\Di setiap tanggal 21 November selalu diperingati sebagai Hari Pohon Nasional Se-dunia. Peringatan ini sekaligus untuk menghormati jasa J. Sterling Morton.

manfaat batang pohon kelapa

seorang pecinta alam asal Amerika, yang gigih menyuarakan gerakan menanam pohon, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat batang kelapa.kalian harus tau cara membuat cocopeat

Manfaat Batang Pohon Kelapa

manfaat batang pohon kelapa

Batang Kelapa

Seperti yang sering kalian lihat batang pohon kelapa memiliki rata-rata tinggi yaitu 25 meter dan kebanyakan batang pohon kelapa pasti terlihat miring. Hal itu terjadi karena pohon tersebut mengandung silikia yang bisa memberikan efek elastisitas batangnya.

Batang pohon kelapa biasanya digunakan untuk membuat jendela, pintu dan lemari. Sedangkan bentuk lain yang terbuat dari batang pohon adalah kertas, jadi gunakan kertas tersebut sebaik mungkin.mesin pengolah sabut kelapa.

dan ada juga manfaat lain dari pohon kelapa, kali ini saya juga akan membahas manfaat pohon kelapa bagi manusia

Manfaat Pohon Kelapa

manfaat pohon kelapa

1. Akar

 

Dimulai dari akarnya. Kalo kamu perhatikan, akar kelapa berbentuk seperti rambut karena terdiri dari ribuan akar tipis yang tumbuh keluar dari permukaan tanah.  Dan hanya beberapa akar tipisnya yang menembus jauh ke dalam tanah.

Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari akar kelapa ini. Jika kamu merebus akar kelapa tersebut dan setelah disaring dan kamu minum, dapat membantu berbagai keluhan pencernaan ataupun gatal-gatal.

Lalu karena sifatnya yang mampu menyerap air dalam jumlah yang banyak, bisa menjadi pilihan untuk mencegah banjir, Banyak gedung-gedung yang dibangun juga menggunakan akar kelapa karena mempunyai struktur yang kuat.

sehingga dapat digunakan untuk penyangga bangunan atau sering disebut cakar ayam. Dan pada umumnya akar kelapa juga digunakan sebagai bahan untuk prakarya seperti membuat gelang, kalung.cara membuat minyak dari kelapa

2. Daun

 

Kamu semua pasti tau bentuk dari daun kelapa yang merupakan daun tunggal besar dan menyirip. Daun kelapa ternyata memiliki banyak kegunaan antara lain jika daun kelapa muda dapat digunakan sebagai pembungkus makanan .

seperti seperti ketupat atau lemet, Sementara daun kelapa yang sudah tua dapat dijadikan anyaman untuk atap atau dinding rumah, Tidak berhenti sampai disitu Daun kelapa yang kering bisa digunakan untuk membuat prakarya.

contohnya tikar, topi, ataupun tas. Batang daunnya juga dapat digunakan untuk membuat sapu.

3. Air Kelapa

 

manfaat yang ini pasti favorit kebanyakan orang, Air kelapa yang sering kita minum, apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya, ternyata mempunyai khasiatnya tersendiri.

Air kelapa dapat menjadi penyeimbang elektrolit dalam tubuh dan juga pembersih alami ginjal kita. Selain itu, bagi kamu para wanita, dipercaya air kelapa dapat menghilangkan jerawat-jerawat yang ada di muka kamu.

Tidak berhenti sampai disitu, khasiatnya masih banyak lagi, diantaranya menyembuhkan luka bakar, membersihkan air ketuban, mencegah uban dan dehidrasi.

Beberapa negara seperti Thailand dan Sri Lanka menggunakan air kelapa sebagai bahan utama pembuatan sirup.

4. Daging Kelapa

 

Ini juga bagian favorit semua orang karena rasanya yang manis dan empuk saat dimakan. Dan jika daging kelapanya sudah tua, pasti ibu kamu akan langsung memakainya untuk dijadikan santan masak.

fungsi lainnya, kalau kamu sering lihat minyak kelapa yang ada di supermarket itu berasal dari daging kelapa karena daging kelapa memilki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak biasa.

Selain itu, buat kamu para wanita, ternyata kelapa itu baik untuk kecantikan rambut kamu loh. Minyak kelapa merupakan kondisioner yang bagus untuk rambut.

Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus. Untuk balita, minyak kelapa juga bagus saat kamu memijat bayi karena baik bagi kesehatan kulit sang balita.

5. Tempurung Kelapa

Setelah kamu meminum air kelapa dan memakan dagingnya, pasti kamu akan langsung membuang tempurung kelapanya. Padahal ternyata tempurung kelapa tersebut punya khasiat tersendiri.

Selain dapat dijadikan alternatif pengganti arang untuk memasak, tempurung kelapa juga dapat diolah sebagai filter rokok dan juga menjadi bahan kerajinan tangan.

6. Bunga Kelapa

 

Banyak dari kalian yang asing dengan bunga kelapa, karena mereka baru mekar ketika berusia 4 tahun sampai 6 tahun dan jarang kamu temui. Padahal bunga kelapa dapat menjadi bahan pembuatan cuka ataupun alkohol.

Selain itu juga dapat menjadi bahan obat-obatan tradisional maupun bahan kerajinan tangan