Resep Terong Penyet-Sayur terong ini, sangat sering untuk dibuat sebagai lalapan, bahkan juga bisa dibuat menjadi minuman jus. Berikut ini ada resep terong penyet, dan juga manfaatnya untuk kesehatan.

Resep Terong Penyet

resep terong penyet

Bahan-Bahan :

  • 1 buah terong, potong (Opsional)
  • 2 buah terong bulat(Opsional)
  • 1 bungkus terasi (1 sdt terasi)
  • Secukupnya garam dan gula merah sisir.
Sambal :
  • 7 buah cabe merah besar
  • 7 buang cabe rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 3-4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan bahan bumbunya dan goreng terongnya, sisihkan.
  2. Rebus semua bahan bumbu sampai matang. Tiriskan.
  3. Kemudian taruh dalam cobek, tambahkan garam, gula merah sisir dan terasinya. Haluskan. Koreksi rasa.
  4. Ambil terong gorengnya dan penyet diatas sambelnya. Sajikan.
Tips :
  • Setelah dihaluskan, sambal bisa juga digoreng sebentar. Tujuannya supaya tidak mudah basi. Bikin skalian yang banyak, buat untuk stok besoknya.

Manfaat Sayur Terong

resep terong penyet

1. Membantu Mengurangi Risiko Munculnya Penyakit Jantung

Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang banyak terkandung pada sayur terong ungu ini, sangatlah dipercaya untuk membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini juga sangatlah banyak mengandung zat antocyanin, ini adalah suatu komponen zat yang sangat berguna untuk menurunkan risiko kematian bagi penderita penyakit pada jantung loh.

2. Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Sering-sering untuk memakan sayur terong ungu ini di dalam menu harian teman-teman, ternyata sangat bisa untuk membantu kadar gula yang ada pada darah di dalam tubuh menjadi lebih terkontrol lagi.

Manfaat yang ada pada terong ungu ini bisa didapatkan daripada kandungan serat tinggi yang dimilikinya. Serat sangat bisa membantu menghambat pencernaan serta penyerapan gula pada tubuh. Penyerapan yang semakin lambat ini , bisa membuat kadar gula darah pada tubuh menjadi lebih stabil lagi.

3. Menurunkan Berat Badan

Kalori yang rendah serta serat yang tinggi pada terong, sangat bisa untuk membuat terong ungu makin menjadi makanan yang sangat ideal bagi teman-teman yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badannya. Teman-teman juga bisa untuk menggunakan terong untuk pengganti bahan makanan yang lainnya yang memiliki lebih tinggi kalori.

4. Dipercaya Bisa Membantu Mencegah Kanker

Terong ungu banyak mengandung polifenol yang bisa dipercaya mepunyai efek anti kanker. Sementara itu, komponen lain dalam terong, juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga bisa mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

5. Baik Untuk Menjaga Kadar Kolesterol

Penelitian yang sudah dilakukan kepada hewan uji, yang mengkonsumsi jus terong sudah sangat terbukti berhasil untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Manfaat untuk sayur terong ungu yang satu ini bisa di peroleh dari asam klorogenik yang terkandung didalamnya. Masih sangat diperlukan penelitian yang lebih lanjut lagi kepada manusia supaya bisa mengkonfirmasi dari manfaat yang satu ini.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Terong ungu kaya akan kandungan antioksidan, terutama antocyanin. Kandungan antioksidan yang satu ini, sangat dipercaya bisa melindungi hati dari berbagi jenis racun tertentu yang bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Komponen antioksidan yang berada di dalam terong juga bisa disebut bisa berpotensi untuk melindungi sel-sel pada otak dari berbagai kerusakan karena serangan radikal bebas. Selain itu, komponen ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Resep Terong Penyet ini dan  silahkan kunjungi juga artikel Cara Menanam Terong jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari manfaat terong selengkapnya dan disana juga ada manfaatnya untuk kecantikan loh!