Tumbuhan yang berkualitas tentu akan menghasilkan buat yang berkualitas,buah yang berkualitas tentu memiliki kandungan vitamin & gizi yang baik juga,karena itu menjaga kesuburan dan kualitas perkembangan tumbuhan sangatlah penting.Terdapat banyak cara untuk menjaga kualitas dari tumbuhan kita salah satunya dengan cara membuat kompos sederhana.

Dengan dibuatnya kompos lalu diberikan ke tumbuhan atau tanah maka akan dapat menjaga dan malah dapat meningkatkan lagi kualitas dari tumbuhan anda.Maka dari itu pada artikel kali ini akan berisi tentang cara membuat kompos sederhana dan mudah yang mampu diterapkan dirumah anda masing masing.

 

Cara Membuat Kompos Sederhana dan Mudah Mantul!!

 

Sebelum masuk ke cara pembuatanya,mari kita ketahui kandungan dari kompos ,bahan bahan dan alat untuk proses pembuatan kompos terlebih dahulu.

Anda juga dapat mengetahui lebih banyak tentang jenis dan pengolahan pupuk kompos  salah satunya pada artikel berikut cara membuat kompos vermikompos .

 

Kandungan Pupuk Kompos

 

Pupuk Kompos memiliki banyak kandungan  yakni unsur hara MAKRO ( N, P, k, Ca, Mg, S ) dan hara MIKRO ( Fe, Cu, Mn, Mo, Zn, Cl, B ).  Namun jika di bandingkan dengan pupuk kimia buatan, kandungan haranya lebih rendah, sehingga diperlukan pupuk kompos yang banyak dalam pengaplikasiannya.

Dan juga, kompos dapat menjadikan tanah menjadi lebih subur dan pada pupuk kompos terdapat  kandungan senyawa organiknya asam humat dan asam fulfat yang bermanfaat  untuk memicu pertumbuhan tanaman kita.

 

 

Alat – Alat Untuk Cara Membuat Kompos Sederhana

  • Wadah yang berukuran besar dengan penutup berupa tong atau ember.
  • Sarung tangan.
  • Sekop.

 

Bahan – Bahan Untuk Cara Membuat Kompos Sederhana

  • Sampah dari sisa makanan mulai dari sayur-sayuran sampai daging busuk.
  • Kertas bekas ataupun tisu yang sudah tak terpakai lagi.
  • Dedaunan dan rumput.
  • Potongan kayu.
  • Bumbu dapur yang sudah kadaluarsa.
  • Bulu hewan yang rontok.
  • Debu dari belakang lemari es.
  • Potongan rambut sampai kotoran hewan peliharaan.
  • Tanah.
  • Air.

 

Cara Membuat Kompos Sederhana

 

  1. Siapkan sampah rumah tangga yang akan Anda olah menjadi sebuah pupuk kompos, semua terkumpul, masukkan dalam ember dan cincang daun kecil- kecil, untuk mempermudahnya bisa dengan menggunakan mesin pencacah kompos
  2. Pisahkan sampah organik berupa sisa makanan atau dedaunan dengan sampah plastik. Sampah organiklah yang nantinya akan Anda gunakan sebagai pupuk kompos.
  3. Siapkan wadah yang berukuran besar untuk bisa membuat pupuk kompos. Jangan lupa juga bahwa wadah tersebut harus dilengkapi dengan penutup supaya pupuk yang Anda buat tidak akan terkontaminasi.
  4. Langkah selanjutnya yaitu masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang telah Anda isi dengan sampah organik. Ketebalannya bisa juga Anda sesuaikan dengan wadah dan juga banyaknya sampah organik.
  5. Siram permukaan tanah tersebut dengan menggunakan air yang secukupnya.
  6. Selanjutnya masukkan sampah organik yang sudah Anda siapkan ke dalam wadah.
  7. Pastikan juga sampah tersebut disimpan secara merata. Sebisa mungkin untuk ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah
  8. Kemudian masukkan lagi tanah ke dalam wadah. Kali ini tanah tersebut berperan sebagai penutup sampah.
  9. Tutup wadah tersebut dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.
  10. Dan Kompos dapat dipakai.

 

Demikian pada artikel kali ini,semoga artikel cara membuat kompos sederhana ini dapat diterapkan ditempat anda semua dengan harapan ilmu ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini