Resep Tumis Kangkung merupakan resep turun temurun hampir semua orang, jenis sayuran ini mengandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Tapi ada cara mengolahnya supaya kandungan gizinya tidak hilang, yaitu dengan cara merebusnya tapi jangan sampai kelamaan. Sebaiknya kangkung juga dipotong kecil-kecil, supaya terhindar dari bakteri serta organisme yang bisa masuk ke dalam saluran dalam batangnya.

Resep Tumis Kangkung

resep tumis kangkung

Bahan-Bahan :

  • Kangkung, siangi lalu cuci bersih – 3 ikat
  • Cabai merah, iris serong – 2 buah
  • Tomat merah, potong-potong – 1 buah
  • Gula pasir – 1/2 sdt
  • Garam – 1 sdt
  • Air – 50 ml
  • Minyak untuk menumis – 3 sdm
Bumbu Halus :
  • Bawang merah – 5 siung
  • Bawang putih – 2 siung
  • Cabe merah keriting – 4 buah
  • Cabe rawit – 3 buah
  • Terasi bakar – 1 sdt

Langkah-Langkah :

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan cabe merah, tomat, gula, dan garam. Aduk sampai setengah layu.
  3. Masukkan kangkung. Gunakan api besar, aduk-aduk hingga layu.
  4. Tuang air, aduk rata dan masak sebentar. Angkat.
  5. Siap disajikan.
TIPS :
  1. Tumis kangkung menggunakan api besar supaya lebih cepat matang serta warna kangkung tetap hijau dan cantik.
  2. Pakai wajan anti lengket (Recomended)

Manfaat Sayur Kangkung

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat kangkung yang pertama adalah kemampuannya menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga normal.

Pada sebuah penelitian telah mengungkapkan jika, mengkonsumsi tanaman kangkung ini menghasilkan tingkat kolesterol yang cukup rendah. Walaupun begitu, penemuan ini membutuhkan penelitian lebih lanjut dikarenakan penelitian baru dilakukan hanya kepada hewan.

2. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat kangkung ini bisa membantu tubuh untuk memodulasi enzim detoksifikasi, di mana hal ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat khususnya untuk organ hati.

3. Mengatasi Anemia

Kekurangan zat besi paling sering dialami oleh mereka yang mengalami anemia atau mereka yang sedang hamil. Kangkung bisa membantu untuk mengatasi anemia dikarenakan tanaman ini sudah menyediakan cukup banyak zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat sayur kangkung ini juga sangat bermanfaat untuk para wanita yang mengalami perdarahan berlebihan selama menstruasi.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Jika teman-teman mengalami yang namanya sembelit ataupun gangguan pencernaan yang lainnya, salah satu cara alami yang bisa teman-tema coba untuk mengatasi hal ini ialah dengan cara mendapatkan manfaat dari sayur kangkung ini.

Kangkung sangat kaya akan serat, komponen penting yang pada umumnya banyak digunakan untuk mengatasi masalah pada pencernaan.

5. Mencegah Perkembangan Diabetes

Jika teman-teman rutin untuk mengkonsumsi kangkung, ini akan sangat membantu tubuh untuk menyingkirkan dari kemungkinan perkembangan untuk penyakit diabetes. Menjadikan kangkung ke dalam menu sehari-hari ialah sesuatu yang sangat baik jika diabetes sudah dialami oleh banyak anggota keluarga yang lainnya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin A serta C di dalam kangkung, dengan ini manfaat kangkung yang bisa teman-teman dapatkan ialah untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang berhubungan erat dengan jantung.

7. Mencegah Sel Kanker

Manfaat dari sayur kangkung yang berikutnya ialah kemampuannya untuk mencegah pertumbuhan dari penyakit kanker. Ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bisa memastikan sel-sel kanker tidak akan berkembang pada tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata

kandungan lutein serta vitamin A dari sayur kangkung sangat memungkinkan teman-teman untuk mempertahankan penglihatan yang baik dan juga sehat. Bahkan, manfaat sayur kangkung ini juga bisa untuk mencegah teman-teman menderita kondisi mata seperti katarak ataupun sejenisnya.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, sistem kekebalan yang sehat dan juga kuat merupakan kunci utama untuk mencegah penyakit datang, terutama untuk penyakit yang menular. Apakah ingin mendapat perlindungan dari penyakit? Salah satu cara paling mudah yang bisa kalian dilakukan ialah dengan cara mengkonsumsi sayur kangkung.

10. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat sayur kangkung yang masih jarang diketahui ialah kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti kurap sampai kanker kulit. Kandungan kangkung secara menyeluruh membuat kulit lebih sehat.

Selain itu, manfaat dari sayur kangkung juga sangat dipercaya sebagai komponen untuk anti penuaan. Kangkung sangat dipercaya bisa menjaga pertumbuhan sel serta melindunginya dari berbagai bahan kimia serta elemen berbahaya lainnya. Pada akhirnya, kulit akan terlihat lebih muda.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita dapatkan dari artikel Resep Tumis Kangkung ini danĀ  silahkan juga kunjungi artikel Manfaat Sayur Kangkung jika saja kalian penasaran atau memang sedang mencari manfaat kangkung selengkapnya, dan kalian disana juga akan menemukan manfaatnya bagi kecantikan juga loh!