Halo readers, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat kue macaron oreo vanilla yang lezat, sederhana, mudah dan tentu nya juga menarik untuk dihidangkan. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep kue macaron yang lezat menggugah selera ini.

Kalian pasti tidak asing lagi kan dengan kue yang satu ini. Ya kue ini dikenal dengan nama macaron. Macaron adalah kue populer berasal dari Perancis yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Selain bentuknya yang unik dan lucu, macaron memiliki Cita rasanya sendiri yang didominasi oleh rasa gurih almond yang berpadu dengan aneka rasa dari isi tersebut, seperti pappermint, vanila, oreo, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa, green tea dan lainnya. Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan sedikit chewy di dalam. Saat dimakan, terasa langsung lumer di mulut.

Dibawah ini penjelasan tentang pengertian kue macaron yang sangat digemari di Indonesia ini.

Pengertian Macaron

Macaron mempunyai rasa yang gurih dengan aroma almond. Macaron memiliki bermacam-macam rasa seperti cokelat, pappermint, vanila, buah buahan bahkan teh hijau dan lainnya yang membuat kue ini terasa istimewa. Bentuknya yang imut bulat dengan warna yang menarik membuat penasaran untuk mencicipinya.

Untuk membuat kue macaron ini diperlukan kesabaran dan ketelitian, Seperti yang kita ketahui bahwa telur merupakan salah satu bahan kue yang hampir selalu digunakan. Namun Kebanyakan yang diambil hanyalah kuning telurnya saja. Berbeda dengan macaron yang menggunakan putih telur untuk bahan utamanya menggantikan kuning telur yang sering digunakan. Putih telur juga memiliki banyak manfaat lho seperti protein alami, rendah kolestrol, putih telur juga baik untuk yang ingin diet bahkan untuk mencerahkan kulit.

Ciri-ciri macaron yang kurang berkualitas yaitu kuenya berongga, bagian luar dan dalam kue terpisah. Karena bagian dalamnya menempel kuat dengan krim dan warna terlalu mencolok, menggantikan pitsstachio dengan almond pada macaron pistachio agak lebih murah, serta menggunakan ekstrak almond, bukan menggunakan almond bubuk. Karakteristik bubuk lainnya adalah macaron tengik yang tetap dijual, ukuran yang terlalu besar atau isinya terlalu sedikit. Macaron yang berkualitas memiliki bagian luar yang renyah, namun bagian dalamnya bertekstur lembut seperti meringue.

Nah sayangnya nih guys, harga macaron ini masih terbilang mahal di pasaran Indonesia. Tapi tenang saja ya readers, jika kalian ingin merasakan lezatnya kue macaron ini kalian bias membuatnya sendiri dirumah dengan bahan yang sederhana saja lho. Mau tahu caranya ? Yuk intip bahan dibawah ini.

macaron-oreo-vanilla

1. Resep Cara Membuat Kue Macaron Oreo Vanilla

Bahan Membuat Kue Macaron Oreo Vanilla

  • Almond bubuk 150 gram
  • Icing sugar 150 gram
  • Putih telur 100 gram
  • Gula kastor atau gula pasir butiran halus 100 gram
  • Air jeruk nipis 1 sendok teh
  • Pewarna makanan merah, hijau dll (warna sesuai selera) secukupnya

Filling / Bahan Krim

  • Coklat masak putih 100 gram
  • Whipped cream cair 3 sendok makan
  • Pasta vanilla 1/2 sendok teh
  • Biskuit oreo 2 keping, hilangkan krimnya, ambil biskuitnya saja lalu haluskan

Cara Membuat Filling atau Krim

  1. Langkah awal cincang cokelat kemudian tim dengan whipping cream sampai mencair. Kemudian angkat adonan.
  2. Tambahkan pasta vanila dan oreo bubuk, aduk rata. Simpan ke dalam kulkas sampai teksturnya sedikit padat.

Cara Membuat Kue Macaron

  1. Pertama campur almond bubuk dengan icing sugar, ayak 2 kali sampai halus. Sisihkan.
  2. Selanjutnya mixer putih telur hingga berbusa menggunakan mixer roti, kemudian masukkan air jeruk nipis dan gula kastor secara bertahap.
  3. Kocok hingga permukaan soft peak atau kaku (saat baskom dibalik adonan tidak tumpah).
  4. Selanjutnya campurkan hasil kocokan putih telur kedalam adonan almond secara bertahap. Kemudian aduk dengan menggunakan spatula sampai rata dan jangan berlebihan. (Tekstur adonan lembut tapi tidak encer).
  5. Langkah berikutnya bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri sedikit pewarna makanan sesuai selera. Masukkan dalam plastik segitiga.
  6. Tuangkan adonan di loyang yang sudah dialasi kertas roti. Hentakkan loyang agar adonan rata.
  7. Diamkan kurang lebih selama 30 menit sampai permukaan macaron kering (jika disentuh tidak lengket dan tidak menempel di jari).
  8. Terakhir oven dengan suhu 160°C kurang lebih selama 10-15 menit.

Penyajian Macaron Sederhana

  1. Ambil 1 buah macaron, beri filling atau krim secukupnya, kemudian tutup dengan macaron lainnya.
  2. Simpan beberapa saat di kulkas sebelum disajikan agar set.

Tips Agar Kue Macaron Bagus dan Berhasil :

  1. Jangan menggunakan gula halus karena itu akan menghasilkan macaron dengan warna kusam dan bertekstur kasar. Lebih baik menggunakan icing sugar, jenis gula ini bisa di beli di toko bahan kue.
  2. Pastikan mixer roti dan mangkuk adonan dalam kondisi kering, karena dengan adanya air di dalam mangkuk atau mixer roti bisa menyebabkan kocokan putih telur tidak mengembang dengan baik.
  3. Jangan memanggang / mengoven kue ini dalam suhu terlalu panas atau diatas 200 derajat karena akan menyebabkan permukaan kue menjadi retak namun bagian dalamnya masih lembab.
  4. Isi kue macaron dapat diganti sesuai selera masing-masing. Misalnya dengan selai, whipped cream, coklat pasta, cream cheese, butter cream, atau yang lainnya.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat kue macaron oreo vanilla sendiri di rumah. Jika kalian ingin melihat resep camilan yang lainnya, kalian bisa melihat resep membuat tiramisu pada artikel ini. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep kue macaron sederhana di rumah sendiri. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya, Byebye!