Resep Ayam Rica-Rica-Merupakan resep masakan yang berbahan dasar berupa daging ayam dan juga cabai sebagai bumbu pelengkapnya, disini teman-teman akan menemukannya beserta dengan resep dan manfaatnya juga, loh!

Resep Ayam Rica-Rica

resep ayam rica-rica

Bahan-Bahan :

  • 1/2 ekor ayam
Bumbu Halus:
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 bh kemiri
  • 12 cabe rawit merah
  • 8 cabe merah keriting
  • 1 ruas Kunyit
  • 1 ruas jahe
  • secukupnya Ketumbar
  • 1 bh tomat
Bahan Pelengkap:
  • 2 lbr daun salam
  • 2 lbr daun jeruk
  • Sereh
  • Lengkuas, digeprek
  • Air
  • Cabe rawit, di iris (optional)

Langkah-Langkah :

  1. Cuci bersih ayam. Lalu rebus ayam dengan menambahkan jahe digeprek, kunyit digeprek dan garem. (didicemplungin ke air rebusan. kalau ini namanya bumbu simple menghemat gas dan waktu tapi tetep enak). Lalu tiriskan.
  2. Blender bumbu halus dan siapkan minyak goreng untuk menumis.
  3. Tumis bumbu halus. Apabila udh sedikit wangi masukan daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas. Tumis hingga harum.
  4. Masukan ayam, aduk rata dan tambahkan air secukupnya. Tunggu air agak menyurut. (jika ingin tambah pedes bisa diberikan cabe rawit diiris)
  5. Lalu siap disajikan.

Manfaat Ayam Untuk Kesehatan

resep ayam rica-rica

1. Pembentukan Otot

Daging ayam mengandung protein, tepatnya asam amino. Hal ini lantas menghasilkan manfaat ayam untuk membantu memaksimalkan pembentukan otot tubuh.

Protein adalah zat yang memang salah satu fungsinya adalah untuk membentuk dan menguatkan otot-otot tubuh. Dada ayam adalah bagian daging ayam yang paling banyak mengandung protein, yakni sekitar 25 gram.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain bisa untuk membantu pembentukan masa otot, kandungan dari daging ayam yang berupa protein juga bisa untuk membantu menurunkan berat badan untuk teman-teman yang sekarang sedang menjalani diet.

Manfaat daging ayam untuk membantu menurunkan berat badan ini juga dikarenakan adanya protein yang mampu untuk memberikan efek kenyang yang cukup lama, jadi teman-teman sangat untuk bisa menekan frekuensi makan supaya membantu menjaga berat badan tubuh.

3. Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

Hal ini dimungkinkan dikarenakan pada daging ayam ada kandungan zat yang disebut dengan tryptophan. Zat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi serotonin pada otak. Serotonin inilah yang kemudian berperan supaya memberikan efek nyaman serta tenang kepada tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B6 yang terkandung didalam daging ayam juga berfungsi supaya meningkatkan metabolisme pada tubuh. Vitamin ini juga berperan supaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi dari sistem saraf pusat.

Tubuh yang sehat ditunjang oleh metabolisme yang baik. Oleh sebab itu, tingkatkan metabolisme tubuh Anda dengan cara mengkonsumsi daging ayam ini salah satunya.

5. Menurunkan Kolesterol

Selain vitamin B6, pada ayam juga terkandung vitamin B3 atau niacin. Hal ini menghasilkan manfaat ayam untuk menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’.

Manfaat daging ayam yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol ‘jahat’ ini menjadikannya makanan yang patut untuk Anda konsumsi secara rutin. Pasalnya, kolesterol ‘jahat’ jika terus menerus dibiarkan akan berakibat pada munculnya gangguan kesehatan, salah satunya penyakit kardiovaskular seperti jantung.

6. Meminimalisir Risiko Kanker

Sementara itu, kandungan gizi ayam berupa zat antioksidan bernama selenium efektif untuk menghalau serangan radikal bebas. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan tubuh karena sebagaimana diketahui, radikal bebas menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang kemudian berkembang menjadi sel kanker.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah impian semua orang. Guna mewujudkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi daging ayam secara rutin.

Lagi-lagi, manfaat ayam yang satu ini dihasilkan oleh kandungan zat antioksidan di dalamnya, kali ini ‘diwakilkan’ oleh vitamin C. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, vitamin C adalah vitamin yang identik dengan kulit.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Resep Ayam Rica-Rica ini dan  silahkan kunjungi juga artikel Budidaya Cabe Rawit jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari manfaat cabai selengkapnya dan disana juga ada resep sambal yang enak loh!