Artikel ini membahas cara membuat kantong plastik. semoga setelah membaca artikel ini anda bisa membuat usaha sendiri dengan bahan plastik, mari kita langsung bahas saja ya, sebelum pembahasannya. saya ucapkan Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami !!!

Bahan utama plastik adalah kondensasi organik atau polimer. Plastik adalah produk polimerisasi sintetik atau semi sintetik. Diantara beberapa polimer ada polimer alami yang termasuk plastik. Plastik bisa dibentuk menjadi fibersintetik atau film. Plastik sendiri didesain dengan variasi yang menarik dan beraneka ragam dalam properti yang bisa menolerensi panas, keras atau yang lainnya. Kemampuan adaptasinya yang cukup baik serta komposisi dan beratnya yang sangat ringan menjadikan plastik digunakan oleh semua bidang industri.

Plastik merupakan polimer, rantai panjang atom yang saling berhubungan dengan satu dan lainnya. Dari rantai ini banyak unit molekul terbentuk secara berulang atau disebut dengan monomer. Plastik yang umum adalah terbentuk dari polimer karbon atau sebuah oksigen, nitrogen, clhorine atau belerang di tulang belakang.

Plastik mengalami peningkatan dari penggunaan material alami seperti permen karet (shellac) sampai ke material alami yang didesain dan kombinasi secara alami seperti karet alami (nitrocellulose), sampai ke molekul buatan manusia seperti epoxy, polyvinyl chloride dan polyethylene.

Jika Anda sudah tahu bagaimana Proses pembuatan plastik maka Anda akan lebih jauh lagi mengenal tentang plastik. Agar Anda bisa langsung mengetahuinya maka berikut ini langsung dijelaskan tentang cara membuat plastik dan beberapa hal tentang plastik.

bahan baku plastik

Bahan-Bahan Cara Membuat Kantong Plastik :

  • Bahan Baku
    – Poly Propeylene (PP), adalah bahan dasar yang dipakai untuk memberi hasil atau menghasilkan kantong plastik yang berwarna bening, putih mengkilat dan tidak mudah sobek.– High Decity Poly Ethylene (HDPE), adalah bahan dasar yang digunakan untuk menghasilkan kantong plastik yang berwarna putih keruh. Keistimewaan jenis ini adalah lebar plastik dapat dibuat 1(satu) meter lebih.– Afalan, adalah bahan dasar plastik yang digunakan untuk menghasilkan tall rafia. Afalan berbentuk dari potongan­potongan kecil bulat yang dihasilkan dari sisa- sisa produk yang terbuang / cacat dan diperoleh setelah proses mesin pellet.
  • Bahan Pembantu
    Bahan yang digunakan sebagai bahan pembantu antara lain :
    – Pewarna
    Untuk pewarna, bahan yang digunakan adalah bahan khusus untuk memberi warna pada plastik yang berbentuk kristal kecil- kecil.– Pemutih atau Brightner
    Untuk pemutih, di sini digunakan air biasa.

Mesin Dan Peralatan Untuk Cara Membuat Kantong Plastik :

  1. Jenis Mesin PP, PFI, HDPE
  2. Mesin Tali Rafia
  3. Timbangan
  4. Mesin Pemotong dan Las, Giling Plastik, Pellet
  5. Pengukur Tablet Plastik

Fungsi Dari Masing-Masing Mesin Tersebut :

  1. Mesin jenis PP. PE, HDPF, tali rufia, adalah sejenis mesin yang digunakan untuk memproses bahan baku yang telah dicampur untuk menjadi barang jadi, tetapi masih dalam bentuk/ukuran memanjang.
  2. Dilengkapi dengan sejenis tabung pemanas (Extruder) dan alat pendingin dan alat pengukur ketebalan kantong plastik.
  3. Pemotong dan Las, merupakan alat untuk menentukan atau memotong plastik sesuai ukuran yang diinginkan dan setelah itu dilakukan pengelasan terhadap hasil dari mesin pemotong tersebut.
  4. Giling, adalah jenis mesin yang digunakan untuk memproses barang yang rusak yang dihasilkan dari mesin PP, PE, HDPE. Setelah melalui proses giling, maka akan dihasilkan semacam serpihan. Hasil serpihan yang baik selanjutnya diproses dalam mesin PP sedangkan yang jelek diproses dalam mesin pellet.
  5. Pellet merupakan mesin yang memproses serpihan yang berkualitas jelek dihasilkan mesin giling dan menghasilkan plastik afalan dan akan dipakai untuk bahan dasar tali rafia.
  6. Mikrometer, adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan plastik.
  7. Timbangan, digunakan untuk menimbang bahan baku.

Hasil Produksi :

  1. Kantong plastik jenis PP
    Yaitu kantong plastik dengan ciri bening, putih mengkilat dan tidak mudah sobek.
  2. Kantong plastik jenis PE
    Yaitu kantong plastik dengan ciri putih keruh dan mempunyai panjang lebih dari 1 meter dengan lebar minimal 40 cm sampai 150 cm.
  3. Kantong plastic jenis HDPE
    Yaitu kantong plastik yang berbentuk tas (tas kresek) dengan berbagai macam ukuran dan warna.
  4. Tali Rafia
    Yaitu plastik yang berupa tali dan ini dibuat berasal dari sebuah produk rusak dari PP, PE, HDPE.

Itulah ulasan tentang proses cara membuat kantong plastik  nah sekarang jangan bingung lagi mau di apakan sisa sampah plastik, tenang karena sekarang sudah ada mesin pengolah limbah plastik untuk mencacah sampah plastik anda.

Meski Proses membuat plastik sudah dibuat dengan sedemikian rupa namun tentunya plastik yang memiliki banyak kelebihan ini juga memiliki kekurangan seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Anda sendiri tahu bahwa dalam Proses pembuatan plastik itu juga membutuhkan proses yang lama.

Anda juga dapat melihat artikel berikut cara mengolah sampah rumah tangga untuk lebih memahami tentang arti,manfaat,dan referensi pengolahan sampah lain dari upaya pengolahan sampah .

Selamat mencoba dan semoga artikel cara membuat kantong plastik ini bermanfaat dan membantu Anda ke depannya. semoga bisa mengurangi sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah anda sebagai penyelamat untuk bumi ini.