Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai resep coklat kacang tanah. Kue kering satu ini tidak kalah lezat dan gurihnya dibandingkan kue kering lainnya. Coklat kacang ini biasanya dihidangkan pada saat hari raya tiba. Penasaran dengan cara membuatnya, mari simak artikel berikut ini.

Resep Coklat Kacang Tanah

cara membuat coklat kacang ialah salah satu kue kering yang berbahan dasar kacang dan coklat. kue kering satu ini menjadi pilihan terbaik untuk anda coba dirumah. Jika anda merasa bosan dengan resep kacang dan coklat itu saja, anda juga dapat mencoba resep kue kering coklat kacang kismis.

Bahan-Bahan

  • 150 gram kacang tanah, sangrai kemudian kupas kulitnya
  • 2 butir telur ayam ambil bagian kuningnya
  • 100 gram margarine leleh
  • 200 gram tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • 60 gram gula halus
  • Dark chocolate secukupnya

Cara Membuat Coklat Kacang Tanah

  1. Ambil kacang tanah yang sebelumnya sudah anda sangrai, kemudian masukan ke dalam blender tunggu sampai kacang tanah halus. Lalu sisihkan.
  2. Masukan margarine bersama gula halus dan telur dalam sebuah wadah dan kocok dengan menggunakan mixer sampai mengembang dan terlihat berbuih.
  3. Ambil dark chocolate, potong kecil-kecil lalu panaskan hingga mencair. Tambahkan margarin ke dalam cokelat yang sudah mencair, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan garam serta tepung terigu ke dalam adonan dan aduk hingga merata.
  5. Lalu masukkan kacang ke dalam adonan.
  6. Kemudian uleni adonan dengan menggunakan tangan sampai tercampur dengan merata.
  7. Letakan adonan anda tersebut di tempat yang cukup rata dan kemudian pipihkan dengan roll atau tangan.
  8. Ambil cetakan kue dan mulai bentuk adonan tersebut.
  9. Berikan olesan kuning telur pada bagian atas kue tersebut sampai merata dan semua kue terlapisi.
  10. Masukan dalam oven dan mulai panggang selama kurang lebih 20 menit tunggu hingga matang.
  11. Angkat kue dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam wadah.

Manfaat Coklat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Kacang Tanah biasanya mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi, sehingga banyak yang dihargai sebagai bahan pangan penting. Berikut manfaat coklat kacang tanah bagi kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki masalah berat badan maka anda bisa mengonsumsi kacang tanah. Manfaat kacang tanah bisa membantu menurunkan berat badan anda. Hal ini dikarenakan kacang tanah akan memberikan rasa kenyang.

Rasa kenyang yang muncul ini akan mencegah anda dari pengonsumsian berlebih. Anda pun tidak akan makan makanan jenis lain terlalu banyak. Selain memberikan rasa kenyang, kacang tanah temasuk kacang-kacangan yang mengandung serat makanan tidak larut. Ini sangat memengaruhi usaha penurunan berat badan.

2. Mencegah Kanker Perut

Kacang tanah mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Jenis antioksidan yang ada di dalam kacang tanah memiliki kemampuan mencegah terjadinya penyakit kanker perut. Kandungan antioksidan yang memiliki sifat antikarsinogenik dapat cara mengurangi produksi nitro amino yang bersifat karsinogenik.

Pengonsumsian kacang tanah dalam jumlah yang cukup akan mencegah anda dari penyakit kanker perut. Oleh karena itu, konsumsilah kacang tanah dengan beragam aneka olahan. Sebaiknya anda mengonsumsi dalam keadaan mentah atau merebus sebentar.

 

Begitulah resep dan cara membuat coklat kacang tanah yang praktis namun sedap untuk anda cicipi. Hidangan satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kacang tanah yang dicampurkan dengan adonan dark chocolate serta pewarna makanan. Demikianlah artikel tentang resep coklat kacang ini, anda dapat mencobanya dirumah sebagai hidangkan yang ditunggu-tunggu pada hari raya tiba. Selamat mencoba semoga beermanfaat!!!