Kerajinan dari Bahan Sabut Kelapa

kerajinan dari bahan sabut kelapa yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengurangi limbah dan menambah nilai jual pada sabut kelapa.

Tidak hanya bisa dijadikan kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional, kerajinan tersebut juga bisa dijadikan bisnis, yang bisa menghasilkan uang.

Terlebih, kini beberapa kerajinan dari sabut kelapa yang estetik itu, sangat dicari dan berharga tinggi.

Memangnya, apa yang membuat kerajinan yan terbuat dari sabut kelapa dicari dan beberapa di antaranya memiliki harga tinggi? Padahal cuma terbuat dari sabut kelapa?

  • Sabut kelapa memiliki struktur yang kuat, sehingga awet dan tahan lama jika dijadikan sebuah kerajinan.
  • Warna sabut kelapa berwarna coklat, membuatnya memberikan kesan natural.
  • Saat ini, sedang muncul tren tema rustik, natural, hingga vintage, sehingga kerajinan dari sabut kelapa sangat cocok untuk dijadikan hiasan tema tersebut.
  • Tahan degradasi dan air laut.

Nah, penasaran bukan, bisa dijadikan kerajinan apa saja sih sabut kelapa ini? Yuk, intip 5 kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional berikut ini.

Kerajinan dari Sabut Kelapa

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang pertama adalah tali rami. Kerajinan sabut kelapa yang satu ini juga menjadi salah satu kerajinan yang paling dicari, karena sedang tren.

Tren kerajinan vintage, memang memiliki keindahan tersendiri, karena bisa memberikan kesan natural.

Sehingga, banyak orang yang membuat kerajinan vintage untuk dijual ataupun membuatnya untuk digunakan sendiri.

Nah, salah satu perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan vintage adalah tali rami ini.

Kamu bisa gunakan tali rami untuk mengikat kado, tempat menggantungkan foto, aksesoris, proyek DIY, hingga untuk bahan kreatif lainnya

2. Keset Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang selanjutnya, serta  sedang banyak dicari juga adalah keset sabut kelapa. Bahkan, banyak pembeli keset sabut kelapa berasal dari Jakarta.

Hal tersebut dikarenakan, belum lama ini telah viral berita tentang ular atau anak ular yang banyak keluar dari sarangnya. Sehingga membuat beberapa masyarakat kota, gelisah akan berita viral tersebut.

Namun, spa hubungannya ular dengan keset sabut kelapa?

Ternyata, keset sabut kelapa disebut bisa mencegah ular masuk rumah, karena ular takut dengan sabut kelapa.

Hingga saat ini, beberapa pengrajin keset sabut kelapa, omzetnya mendongkrak.

Keset sabut kelapa juga memiliki model dan ukuran yang bervariasi. Bahkan, semakin besar keset, maka tingkat kesulitan akan lebih besar dan tentunya lebih mahal.

Agar memberikan kesan estetik, beberapa hotel dan restoran juga menggunakan keset sabut kelapa, ketimbang keset dari karet. Keset sabut kelapa juga dinilai lebih awet dan tahan lama.

3. Sapu Sabut Kelapa

Masih sanggup bertahan di era milenial, kerajinan dari sabut kelapa yang satu ini, memang memiliki kesan jadul tapi sangat fungsional. Ya, sapu yang terbuat dari sabut kelapa, masih tak mau kalah dari sapu-sapu modern saat ini.

Sebagian besar masyarakat mungkin masih menggunakan sapu sabut kelapa, dengan alasan kotoran debu lebih mudah dibersihkan, lebih murah, tahan lama, hingga lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, kini sapu modern kebanyakan terbuat dari bahan plastik sintetis, yang tidak tahan lama. Selain harganya lebih mahal, sapu plastik juga tidak ramah lingkungan.

Sedangkan harga sapu sabut kelapa dibanderol mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja.

Apalagi jika kamu langsung membelinya di lokasi pengrajin, kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang lebih murah, ketimbang sudah berada di warung atau toko.

4. Pot Tanaman

Buat kamu yang suka bercocok tanam, dan menyukai tanaman, sepertinya kamu wajib punya salah satu kerajinan dari sabut kelapa ini. Ya, pot tanaman dari sabut kelapa.

Selain menjadi pot, sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai media tanaman, jadi tidak perlu menambahkan tanah lagi, atau bisa menggunakan cocofiber.

Tanaman yang biasanya menggunakan pot tanaman dari sabut kelapa ini adalah bunga anggrek.

Selain itu, pot yang memiliki warna dan bahan yang menyatu dengan alam, membuatnya jadi terlihat lebih indah, cantik, dan natural.

5. Ring Dekorasi

Kamu suka mendekorasi rumah, acara ulang tahun, atau pernikahan dengan tema rustik dan vintage? Sepertinya, kerajinan dari sabut kelapa berbentuk ring dekorasi ini, wajib dimiliki.

Selain menambah kesan estetika, ring dekorasi juga bisa ditambahkan dengan dekorasi lainnya. Misalnya, ditambah bunga kering, ditambah inisial nama, dan lain-lain.

Ring dekorasi juga bisa digunakan untuk wadah seserahan, wadah perhiasan pernikahan, hingga panjang depan pintu. Harganya juga cukup terjangkau, ketimbang ring dekorasi yang terbuat dari akar rotan.

Ring dekorasi kerajinan dari sabut kelapa ini, bisa dibanderol mulai dari Rp9.000 hingga puluhan ribu rupiah. Jadi, selain cantik, beragam kerajinan dekorasi dari sabut kelapa ini, tergolong murah.

Beberapa Kerajinan dari Sabut Kelapa MahalÂ

Selain lima kerajinan dari sabut buah kelapa yang estetik, fungsional, dan murah di atas, ternyata ada kerajinan yang bisa digolongkan sebagai produk mahal loh.

Beberapa produk kerajinan tersebut juga tergolong produk besar, seperti jok mobil, sofa, hingga kasur. Selain itu, kebanyak produk sabut kelapa ini juga diekspor ke Tiongkok.

Maka dari itu, hanya dengan sabut kelapa, para pengrajin bisa meraup omzet hingga miliaran rupiah. Bahkan, omzet yang dihasilkan bisa melebihi ekspetasi, karen produk sabut kelapa dari pengrajin di Indonesia sangat berkualitas.

Nah, itu dia beberapa kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional. Selain untuk digunakan sendiri, kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa ini, juga bisa dijadikan ladang bisnis loh, apalagi buat kamu yang suka dengan gaya vintage dan rustik.