Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang Cara Membuat Plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Semoga, di pembahasan kali ini anda akan banyak memperoleh inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman pastinya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Siapa yang tidak kenal dengan plastik?, setiap orang pasti pernah menggunakan barang atau alat berbahan plastik. Misalnya pembungkus makanan, minuman, peralatan kantor, peralatan sekolah, alat-alat rumah tangga dan lain sebagainya.

Mengapa plastik menjadi salah satu produk unggulan?, hal ini disebabkan karena sifat bawan plastik yaitu trasnparan, fleksibel, kuat, tahan lama, dan ketahanan terhadap api yang baik. Selain itu, faktor lainnya yang menjadikan plastik menjadi produk unggul dikarenakan harganya yang terjangkau.

Bagaimana Cara Membuat Plastik?

Cara Membuat Plastik

Bahan pembuatan plastik sendiri adalah kondensasi organik atau tambahan polimer. Plastik adalah istilah yang digunakan untuk mencakup produk polimerisasi sintetik ataupun semi sintetik.

Diantara beberapa jenis polimer, diantaranya ada polimer alami yang termasuk plastik. Plastik sendiri bisa dibentuk menjadi fibersintetik atau film.

Dikarenakan kebutuhan yang semakin beragam, plastik sendiri dibuat dengan variasi yang beragam dalam properti yang sesuai dengan kebutuhan, bahkan ada yang bisa menolerensi panas, keras atau yang lainnya.

Karena kemampuan adaptasi plastik yang bagus serta komposisi dan beratnya yang ringan menjadikan plastik digunakan sebagai bahan baku hampir di semua bidang industri.

Plastik awalnya dibuat dengan penggunaan material alami seperti shellac atau permen karet hingga ke material alami yang dimodifikasi secara alami misalnya nitrocellulose atau karet alami, hingga ke molekul buatan manusia seperti epoxy, polyvinyl chloride, polyethylene, dan lain sebagainnya.

Bahan Pembuatan Plastik Termoseting

Pembuatan Plastik Termoseting

Adalah bahan yang mempunyai sifat tahan terhadap panas. Jenis bahan ini sulit untuk meleleh, susunanya bersifat permanen sama seperti saat pertama kali di cetak. Bila sudah menjadi bahan jadi jika rusak/pecah sulit untuk disambung atau diperbaiki lagi.

Termoseting memiliki ikatan ikatan silang yang mudah dibentuk pada saat dipanaskan. Hal mengakibatkan bahan termoseting menjadi kaku dan keras, semakin banyak ikatan silang, maka semakin kaku dan mudah patah. Jika dipanaskan untuk kedua kalinya, maka akan berakibat rusak atau lepasnya ikatan silang .

Sifat Bahan
  • Tidak fleksibel ( Keras/kaku ).
  • Apabila dipanaskan akan mengeras.
  • Sulit untuk dibentuk kembali.
  • Jika dipaskan akan meleleh.
  • Susah larut dalam pelarut apapun.
  • Tahan terhadap asam basa.
  • Mempunyai ikatan silang antar rantai molekul.
Contoh Bahan

1. Phenol

Phenol terbuat dari meraksikan penol dengan formaldehida. Sifatnya keras, kuat, awet, dan dapat dicetak dengan berbagai kondisi. Bahan jenis ini biasa dipakai untuk bahan pelapis dan laminating pengikat batu gurinda. dan pengikat logam dapat dicetak menjadi tutup botol, kotak radio, tv,kotak,dan tangkai pisau.

2. Resin amino

Yang terpenting ialah formaldehida-melamin dan formaldehida urea. Bahan ini biasa digunakan untuk rumah alat tangga, peralatan listrik, alat pemutus hubungan listrik, dan kancing.

3. Resin furan

Ini berasal dari limbah pertanian seperti biji kapas, tongkol jagung. Resin furan digunakan sebagai pengikat inti pasir, pengeras campuran,

4. Silikon

Bahan silikon mempunyai sifat khas yaitu stabilitas, tahan terhadap suhu tinggi pada waktu yang lama, kedap air dan karakteristik suhu rendah dan listrik yang baik.

5. Ekposida

Digunakan sebagai pengecoran, pelapisan dan perlindungan bagian-bagian kabel listrik, perakat, dan campuran cat. Mempunyai sifat tahan kimia dan stabilitas dimensi yang baik setelah diawetkan.

Itulah ulasan tentang Cara Membuat Plastik. selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi. Dan Platik Juga bisa dimanfaatkan menjadi rupiah dengan cara membuat kerajinan dari limbah plastik.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti