Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. Minyak kelapa untuk diet bisa membaca artikel ini dari awal sampai akhir 100% ampuh.

Minyak Kelapa Untuk Diet

minyak kelapa untuk diet

 

 

Manfaat Untuk Diet Ampuh Turunkan Berat Badan

Diet secara alami pun juga memiliki banyak macam. Satu bahan alami yang bisa diterapkan yaitu menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan satu jenis minyak yang memiliki lemak baik dan tergolong ramah bagi tubuh.

Mudah diserap tubuh

Kandungan medium chain triglycerides yang dalam minyak kelapa merupakan suatu keistimewaan.

Lemak ini bisa diserap dengan mudah di dalam saluran pencernaan dan langsung disalurkan ke dalam hati untuk menghasilkan energi, sehingga tidak menumpuk di area perut.

Meningkatkan metabolisme

Minyak kelapa mampu membantu merangsang metabolisme dan meningkatkan energi di dalam tubuh.

Ketika metabolisme tubuh meningkat, kemampuan tubuh untuk membakar lemak juga akan semakin besar, sehingga semakin sedikit penumpukan lemak di dalam tubuh dan berat badan tetap stabil.

Mengurangi nafsu makan

Minyak kelapa diyakini mengandung suatu zat yang memiliki efek menurunkan nafsu makan.

Ketika nafsu makan juga akan ikut menurun, asupan kalori ke dalam tubuh juga menurun.

Dengan begitu, peningkatan berat badan pun bisa dikendalikan

Mengurangi lemak di perut

Minyak kelapa bisa membantu mengurangi timbunan lemak di perut.

Menurut penelitian, minyak kelapa mengandung lemak sehat yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar kolesterol total, lemak jahat (LDL), dan trigliserida, serta mengurangi lemak di sekitar perut.

Berbagai macam diet dilakukan oleh banyak orang untuk menurunkan berat badan atau untuk mempertahankan berat badannya. Ya, memang tidak mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, minum minyak kelapa mungkin bisa menjadi salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

Benarkah minum minyak kelapa dapat menurunkan berat badan?

Minyak kelapa mengandung jenis lemak jenuh yang sehat, yaitu asam laurat. Minyak kelapa ini diekstraksi dari buah kelapa segar yang mengandung sejumlah asam lemak rantai sedang yang relatif besar, sehingga tidak mudah tersimpan dalam jaringan lemak seperti asam lemak rantai panjang. Hal inilah yang membuat minyak kelapa dapat membantu menurunkan berat badan. Mengapa?

Karena asam lemak dalam minyak kelapa membutuhkan energi yang lumayan tinggi untuk dapat dicerna tubuh. Sehingga, hal ini dapat mendorong tubuh untuk membakar energi lebih banyak. Akibatnya, berat badan Anda dapat turun.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 1996, mengonsumsi 15-30 gram (1-2 sendok makan) asam lemak rantai sedang per hari dapat meningkatkan pemakaian energi sebesar 5% atau sekitar 120 kalori per hari.

Apakah ada efek samping dari minum minyak kelapa?

Walaupun memang tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna lemak yang terkandung dalam minyak kelapa, namun, minyak kelapa juga mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi. Bahkan, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan minyak babi. Hal ini tentu justru dapat meningkatkan berat badan Anda, jika dikonsumsi berlebihan. Beberapa penelitian jangka panjang juga telah mengaitkan minyak kelapa dengan kesehatan jantung.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi minyak kelapa, sebaiknya tidak dalam porsi yang banyak. Minum minyak kelapa dalam jumlah banyak hanya akan memberi tambahan kalori pada tubuh Anda. Ini juga bisa memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak lebih banyak, yang justru akhirnya dapat menambah berat badan Anda.

 

Hanya segitu saja yang saya beritahu supaya artikel ini bermanfaat
Jangan Lupa baca artikel lain disini