Siapa sih yang tidak tau dengan jagung? yup, jagung adalah salah satu makanan pokok selain gandum dan beras yang menghasilkan bijian. Baru-baru ini jagung di olah menjadi jus, aneh bukan? bagaimana rasanya yah? nah, artikel yang akan dibahas kali ini adalah resep jus jagung manis yang dibuat dengan mudah dan lezat.

Banyak sekali olahan yang terbuat dari bahan dasar jagung, seperti gorengan bakwan, direbus hungga menjadi jasuke, dibakar menjadi jagung bakar yang biasa jadi menu pilihan saat tahun baru, dan menjadi popcorn yang bisa kita nikmati sambil nonton di bioskop.

Jagung mempunyai beberapa jenis, yakni :

  1. Jagung Manis (sweet corn)
  2. Jagung Berondong (pop corn)
  3. Jagung Tepung (floury corn)
  4. Jagung Gigi Kuda (dent corn)
  5. Jagung Mutiara (flint corn)
  6. Jagung Pod (pod corn)
  7. Jagung Ketan (waxy corn)

Itulah beberapa jenis jagung yang banyak dibudidayakan dan dipasarkan di Indonesia, karena manfaatnya yang berbeda-beda ada yang dikonsumsi, di jadikan pakan ternak, dibuat menjadi tepung, dan ada juga dipakai untuk menjadi berbagai jenis industri, seperti tekstil, perekat dan kertas.

Untuk membuat jus jagung kalian harus memakai jagung manis yang masih muda, karena biji jagung manis yang masih muda mengandug kadar gula lebih tinggi dari pada pati jagung sehingga memiliki rasa yang manis.

Jus jagung ini sangat mudah pembuatannya dan untuk mencari bahan-bahannyapun tidak terlalu sulit kalian bisa mencarinya di warung terdekat dan pasar.

Penasaran bukan resep jus jagung manis yang dibuat dengan mudah dan lezat? yuk, langsung aja siapkan bahan-bahan dan mulai untuk membuatnya.

Resep Jus Jagung Manis

resep jus jagung manis

Bahan :

  • 2 buah jagung manis yang masih muda
  • 1 sendok makan gula pasir, bisa kalian ganti dengan pemanis rendah kalori
  • 1 sachet susu kental manis
  • Air soda
  • Es batu secukupnya

Langkah Membuat Jus Jagung Manis :

  1. Kupas kulit pada jagung, lalu bersihkan rambut jagung dan cuci hingga bersih.
  2. Siapkan air lalu masak hingga mendidih, jika sudah rebus jagung hingga matang dan tekstur yang melunak. Jangan lupa ketika sudah matang di tiriskan terlebih dahulu hingga dingin.
  3. Selanjutnya pipil jagung yang sudah dingin dari bongkolnya, jika merasa kesulitan dalam mepipil jagung bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakan alat tersebut pemipilan jadi lebih mudah dan tidak memakan waktu banyak.
  4. Masukkan jagung yang sudah dipipil ke dalam blender, tambahkan gula pasir dan susu kental manis. Lalu blender semua bahan hingga halus.
  5. Tuangkan ke dalam gelas dan jangan lupa untuk disaring agar sisa ampas biji jagung yang di blender tidak ikut saat di tuangkan ke dalam gelas.
  6. Jika sudah di tuangkan ke dalam gelas, bisa tambahkan es batu jika ingin di minum dingin dan tambahkan juga air soda secukupnya (untuk air soda tidak dipakai juga tidak apa-apa).
  7. Jus Jagung Manis siap untuk di nikmati.

Selain rasanya yang lezat dan segar, jagung juga mengandung gizi yang banyak dan disertai manfaat yang banyak juga salah satunya untuk diet. Maka dari itu bayak yang mengkonsumsi jagung saat sedang program diet.

Jus jagung sangat nikmat diminum kapanpun, saat sarapan dan bisa juga menjadi pelengkap saat makan malam.

Itulah resep jus jagung manis yang bisa dicoba dengan mudah di rumah. Jika kalian menyukai resep ini kalian biasa mengujungi artikel cara membuat jus jagung. Selamat mencoba!