Pada artikel ini saya akan membahas tentang macam macam kayu kalimantan yang terkenal tahan rayap. Kalimantan memang surganya jenis-jenis kayu yang terkenal kuat dan tahan rayap. Jika kamu mencari jenis kayu terbaik maka pilih-lah kayu yang berasal dari Kalimantan. Beberapa jenis kayu dari kalimantan juga telah menjadi komoditi ekspor ke berbagai negara dan menjadi salah satu penyumbang penghasilan terbesar negara. Kayu dari kalimantan dapat diolah menggunakan mesin bubut kayu maupun dibiarkan seperti bentuk aslinya untuk menjaga eststika dari kayu tersebut.

 

Apa Saja Macam Macam Kayu Kalimatan?

Berikut ini adalah macam macam kayu  kalimantan yang tidak perlu diragukan lagi ketahanan dan kualitasnya.

macam macam kayu kalimantan - kayu bengkirai

1.  Macam Macam Kayu Kalimantan : Meranti

Kayu meranti mempunyai beberapa jenis diantaranya meranti merah, putih dan kuning. Karena kekuatannya, kayu meranti merah biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan kapal. Sedangkan kayu meranti putih biasanya lebih sering digunakan sebagai bakan baku veneer atau kayu lapis. Untuk kayu meranti kuning mempunyai permukaan yang paling halus jika dibandingkan dengan meranti merah dan putih.

 

2.  Macam Macam Kayu Kalimantan : Ulin

Kayu ulin dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 35 meter dan diameter batang 1 meter. Kulit luar dari kayu ulin memiliki warna coklat kemerahan hingga coklat tua. Penggunaan kayu ulin sangat bervariasi mengingat tingkat kekerasannya yang sangat tinggi. Kayu ini sering digunakan sebagai bahan bangunan seperti tiang dan balok kerangka bangunan rumah maupun jembatan.

 

3.  Kayu Bengkirai

Pada saat masih menjadi pohon tingginya bisa mencapai 50 meter dengan diameter 100 cm lebih. Warna kulit pohonnya adalah kelabu, merah dan coklat dengan tampilan beralur mengelupas kecil kecil. Kayu bengkirai lebih sering digunakan dalam proyek pembuatan jembatan, bantalan tiang listrik, bangunan hingga perkapalan.

 

4.  Kayu Balau

Pohon kayu balau bisa memiliki ketinggian hingga 20 meter dengan diameter 160 cm. Walaupun termasuk pohon yang rendah namun pohon memiliki diameter yang lebih besar daripada kayu lainnya. Warna kayu teras balau adalah coklat muda atau kuning dan kayu gubalnya adalah lebih muda. Tekstur kayunya lebih halus dibandingkan kayu bengkirai dan beberapa bagian agak kasar. Permukaannya juga menampilkan tampilan yang lebih mengkilap.

 

5.  Kayu Keruing

Pertumbuhan pohon keruing bisa mencapai 50 meter dan diameter hingga 120 cm. Ciri yang paling kentara dari kayu ini adalah warna terasnya coklat merah, atau coklat kelabu. Bagian kayu gubal memiliki warna kuning atau coklat semu. Permukaan kayu memiliki tekstur yang kasar. Sebagai kayu dengan kualitas awet dan kuat kayu ini sering digunakan sebagai konstruksi bangunan, rangka lantai dan dinding. Namun jika Anda menggunakannya pada daerah sangat lembab dibutuhkan pengawetan dari obat anti serangga dan jamur.

 

6.  Kayu Merbau

Kayu merbau adalah salah satu favorit yang saat ini sudah cukup jarang ditemukan. Merbau memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis kayu lainnya.

Pohon kayu merbau bisa tumbuh hingga ketinggian 40 meter dengan diameter batang pohon 100 cm. Bagian kulit luarnya berwarna kelabu atau coklat muda tergantung umurnya

 

7.  Kayu Kapur

inggi pohon kayu kapur bisa mencapai 35 hingga 45 meter dan diameternya mencapai 80 cm. Ciri utama kayu dapat dilihat dari warnanya. Kayu bagian teras memiliki warna merah atau coklat sedangkan warna kayu gubal coklat hampir putih. Tekstur kayu teras lebih besar sedangkan untuk bagian gubal memiliki tekstur yang licin. kayu kapur sering digunakan sebagai konstruksi rumah namun juga banyak digunakan dalam industri mebel karena kemudahannya untuk dipotong.

 

Itulah macam macam kayu kalimantan. Mungkin masih banyak lagi jenis-jenis kayu kalimantan yang tidak dapat saya jelaskan satu per satu. Intinya jagalah keberlangsungan hidup bermacam macam kayu di indonesia agar spesiensnya tidak terancam kepunahan. Sekian artikel tentang macam macam kayu kalimantan yang dapat saya sampaikan, jangan lupa share dan semoga artikel ini bermanfaat.