Hai semuanya! Pada artikel kali ini saya akan membagian cara membuat beef steak sederhana ala rumahan yang pasti enak dan mudah dibuat. Nah, buat kalian yang mau membuat selain steak beef bisa baca di artikel cara membuat steakĀ . Langsung aja yuk kita simak cara membuatnya!

Beef Steak

Menu steak sering kita jumpai dari warung pinggir jalan, restoran hingga hotel mewah. Salah satu favorit kebanyakan orang adalah beef steak atau steak daging sapi. Nah karena steak yang dijual diluaran itu mahal makan untuk menghemat biaya lebih baik bikin sendiri dirumah. Sebelum buat kalian perlu memperhatian tentang steak daging sapinya, langsung aja yuk kita simak!

Tipe Daging Sapi

Kebanyakan biasanya daging sapi yang disajikan oleh restoran adalah tenderloin, sirloin, T-bone & rib eye. Tenderloin adalah daging paling lembut diantara semua potongan daging sapi. Boleh dikata bagian ini merupakan salah satu favorit penikmat steak. Sirloin adalah daging yang punya ciri ada lemaknya yang baunya harum ketika dipanggang. Beda dengan tenderloin yang gak ada lemaknya. T-bone sesuai namanya merupakan daging yang ada tulangnya berbentuk T. T-bone selain daging ada juga lemaknya, disini ada unsur tenderloin-nya. Selanjutnya adalah rib eye yakni bagian daging sapi di sekitar tulang iga atau rusuk.

Tingkat Kematangan Daging

Setelah kalian memilih daging steak, selanjutnya kita akan ditanyakan tingkat kematangan steak. Ada beberapa tingkat kematangan steak yakni rare (mentah), medium, medium well (3/4 matang) & well done (matang). Untuk menikmati steak, disarankan untuk memilih tingkat kematangan medium ato medium well. Kenapa well done? karenadaging sapi yang dimasak matang alias well done, teksturnya cenderung keras sehingga daging agak alot ketika dimakan. Berbeda jika kita memilih medium ato medium well dimana terdapat ciri warna merah daging masih dan keluar air jika daging diiris dengan pisau. Selain itu dagingnya juga lebih empuk.

Cara Membuat Beef Steak Sederhana

Bahan – Bahan Beef Steak :

400 gr daging sapi
150 gr buncis
2 buah wortel
250 gr kentang

Bumbu Marinade Daging :

2 siung bawang putih
1 sdt merica
1 sdm kecap inggris
2 sdm kecap manis
1 sdt garam

Bahan Saus :

1 siung bawang putih
1/2 buah bawang Bombay
2 buah bawang merah (skip kalo sudah pakai bawang Bombay)
1 sdm gula merah sisir
1 sachet Saori saus tiram
6 sdm saus tomat
4 sdm saus sambal
2 sdm kecap manis
1,5 sdm kecap inggris
0,5 sdt merica bubuk
1 sdm maizena (encerkan)
200 ml air

Bahan Tambahan :

Minyak goreng
Mentega/margarine

Langkah – Langkah Membuat Beed Steak :
  1. Cuci bersih daging, potong daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku dan lalu tiriskan.
  2. Haluskan bumbu marinadenya. Lalu balurkan ke dalam daging. Diamkan sekitar kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.
  3. Siangi buncis, lalu potong, kupas wortel dan kentang, potong memanjang. Lalu rebus semuanya. Atau khusus kentang bisa digoreng kalo suka. Ak direbus semua,biar ngga ribet hehe. Kemudian tiriskan.
  4. Untuk sausnya, cincang bawang putih, potong bawang Bombay. Lalu panaskan mentega/ margarine, tumis bawang sampai harum kemudian tambahkan bahan saus (kecuali air dan maizena), aduk sampai rata. Kemudian tambahkan air.
  5. Jika saus sudah mendidih. Koreksi rasa. Jika sudah, tambahkan maizena sampai mengental. Saus sudah jadi
  6. Untuk memanggang steak,gunakan teflon, atau panggangan anti lengket. Olesi minyak dan mentega. Panggang daging sampai matang dan kecoklatan.
  7. Ambil piring , tata daging, wortel, buncis, kentang. Kemudian siram daging dengan saus. Beef steak siap disajikan.

Nah, bagaimana mudah bukan? Bagi kalian yang pengen lebih tau cara memasak daging sapi yang empuk bisa baca pada artikelĀ cara memasak steak daging sapi empuk.

Selamat mencoba dirumah semoga berhasil!