hidangan ikan nila bakar bumbu special mungkin ibu dan keluarga menikmati hanya di restoran. Oke, pada kesempatan kali ini tidak ada salahnya jika ibu menghidangkan sendiri sajian yaitu ikan nila bakar bumbu special dirumah. Ingin tahu seperti apa resepnya? Yuk, kita simak resep berikut ini.

Asal Mula Ikan Bakar Nila

Ikan bakar merupakan sajian ikan yang dibakar atau dipanggang di atas api maupun bara api. Hidangan ikan bakar, sudah muncul secara universal dari berbagai belahan dunia.

Walaupun secara khusus di dunia internasional, istilah “ikan bakar” merujuk kepada ikan bakar khas Indonesia dan Malaysia berupa ikan atau istilah lainnya boga bahari, yang dipanggang di atas arang atau bara api. Ikan bakar adalah salah satu hidangan klasik Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, ikan bakar sangat diminati di Indonesia dan mudah untuk didapat dan ditemui di berbagai tempat, mulai dari kedai di tepi pantai Aceh, restoran di tepi pantai Kupang, sampai ke pusat kota Jakarta.

Berbagai resep ikan bakar spesifik muncul, seperti ikan bakar Cianjur khas Sunda, yang umumnya menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas dan gurami, serta ikan bakar Jimbaran khas Bali, kemudian disajikan di beberapa tempat warung makan sekitar pesisir pantai dan pasar ikan di Jimbaran, Bali.

Ikan bakar laut, khususnya pada kawasan Indonesia bagian Timur. seperti Sulawesi dan Maluku di mana kebanyakan penduduknya bekerja sebagai nelayan, dan kawasan ini memiliki laut yang luas yang menghasilkan banyak jenis boga bahari.

Akan tetapi ikan akan direndam bumbu dengan campuran bumbu halus, kadang dengan campuran terasi atau kecap manis dan kemudian dipanggang; terkadang alat pemanggang dilapisi daun pisang agar ikan tidak rusak dan hancur saat dibalik akibatya ikan menjadi lengket dan melekat di alat pemanggangnya.

Cara Membuat Resep Ikan Bakar Nila :

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 2 ekor Ikan Nila
  • 1 sendok makan Air Asam Jawa
  • 2 sendok teh Air Jeruk Nipis
  • 3 sendok makan Minyak untuk menumis
  • 5 sendok makan Kecap Manis

Bumbu Ikan Nila Bakar Yang Dihaluskan :

  • 2 buah Cabe Merah, buang bijinya
  • 3 buah Cabe Merah keriting, buang bijinya
  • 1 ruas jari Jahe
  • 4 siung Bawang Putih
  • 2 buah Cabe Rawit merah, buang biji
  • 7 butir Bawang Merah
  • 2 sendok teh Ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh Garam

Bahan Sambal Kecap Spesial :

  • Kecap Manis
  • Cabe Rawit hijau
  • Bawang Merah
  • Cabe Rawit merah
  • Tomat
  • Air Jeruk Nipis

Cara Mengolah Ikan Nila Sebelum Dimasak :

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan membersihkan ikan nila sebelum dimasak menjadi hidangan lezat yang nikmat.
  2. Baiklah, untuk membersihkan ikan nilanya ada beberapa bagian pada ikan yang harus dibersihkan diantaranya seperti insang ikan, sisik ikan dan juga jeroan di perut ikan.
  3. Baiklah untuk cara pertama yang dilakukan untuk membersihkan pada bagian ikan nila adalah pada bagian sisik ikan. Ada teknik untuk membersihkan bagian sisik ikan, silahkan lakukan dengan menggunakan pisau kemudian bersihkan sisik ikan dari bagian ekor ke bagian kepala hingga bersih.
  4. Sesudah membersihkan sisik ikan, melanjutkan dengan membersihkan insang dibagian kepala ikan. Caranya, buka sedikit bagian kepala ikan dan keluarkan insang ikan dnegan menggunakan tangan, lalu bersihkan kepala ikan hingga bersih.
  5. Kemudian, pada bagian ikan yang terakhir yang kalian harus lakukan adalah dibersihkan bagian jeroan ikan. Untuk membersihkan jeroan ikan, caranya belah ikan dibagian perut dan keluarkan jeroannya dengan menggunakan tangan.
  6. Bersihkan pula bagian perut ikan hingga bersih sampai kotoran yang ada berada didalamnya bisa dibersihkan secara bersih. Nah, apabila semua bagian ikan sudah dibersihkan secara mertaa, sekarang silahkan belah ikan menjadi dua bagian yang tidak terputus dan angkat ikan dari cucian.
  7. Lalu lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis dan sedikit garam dan lumuri secara merata hingga ikan terbaluti dengan garam dan perasan air jeruk nipis. Sesudah itu, sisihkan sebentar selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu tadi meresap.

Cara Membuat Ikan Bakar Nila Bumbu Spesial :

  1. Setelah didiamkan selama 15 menit, sekarang kita siapkan wajan dan masukkan minyak goreng sedikit saja kedalamnya, lalu tunggu hingga minyak panas secara merata.
  2. Ketika minyak sudah panas, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga bumbu tersebut mengeluarkan aroma harum yang sedap dan enak.
  3. Berikan air asam jawa bersamaan dengan kecap manis kemudian aduk-aduk secara merata sampai semua bumbu tercampur rata. Setelah tercampur rata angkat dan matikan kompor.
  4. Gunakan bumbu tumisan ini untuk mengolesi ikan sebelum dibakar hingga merata. selanjutnya bakar ikan dan jangan lupa bolak-balik ikannya supaya tidak gosong.
  5. Berikan pula bumbu olesan ini sewaktu ikan dibakar. Setelah ikan matang, angkat ikan dari panggangan dan sajikan kedalam piring saji. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat jika disantap selagi hangat.

Baiklah guys itu tadi resepnya dan cara membuat ikan nila bakar bumbu spesial yang enak dan sedap