalam air hangat yang bersuhu 20 sampai 25°C yang sebelumnya sudah dicampurkan dengan fungsida dan bakterisida dengan perbandingan 2ml setiap liter air. Rendam bibit dalam air kurang lebih selama 30 menit sisihkan.

Pemeliharaan Bibit

Pemeliharaan bibit dilakukan dengan cara penyiraman secara rutin. Agar menjaga kelembaban bibit, selain penyiraman juga sangat perlu dilakukan pemupukan. Dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk daun yang sudah dicampur fungisida untuk mendorong perkembangan bibit kurang lebih 3 hari sekali.

Dan untuk bibit pesemaian yang masih muda pada waktu pagi hari letakkan di tempat yang terkena matahari hingga pukul 09.00 saja agar menjaga pertumbuhannya. Setelah bibit berumur 12 sampai 14 hari dan juga telah memiliki daun 2 sampai 3 helai, maka bibit semangka tanpa biji ini telah siap untuk dipindahkan di lahan penanaman yang telah disiapkan sebelumnya.

Cara Budidaya Semangka Non Biji- Penyiapan Lahan

Tahap selanjutnya yang harus disiapkan yaitu adalah area penanaman. Kondisi lahan yang cocok untuk penanaman buah semangka ini ialah tanah yang gembur, sedikit berpasir dan juga kaya bahan organik. Untuk itulah pembukaan lahan sangat perlu disiapkan terlebih dahulu.

Bila lahan itu merupakan bekas kebun maka lahan harus dibersihkan terlebih dahulu, apabila jika anda ingin menanam buah semangka ini di area sawah, maka tanah harus dikeringkan dan juga dibersihkan dari bekas tanaman terdahulu.

Penanaman

Sebelum bibit sudah mulai di tanam, 1 minggu sebelumnya disiapkan lubang tanam terlebih dahulu dengan kedalaman 8 sampai 10 cm. Jarak tanam untuk penanaman sekitar 80×70 cm dengan populasi 8.000 tanaman per ha untuk sistem turus. Dan untuk penanaman bibit semangka tanpa turus menggunakan jarak penanaman dalam barisan 70 cm. Dengan populasi sekitar 3.500 sampai 4000 tanaman per ha.

Sebelum bibit mulai ditanam, lakukan penyiraman hingga 3/4 tinggi bandengan dan lakukan perendaman bibit dalam air yang sudah diberi larutan pupuk NPK 2 g per liter sebagai starter solution. Kemudian proses penanaman dapat dimulai, dengan terlebih dahulu membuka kantong plastik yang menutupi bedengan, masukkan bibit ke dalam lubang tersebut, tutup lubang dengan tanah yang sudah disiapkan dan siram dengan air.

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman semangka tanpa biji ini dilakukan dengan beberapa fase berikut ini:

Penyulaman

Penyulaman ini bisa dilakukan apabila pertumbuhan tanaman terlalu lambat atau mati, penyulaman ini bisa dilakukan sebelum 10 hari setelah masa tanam.

Penyiangan

Penyiangan dari gulma dilakukan agar menghindari penghambatan tanaman dan juga mengurangi resiko penyakit pada tanaman.

Pembumbunan

Pembumbunan ini dimaksudkan dengan melakukan penimbunan tanah kembali disebabkan tererosi oleh penyiraman. Namun pembumbunan ini hanya dilakukan jika anda memakai sistem penanaman tanpa mulsa plastik.

Cara Budidaya Semangka Non Biji- Pemanenan

Cara Budidaya Semangka Non Biji

Pemanenan bisa dilakukan ketika usia tanam sudah mencapai 85 hari pada dataran rendah, dan 90 hingga 100 hari pada dataran tinggi. Tahap pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dan sebaiknya dilakukan pada saat cuaca cerah. Agar mendapatkan buah yang permukaannya kering sehingga lebih tahan lama.

Demikianlah artikel tentang cara budidaya semangka non biji. Apabila anda ingin mengetahui pemupukannya silahkan kunjungi website cara pemupukan semangka. Sekian dan terima kasih.