Daur Ulang Kresek Bekas

Daur ulang kresek bekas dapat dimanfatkan menjadi berbagai jenis barang yaitu salah satunya adalah bunga yang indah nan cantik. Siapa yang menyangka, jika kantong plastik atau kantong kresek bekas belanjaan masih memiliki manfaat. Limbah plastik ini pun bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang cantik. Artikel in memuat mengeenai kerajinan limbah plastik kresek yang bisa jadi inspirasimu dan bisa sahabat tiru di rumah dengan bahan sederhana

Seperti dilakukan oleh Sulastri Ningsih, yang mengubah lembaran kresek ini menjadi kerajinan bunga. “Semula anak saya yang masih kecil mengikuti karnaval, saya buatkan buket bunga yang bahannya dari tas kresek,” terang perempuan asal Dusun Jabon, Desa Wonokerto, Kecamatan Plemahan.

Kerajinan dari Limbah Plastik Kresek

bunga plastik

 

Sulastri menjelaskan, untuk kresek yang kotor memang memerlukan proses yang lama. Langkah pertama, kresek yang kotor dicuci. Setelah dicuci, kresek tersebut dijemur. Kresek yang sudah dalam keadaan kering, baru dapat diproses dijadikan bunga. “Agar bunga terlihat seperti yang dijual di pasaran, tas kresek disetrika,” ungkap Sulastri.

Untuk kerajinan dari tas kresek, sebenarnya ia sudah lama membuat usaha tersebut. Di mana kerajinan tersebut berupa suvenir dan aksesoris. Hanya saja, waktu itu, pemasaran tidak semudah saat ini. Melalui media sosial, hasil karya bisa langsung terlihat.

Dengan metode tersebut, rupanya banyak yang tertarik dengan bunga kresek buatannya. Karena banyak yang tertarik, ia pun menjadikan kerajinan tersebut sebagai usaha. Sifat bahan kantong plastik yang tipis, lentur, transparan, serta berwarna-warni memang cocok dijadikan bahan yang murah dan mudah didapat untuk dibuat barang kerajinan tangan utamanya bunga.

“Untuk pembuatan, dibandingkan dengan daun pembuatan bunga jauh lebih memerlukan banyak detail,” jelas Sulastri.

Contohnya bunga mawar, karena memiliki banyak kelopak membutuhkan waktu yang sedikit lama. Agar mirip dengan bentuk aslinya, dalam pembuatan daun memang dibuat gradasi warna.

Kantong plastik yang sudah dibeli ternyata pada akhirnya tetap dibuang dan menjadi sampah. Para pecinta lingkungan mencoba melihat ini sebagai permasalahan sekaligus peluang. Mereka berinisiatif untuk mendaurulang sampah kantong plastik itu jadi sesuatu yang berguna. Kamu sebagai anak-anak muda keren juga harus bisa, agar kamu tak menjadi salah satu penyumbang sampah yang sangat mengganggu lingkungan.

Agar lebih kuat dan kencang, kantong plastik biasanya dipilin dulu menjadi sebuah tali, selanjutnya bisa dianyam, dirajut, atau teknik sambung lainnya

www-1millionwomen-com-au

Kantong imut kece ini bisa digunakan untuk menyimpan ponsel dan uang. 100% berbahan keresek rajutan!

thecraftgroupplus-blogspot-com

Rapi banget kayak rajutan benang kan? via thecraftgroupplus.blogspot.com

3. Kamu yang berjiwa seni jangan segan untuk berekspresi! Keresek bekas yang warnanya bagus bisa kamu sulap jadi karya semacam ini

travellersteph-blogspot-com

4. Kelihatan masih agak kasar sih hasilnya, tapi tas keresek ini tetap cantik dan elegan kok kalau udah dipakai

blog-etsy-com

5. Kantong plastik juga nggak kalah cantik kalau dibuat menjadi tempat botol. Ini buktinya!

www-crafthubs-com-w

6. Keranjang bunga atau buah dari bambu sih udah mainstream banget, kalau yang dari keresek udah pernah punya atau nyoba bikin belum?

becreativehobbies-blogspot-com

7. Ini cantik! Udah pantes kalau mau dipakai kondangan ke nikahannya mantan atau acara-acara resmi lainnya

rickthompson-com-k

8. Nggak jauh beda sama envelope bag berbahan manik-manik, yang bahannya dari keresek doang juga nggak kalah ciamik

skygunclose-wordpress-com

9. Boleh juga kalau kamu iseng bikin bola-bolaan dari keresek bekas, lumayan buat ngilangin stres pas lagi bosan di kost’an 🙂

10. Kalau yang ini butuh banyak kereseknya, pilih yang cukup tebal juga biar nggak rusak pas diduduki

www-instructables-com

11. Paling keren nih! Ini bukti kalau kecantikan keresek bekas itu benar-benar nyata bergantung tangan siapa yang menyentuhnya

www-crafthubs-com-e

12. Buat kamu yang punya adikk atau anak perempuan, coba deh bikinin baju Barbie dari keresek. Nggak kalah glamour, kok!

www-youtube-com-o

13. Jangan lupa dibikin figura juga, pasang foto yang tersayang disana agar selalu terkenang selamanya

irational-org

sahabat juga bisa baca artikel sebelumnya berjudul