Cara Menabung diRumah Dengan Cepat

cara-menabung-dirumah-dengan-cepatPada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menabung dirumah dengan cepat . Menabung merupakan hal kecil yang mungkin dari sebagian kita orang yang suka beli barang apapun terasa susah dan sulit, karena banyak keinginan yang ingin kita beli dan terkadang juga menabung merupakan hal yang mudah.

Tetapi terkadang menabung di bank muncul beberapa alasan diantaranya merasa malu saat menyetor ke bank karena jumlah nominal uang yang kecil, kemudian menabung di bank proses menyetor dan pengambilan tidak bisa kapan saja harus ke kantor banknya. Mungkin itu beberapa alasan mengapa orang sangat sulit untuk memulai menabung, dengan begitu mereka yang berkeinginan menabung jadi gak punya tabungan dan gagal menyisihkan uang untuk ditabung.

Sebenernya menabung memliliki banyak cara diantaranya menabung dirumah. Sebenarnya modal yang paling penting dan pertama untuk menabung yaitu niat. Tabungan itu nantinya bisa kita simpan untuk saat darurat atau bisa kita gunakan untuk membeli barang yang sedang dibutuhkan atau diinginkan. Tapi, ada kalanya teman-teman hanya punya waktu menabung yang singkat. Atau teman-teman ingin tabungan di rumah lebih cepat terkumpul. Mari simak 6 cara menabung dirumah dengan cepat :

1. Menyisihkan sebagian dari pendapatan diawal bulan

Mungkin banyak dari kita masih salah kaprah dengan metode menabung. Beberapa dari kita  masih memilih untuk menyisakan uangnya di akhir bulan daripada menyisihkannya di awal bulan. Caranya, dengan menentukan nominal tertentu untuk disisihkan di awal bulan.

Dengan begitu, niat nabungmu bisa terlaksana dengan konsisten dan tidak berhenti ditengah jalan. Menabung dengan cara ini cocok bagi kamu yang sudah mendapatkan pendapatan, karena biasanya diawal bulan kamu medapatkan gaji dari pekerjaan kamu.

Misalkan kamu bisa menyisihkan 15% – 30% dari pendapatan untuk ditabung, dengan begitu kamu dapat membatasi pengeluaran setiap bulannya agar terhindar dari hal kekurangan dana di akhir bulan dan menghindari hal-hal atau pengeluaran yang sekiranya tidak perlu maka diperlukan mengetahui berapa total penghasilan dan pengeluaran sehari-harinya.

2. Sistem Menabung Otomatis

Tidak ada salahnya kamu memanfaatkan sistem tabungan otomatis. Hal ini memaksa kamu untuk menabung secara rutin. Saat ini hampir seluruh perbankan resmi di Indonesia menawarkan produk ini. Tidak ada salahnya untuk mempelajari lebih lanjut sistem tabungan otomatis.

3. Membeli barang yang dibutuhkan saja

Menabung merupakan cara seseorang untuk menyimpan uang, tetapi dengan cara mementingkan barang yang dibutuhkan dari apa yang diinginkan maka kamu sudah termasuk orang yang menabung karena kamu menyimpan uang itu untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan bukan hanya barang yang diinginkan.

Karena keinginan bisa ditunda, atau bahkan digantikan dengan keinginan yang lebih besar (seperti tujuan keuangan kamu). Namun, kebutuhan tidak bisa dihilangkan, hanya bisa diatur atau dibatasi. Karena tidak semua sesuatu yang diinginkan memiliki prioritas yang sama.

Pastikan jujur pada diri sendiri dalam memberikan penilaian dan memilih sesuai dengan kebutuhan yang penting. Selain itu, kamu juga bisa menyusun skala prioritas kebutuhan.

Urutkan tujuan penggunaan uang kamu dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuan kamu adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan kamu untuk ditabung.

4. Langsung Menabung Saat Mendapatkan Uang

Sudah hemat, jangan lupakan aturan menabung yang penting ini. Jika teman-teman mendapatkan sejumlah uang, ingat untuk langsung menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Sebaiknya kita melakukan ini di awal, sebelum membawa uang jajan ke sekolah.

Misalnya teman-teman ingin menabung sebesar Rp 2.000 setiap hari, maka tabunglah Rp 2.000 sebelum berangkat ke sekolah. Nanti, jika uang jajan teman-teman masih ada sisanya, bisa ditambahkan ke tabungannya. Ini bisa membuat kita disiplin dalam menabung dan tidak menggunakan uang yang seharusnya kita tabung.

5. Menaikkan nominal tabungan

Mungkin cara ini merupakan cara yang lumayan sulit tetapi tidak terlalu susah juga karena cara ini merupakan cara yang cocok untuk kamu yang awalnya nabung dengan nominal kecil dan terbukti konsisten.

Misalanya kamu yang biasanya nabung dengan nominal uang Rp2.000 per hari karena sudah terbukti konsisten dan rutin maka dapat menaikkan nominal uang mulai dari Rp5.000, Rp10.000 dan seterusnya.

Setiap kali kamu memiliki uang dengan nominal tersebut, sisihkan dan masukkan di celengan atau wadah yang sudah dipersiapkan. Nah, pas di akhir bulan, kamu bisa menyetornya di tabungan rekening agar lebih aman.

Tidak hanya lebih asik, menabung dengan metode ini juga tidak akan terasa. Tahu-tahu tabunganmu sudah banyak saja dan siap digunakan untuk keperluan yang sekiranya perlu banget.

6. Menabung sesuai dengan tanggal

Cara ini merupakan cara menabung yang prinsipnya hampir sama dengan menabung dengan tanggal terbalik hanya saja cara ini nominal uang yang ditabung sesuai dengan tanggalnya.

Misalnya tanggal 1 menabung dengan nominal Rp1.000, kemudian selanjutnya tanggal 2 menabung dengan nominal Rp2000 dan seterusnya.

Jumlah uang yang terkumpul juga nantinya hampir sama dengan menabung uang dengan tanggal terbalik. Tetapi cara ini kurang disarankan buat mahasiswa karena biasanya mahasiswa mendapat uang jajan diawal bulan.

Itulah cara menabung dirumah agar cepat banyak yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang. Dari menabung ini komitmenmu benar-benar diuji, jangan sampai kamu lengah di tengah jalan, selalu ingatlah tujuanmu yang akan diraih di masa depan kelak.

Selain itu, lakukanlah menabung dengan rutin dan disiplin. Tidak peduli seberapa besar setoran tabunganmu, jika tak disiplin akhirnya pun gak akan maksimal dan bisa jadi berhenti ditengah jalan.

Intinya, selalu perhatikan arus pengeluaran dan pemasukan uang, kamu menghabiskan uang untuk apa saja, dan jangan lupa untuk investasi agar tetap memiliki aset di masa depan.