Assalamu’alaikum gaes.. Kembali lagi kita mengulas tentang kerajinan tangan, karena coba kita fikirkan apa yang bakalan terjadi jika teramat banyak benda-benda yang tak ternilai, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh mencari contoh, mari kita berkreasi dengan cara membuat kerajinan dari plastik.

Pemerintah suadah berupaya dengan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar tidak mencemari lingkungan, tetapi banyak masyarakat yang acuh tak acuh  dengan masalah tersebut.

Masyarakat sendiri adalah  perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam,

Bagaimana manusia merusak alam? ambil contoh mudah saja misal ditaman banyak orang yang sudah selesai makan membuang bungkus sesukanya.

Itu hanya salah satu contoh bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap lingkungan. Kebiasaan ini sudah terlihat dari kecil,hal ini dikarenakan lingkungan yang mempengaruhi sikap mereka.

Limbah plastik, meskipun sudah disebut sampah,masih bisa diubah menjadi  barang yang bermangfaat. Salah satu bentuk pemangfaatkan sampah tersebut kita kenal dengan  daur ulang (recycle).

Kegiatan mendaur ulang sampah merupakan tindakan positif terhadap kepedulian terhadap lingkungan.

Beberapa orang dapat menyulap benda yang menimbulkan berbagai masalah ini menjadi barang bermangfaat bahlan bernilai jual.

Berikut Ini Kerajinan Dari Plastik Yang Bernilai Jual

kerajinan dari plastik

1. Karya Dari Botol Bekas

kerajinan dari plastik

Botol bekas wadah minuman, botol bekas pewangi pakaian, maupun botol bekas pembersih lantai dapat Anda manfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik. Asal ada kemauan untuk membuatnya menjadi lebih kreatif maka akan mendatangkan sebuah keuntungan yang besar juga.

Seperti botol bekas minuman ternyata bisa Anda jadikan sebagai kerajinan tangan berupa pot bunga. Dari pada di buang sembarangan begitu saja, mending botol-botol plastik bekas Anda jadikan sebagai alat yang sederhana dan cukup mendapatkan sebuah rupiah.

Selain itu, botol bekas juga dapat dirubah menjadi kado untuk orang-orang yang sangat Anda cintai. Tentunya limbah sampah botol plastik bekas  yang harus Anda hias dan Anda jadikan kerajinan yang sangat menarik.

2. Kerajinan Tangan dari Sedotan Bekas

Jika Anda sering melihat limbah sedotan bekas minum di buang begitu saja, lebih baik Anda jadikan sedotan tersebut menjadi kerajinan tangan yang unik. Salah satunya menjadikan sedotan kerajinan tangan untuk menjadi lampu kamar.

Sedotan memiliki warna yang begitu bervariasi. Sehingga itu dapat menjadikan berbagai macam warna dan menjadikan sedotan tampak lebih indah dan menawan tentunya.Sedotan juga bisa dijadikan hiasan.

3. Kerajinan Tangan Dari Sendok Plastik Bekas

Mungkin pada awalnya Anda mengira bahwa lampu hias ini terbuat dari bahan bahan yang sangat modern. Padahal siapa sangka bahwa lampu ini merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari sendok plastik bekas.

Untuk mendatangkan sebuah warna kuning, tentunya sendok harus di cat kembali sebelum menjadi seperti lampu. Setelah dicat akan menjadikan sendok lebih bervariasi dan menarik. Serta mempunyai suatu daya tarik sendiri.

Bahan Kerajinan Kreatif

Mendaur ulang sampah dan barang-barang yang bekas merupakan cara yang paling banyak dilakukan untuk memanfaatkan sebuah sampah anorganik. Dengan demikian, beban lingkungan dapat bisa dikurangi.

Bahkan, kerajinan dari limbah sampah plastik bisa memiliki nilai ekonomis dengan menjadikannya sebagai komoditas yang diperjual-belikan. Serta untuk menambah penghasilan masyarakat. Kerajinan limbah plastik banyak ragamnya.

Contoh kerajinan berbahan limbah sampah adalah tas, dompet, dan tikar yang dibuat dari limbah bungkus atau botol plastik bekas kemasan deterjen, pewangi pakaian, sampo, dan sebagainya. Sebuah kerajinan limbah plastik bisa dibuat berbagai penanganan limbah padat.

Itulah ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti