Pada kesempatan kali ini akan menjelaskan Cara Pasang Kabel AC inverter dengan baik dan benar ,

Cara Pasang Kabel Ac Inverter dengan baik dan benar, dan juga Langkah Memasang Ac Split Inverter

Memilih posisi dimana Ac split akan dipasang,tentukanlah letak serta posisi yang terbaik buat Ac split anda.

Persiapkan Ac split inverter  anda yang akan dipasang mulai dari luar unit dan dalam unit (cek semua kelengkapannya), bracket, kabel power supply, remote,Isolasi pipa tembaga,serta pipa tembaga.

Langkah pertama memasang bracket indoor terlebih dahulu agar indoor segera terpasang.

Anda dapat menempelkanya plate breket pada dinding menggunakan fisher atau dengan memakunya dengan paku beton.Posisikan bracket indoor dengan waterpas agar kemiringanya bisa pas

Cara Memasang Ac Split Inverter

Ukuran yang ditentukan untuk pipa Ac adalah 1 pk 0,75 pk atau 0,50 pk berarti harus menggunakan pipa instalasi Ac yg berukuran 1/4 dan 3/8 (apabila semakin besar kapasitas ac, maka semakin besar pula ukuran instalasi pipa Ac yang digunakan). Ukurun pipa juga harus di sesuaikan dengan Pulsa Listrik anda Teknisi Harus tau bagaimana cara menghemat Listrik AC

Kemudian buka 2 buah mur nepel yang berada pada pipa di luar unit dengan menggunakan 2 buah kunci inggris.

Lalu masukan nepel 3/8 pada pipa instalasi Ac yg berukuran 3/8 kemudian lihat pada ujung pipa instalasi Ac,

Apakah pada diameter pipanya terpotong dengan rata? apabila tidak rata maka lakukan pemotongan pada pipa.

Selanjutnya masukan pipa instalasi Ac ini pada lubang penjepit flaring yg berukuran sama dengan pipa Ac yg akan kita flaring, ketinggian pipa yg keluar pada ujung bibir flaring kira-kira 0,2 cm – 0,3 cm.

Lalu pasang pemutar flaring dengan bentuk mata flaring yang kerucut pada penjepit flaring, kemudian putar hingga mengenai pipa instalasi Ac supaya dapat mengembang.

Lakukan hal yg sama pada pipa instalasi ac yg berukuran 1/4.

Pasang pipa instalasi Ac yg telah dipasang nepel ke drat nepel pipa Ac yang keluar dari indoor unit serta sesuaikan sesuai dengan ukurannya.

Lalu kencangkan mur nepel kedua-duanya dengan menggunakan 2 buah kunci inggris agar tidak terjadi ruang kebocoran freon.

Setelah nepel semua terkonek ada satu hal yang mesti wajib dilakukan apabila memasang Ac split inverter yaitu pemvakuman instalasi pipa Ac.

Kalau instalasi pipa sudah divakum dan tidak ada kebocoran,Tutup sambungan nepel dari indoor dengan pembungkus pipa/tharmaflex,

kemudian lilitkan solasi untuk merapatkan pembungkus pipa agar tidak terjadi kondensasi.

Atur letak instalasi pipa Ac supaya kelihatan rapi dan effisien.

Pasang kabel power ini untuk supply listrik kebagian luar unit.

Lalu buka tutup dalam unit, setelah itu lihat pada bagian komponen pcb yang ada pada terminal untuk pemasangan kabel power ke bagian outdoor unit umumnya disitu tertulis 1 dan 2 dan N L,

Ukuran Kabel

Bagi kabelnya gunakan sesuai dengan ukuran pk Ac nya, biasanya standart dari pabrik yaitu ukuran 3 X 2.5 untuk ukuran Ac 1 pk.

Masukan kabel untuk power outdoor unit melalui lubang pipa Ac dan pasang kabel pada terminal yg berada dibagian bawah komponen pcb,

kabel warna hitam pada terminal no 1, kabel warna biru pada terminal no 2, dan kabel warna kuning pada ground, kencangkan dengan menggunakan obeng.

Untuk pemasangan kabel power outdoor unit, buka tutup power suplly outdoor unit yg berada diatas kran valve.setelah selesai melakukan pemasangan instalasi pipa Ac dan pemasangan kabel power supply untuk outdoor unit.

Cara memasang Ac split inverter selanjutnya tinggal  memasang selang analizer ke tempat pentil di outdoor,selanjutnya buka kran  kedua nepel menggunakan kunci L dan hidupkan Ac split inverter tersebut.

Lihat jarum analiser karena inverter menggunakan freon R 410a Tekanan freon yang di rekomendasikan 120 psi s/d 140psi.

Cara Pasang Kabel

Memasang Kabel.

pemasangan kabel yang bertujuan untuk aliran arus listrik AC indoor serta outdoor.

Buka pada bagian samping AC dengan menggunakan obeng, di sana terdapat panel yang akan menjadi tempat untuk menyambungkan kabel.

Perhatikan dengan kabel antara kabel negatif dan positif agar tidak tertukar. jasa service ac jogja siap sedia memperbaiki ac Anda.

Penentukan ukuran kabel sangatlah penting. Besar kawat konduktor harus benar agar bisa mengalirkan tenaga listrik yang dibutuhkan.

Ukuran kabel ditentukan dalam mm2 atas dasar dilakukannya pengukuran luas penampang kawat.

Makin besar penampang kawat makin tinggi arus listrik yang dapat dihantar.

Akan menimbulkan bahaya yang besar apabila kabel yang dipergunakan terlalu kecil dibandingkan dengan kebutuhan arus listrik.

Yang dapat mengakibatkan kabel akan overheated serta menimbulkan  risiko keamanan.

Pemakaian tenaga listrik AC sangat bervariasi, tergantung teknologi yang digunakan.

Satu pengguna merek tertentu pun menawarkan AC dengan pemakaian tenaga listrik yang tentu berbeda.

Ada AC yang pemakaian listriknya standar, ada juga yang hemat energi.

Pemakaian Tenaga Listrik Penyejuk Udara (Air Conditioners) berdasarkan Kapasitas Pendingin

Cara Mudah Memilih Kabel Instalasi AC

  1. Pastikan kabel memiliki tiga kawat didalamnya, yang mana salah satu kawatnya untuk arde.
  2. Kapasitas Penyejuk Udara (AC) 1/2 PK, 3/4PK dan 1 PK, pakai kabel ukuran 3×1,5mm2.
  3. Kapasitas Penyejuk Udara (AC) 1 1/2 PK dan 2PK, pakai kabel ukuran 3×2,5mm2.
  4. Pastikan kabel yang dipergunakan dibuat sesuai dengan SPLN (Standar Perusahaan Listrik Negara)./ SNI ( Standar Nasional Indonesia )
  5. Dan di pasang dengan tehnisi yang propesional.

 

Demikian Artikel Cara Pasang Kabel AC inverter dengan baik dan benar, dan jangan lupa baca artikel cara membuat es lilin Semoga artikel kali ini bermanfaat dan silahkan mencoba nya.