Halo readers, kita berjumpa lagi nih. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep bolu panggang pelangi yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep bolu panggang pelangi yang cantik berwarna-warni ini.

Kalian para pecinta jajanan kue tradisional pasti pernah dong mencicipi kue bolu yang satu ini. Tapi tahukah kalian jika kue bolu ini bukan berasal dari Indonesia ? Kue bolu berasal dari bahasa Portugis yakni bolo yang artinya sama dengan cake dalam bahasa Inggris. Bolu adalah kue yang terbuat dari bahan dasar tepung (terigu), gula, dan telur. Kue bolu umumnya dibuat dengan cara dipanggang di dalam oven. Dalam perkembangannya, kue bolu tidak hanya dipanggang, tetapi dapat dikukus juga. Berbagai varian pun diciptakan untuk memenuhi keinginan pasar ataupun mencoba pasar baru.

Dibawah ini penjelasan tentang asal usul bolu kukus pelangi yang sangat digemari di Indonesia ini.

Sejarah Tentang Bolu Panggang Pelangi

Bolu atau kue bolu dalam bahasa inggris biasa disebut cake. Adalah kue yang memiliki bahan dasar tepung (biasanya tepung terigu), gula dan telur. Kue bolu ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang didalam oven, meskipun ada juga bolu yang dikukus.

Ada banyak jenis resep bolu yang dapat kita ketahui. Cara membuat kue bolu panggang pelangi ini sangat mudah dan tidak ribet tentunya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu ini bisa dibilang juga sedikit dan sederhana. Walaupun mudah dan sederhana, dalam membuat resep bolu panggang pelangi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasil kue bolu pelangi menjadi kue yang lembut teksturnya dan rasanya juga enak.

Selain rasanya yang cukup manis, tekstur kue bolu ini juga cukup lembut sehingga digemari oleh banyak orang. Untuk sebagian orang, membuat kue bolu panggang pelangi yang mempunyai tekstur lembut mungkin agak susah dan sering kali terjadi kegagalan. Karena untuk membuat kue ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang benar benar harus diperhatikan, antara lain komposisi bahan yang digunakannya harus tepat.  Selain itu, saat mengocok adonan kue bolu pelangi harus tercampur dengan rata agar tidak ada gumpalan-gumpalan yang membuat tekstur kuenya menjadi tidak lembut.

resep-bolu-panggang-pelangi

 1. Resep Bolu Panggang Pelangi

Bahan Membuat Bolu Panggang Pelangi :

  • Tepung terigu 100 gram
  • Gula pasir 125 gram
  • Telur ayam 3 butir
  • Susu bubuk 1 sdm
  • SP 1 sdt
  • Garam ¼ sdt
  • Pasta vanilla ½ sdt
  • Pewarna makanan (pilih yang Anda suka)
  • Mentega 75 gram

Cara Membuat Bolu Panggang Pelangi :

  1. Olesi loyang yang akan digunakan dengan mentega
  2. Lelehkan mentega lalu dinginkan dengan suhu ruangan
  3. Campur gula pasir, telur ayam dan SP dengan mixer roti hingga mengembang
  4. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, susu bubuk, garam, pasta vanilla, mixer pelan hingga rata
  5. Masukkan mentega yang sudah dicarikan sambil mengaduk adonan dengan spatula
  6. Aduk pelan sampai rata kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai jumlah warna yang Anda gunakan
  7. Masukkan pewarna makanan lalu aduk hingga tercampur rata
  8. Tuang adonan ke dalam loyang lalu panggang dengan oven
  9. Ingat untuk memanasi oven terlebih dahulu ya
  10. Panggang adonanselama 30 menit sampai matang. Lakukan tes tusuk untuk melihat apakah sudah matang sempurna
  11. Tunggu hingga dingin kemudian sajikan bolu panggang pelangi

Kandungan Gizi Bolu Kukus

Kue bolu kukus tradisional pelangi yang dibuat tanpa santan merupakan salah satu jenis kue jajanan sederhana namun mempunyai nilai gizi yang lumayan tinggi. Menurut ahli gizi dalam 50 gram kue bolu kukus mengandung 148 kalori, ± 2,1 gram kandungan lemak, 28,9 gram karbohidrat, dan 3,7 gram protein. Dengan demikian bolu kukus tanpa santan sangat bagus di konsumsi dalam masa pertumbuhan atau para orang dewasa sekalipun. Karena bolu ini hanya mengandung kolesterol sekitar 85 mg. Selain itu bolu kukus ini mempunyain tampilan yang menarik dan warna warni dan rasanya yang manis, sehingga membuat anak anak anda menyukainya.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat bolu panggang pelangi ini. Jika kalian ingin melihat resep bolu kukus pelangi yang beraneka ragam, kalian dapat melihat artikel resep bolu kukus pelangi. Kalian juga bisa membaca artikel cara buat kue donat untuk mendapat referensi camilan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!