Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai macam macam motif batik tradisional yang menarik dan cantik.

Indonesia dan batik, memang 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Batik adalah kain khas Indonesia yang telah digunakan sejak dahulu kalaMotif Batik Tradisisonal.

Batik Tradisional

Diartikan sebagai menulis atau melukis. Umumnya masyarakat Indonensia hanya mengenal batik itu hanya berada di Pulau Jawa saja, namun ternyata batik kini ada di berbagai daerah.

Batik merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. Berbagai daerah kini berlomba melestarikannya. Batik daerah disesuaikan dengan corak budaya dan ciri khas masing-masing daerah.

Membatik ternyata tidak mudah membuat batik perlu ketelitian, ketika saya SMA saya mendapat tugas untuk membuat batik pada kain yang di berikan oleh guru saya.

Ketika membuat batik harus dengan konsentrasi agar ketika menaruh lilin dengan lilin dengan centang tidak berantakan.

Bahkan Motif batik memiliki perkembangan yang cepat dan dapat di modifikasi dalam berbagai model fashion. Batik bukan hanya terkenal di Indonesia saja tetapi terkenal  di Negara – Negara lainnya.

Mengenal Macam Macam Motif Batik Tradisional

Macam Macam Motif Batik Tradisional

Bicara soal batik tak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai ragam motif batik yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut beberapa motif batik yang populer di Indonesia.

1. Batik Megamendung

Batik Megamendung adalh motif kain batik khas daerah Cirebon. Motif batik tersebutsangat khas dengan bentuk awan besar berwarna cerah dan mencolok. Pada umumnya ada beberapa warna yang digunakan pada batik Megamendung adalah biru, merah tua, ungu, dan hijau tua.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Pekalongan ialah salah satu daerah yang terkenal sebagai daerah pengrajin batik dan pusat batik. Ada banyak motif batik yang elegan banyak dihasilkan di kota Pekalongan.

Ciri khas batik Pekalongan yaitu didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Batik tersebut akan sangat cantik apabila dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

3. Batik Parang Rusak

Motif batik ini pasti sering sekali kalian lihat. Motif batik Parang Rusak adalah motif batik yang sangat terkenal di kalangan pecinta batik.

Batik ini memiliki arti mendalam, yakni peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup. Batik tersebut sangat sering digunakan untuk berbagai kerajinan berbahan batik.

4. Batik Keraton

Batik Keraton merupakan batik yang awalnya dibuat oleh para putri dan pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton.

Motif batik Keraton ini sangat kental dengan nuansa elegan, sakral dan sarat akan filosofi kehidupan. Karenanya, dulu batik Keraton hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja.

5. Batik Priyangan Tasikmalaya

Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki corak yang rapat, rapi, dan berkelas. Dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi identitas utama batik Priyangan.

6. Batik Lasem

Batik Lasem merupakan batik yang berasal dari daerah bernama Lasem yang letaknya di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mempunyai ciri khas warna merah menyala. Hal ini dikarenakan batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina.

7. Batik Bali

Ragam batik khas Pulau Dewata ini juga tak kalah populer, lho! Motif batik Bali banyak terinspirasi dari berbagai hewan.

Seperti kura-kura, burung bangau, dan rusa. Keberagaman warna yang digunakan pada batik Bali juga dominan warna cerah, seperti biru, kuning, dan ungu.

8. Batik Pring Sedapur Magetan

Batik Pring Sedapur Magetan adalah pilihan batik dengan motif sederhana dan simpel. Walaupun begitu, batik Pring Sedapur sarat akan makna filosofis.

Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar tanaman bambu yang mengandung arti hidup rukun dan tentram.

Itulah ulasan mengenai macam macam motif batik tradisional. Semoga bermanfaat.