Kali ini resep yang akan diberikan adalah Cara Memasak Nasi Jagung Instan. Selama pandemi covid-19 ini, memasak adalah salah satu cara untuk mengisi waktu luang. Apakah kalian tau bahwa ketika mengkonsumsi nasi jagung secara rutin, dapat membantu tubuh mengontrol gula darah loh!

Walaupun nasi jagung kerap dikaitkan dengan makanan desa, tapi nasi jagung lebih sehat daripada nasi putih yang biasa kita makan. Di Indonesia, nasi jagung jadi makanan pokok masyarakat Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur atau di wilayah lainnya yang banyak menghasilkan jagung.

“Nasi Jagung” Makanan Sehat Kaya Akan Serat

Kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh salah satunya terdapat dalam Jagung. Makanan yang satu ini mengandung serat yang cukup, sehingga bagi yang mempunyai penyakit diabetes tidak perlu khawatir memakannya. Glukosa sebagai sumber energi akan dilepas secara perlahan dengan adanya serat. Sehingga, gula darah tidak langsung naik setelah makan jagung. Maka, banyak orang mengatakan bahwa biasanya nasi jagung akan lebih membantu dalam mengontrol gula darah lebih baik dibandingkan mengkonsumsi nasi putih.

Membandingkan nasi putih dengan nasi jagung, jagung memiliki kalori yang lebih sedikit. Kandungan 100 gram dalam jagung terdapat 140 kalori, sedangkan jika mengkonsumsi nasi putih 100 gram akan mendapatkan kalori sebanyak 175 kalori. Jadi, mengkonsumsi nasi jagung dengan porsi lebih banyak tapi dengan kalori yang sama banyaknya dengan nasi putih yang porsinya lebih sedikit. Dengan begitu, asupan kalori dan nafsu makan Anda akan lebih terkontrol.

Biasanya cara paling mudah memasak nasi dengan menggunakan gas rice cooker. Alat penanak nasi gas keluaran terbaru ini adalah salah satu solusi untuk memasak beras menjadi nasi dengan mudah. Alat penanak nasi atau gas rice cooker ini mempunyai perbedaan dengan rice cooker listrik pada umunya, perbedaan yang sangat signifikan adalah tidak menggunakan listrik untuk pengoperasiannya melainkan menggunakan gas LNG/LPG.

Tips Memasak Nasi Jagung

  1. Beras jagung memiliki tekstur yang berbeda dari beras biasanya. Beras jagung lebih keras dibandingkan beras biasanya oleh karena itu sebelum dimasak beras jagung harus direndam dulu.
  2. Rendam dengan air biasa kurang lebih 45 menit, setelah di rendam beras jagung akan membengkak dan itu tandanya beras sudah siap dimasak.
  3. Tambahkan sedikit garam kedalam beras akan membuat beras jagung lebih empuk, selain itu garam yang dicampur kedalam beras jagung akan membuat rasanya lebih enak dan membantu memenuhi asupan yodium untuk tubuh. Proses memasaknya sama seperti nasi biasa, dan hasilnya pun tak jauh beda dengan nasi putih.

Cara Memasak Nasi Jagung Instan

Terdapat banyak cara membuat nasi jagung sebenarnya. Namun kali ini, dengan resep dan langkah yang lebih praktis tapi tetap dengan bahan dasar yang sama.

Bahan – Bahan

  • 250 gram jagung meniran/tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Cara Membuat Nasi Jagung

  1. Campurkan jagung meniran dengan beras dan rendam dengan garam menggunakan air yang sudah disediakan. Setelah itu rebus beras dan jagung yang sudah dicampur tadi hingga air habis meresap, lalu segera angkat.
  2. Siapkan panci kukus yang sudah panas lalu letakan nasi jagung didalamnya. Siram nasi jagung tersebut menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  3. Jika sudah berarti nasi jagung sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda suaki, akan lebih nikmat jika dicampur sambal dan lalapan.

Sangat mudah membuat nasi jagung gurih yang nikmat dan sedap. Bahan yang disediakan pada resep di atas bisa disajikan dalam 4 hingga 6 porsi makan. Biasanya makanan ini juga dikatikan dengan lauk masakan dari bihun jagung. Selamat mencoba!