Inilah Cara Memasak Bakmi Goreng Jawa Gurih dan Lezat

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Inilah Cara Memasak Bakmi Goreng Jawa Gurih dan Lezat. Cara pembuatanya mudah dan tidak ribet dan bahan yang dibutuhkan gampang diperoleh.

 

Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Orang Italia, Tionghoa, dan Arab telah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, walaupun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok.

Mie Jawa Goreng

Inilah Cara Memasak Bakmi Goreng Jawa Gurih dan Lezat

Mi adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air.

 

Mie jawa  juga disebut sebagai mi jawa atau bakmi jawa di Indonesia, atau mee Jawa di Malaysia adalah mie gaya tradisional Indonesia-Jawa,  yang umum ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

 

Resep Membuat Bakmi Jawa Gurih

Bahan-Bahan :

  • 1 bungkus mie telur
  • 1 buah dada ayam
  • 1 buah tomat
  • Steak selada
  • 3 butir bawang merah (cincang)
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 2 sdt gula pasir
  • Minyak goreng
  • Kaldu ayam

Cara Membuat :

  1. Bilas mie telur.
  2. Panaskan wajan, masukkan bawang merah, tumis hingga harum.
  3. Masukkan ayam, tambahkan kaldu ayam, lalu bumbui.
  4. Selanjutnya masukkan mie telur, tomat dan selada.
  5. Tunggu sampai matang.

 

Tips Memilih Mie

  1. Pilih mie yang empuk dan tidak kaku.
  2. Pilih mi yang berwarna kuning alami, bukan kuning cerah (kemungkinan mi kuning yang menarik perhatian menggunakan pewarna kain).
  3. Peras mie, jika mie masih meleleh atau hancur berarti mie tersebut masih segar tanpa formaldehida.
  4. Namun jika masih berbentuk dan lentur setelah diuleni, berarti mie tersebut mengandung formaldehida.
  5. Pegang mie, jika mie memiliki banyak minyak maka mie akan menempel di tangan kita, artinya mie tidak mengandung formaldehida. Sementara jika minyaknya tidak menempel di tangan, artinya mie mengandung
  6. formaldehida.
  7. Sebelum dimasak,

 

Jenis Mie Untuk Bakmie Jawa

Suun / Cellophane noodles.

Dibuat menggunkan campuran tepung kentang dan tepung kacang hijau. Teksturnya sangat lembut dan lunak, cocok untuk bahan olahan untuk membuat sop, Suun biasanya di jual dalam bentuk kemasan yang kering, rendam di dalam air panas sampai lembut lalu baru kemudian siap diolah menjadi berbagai macam aneka masakan.

Mie Telur.

Dibuat dari jenis tepung terigu dan jenis hard wheat dan diperkaya dengan telur. Biasanya dijual dalam keadaan kering dan bentuknya bulat maupun pipih.

Mie Hong Kong / Hokkien Noodles.

Bentuknya menyerupai mie telur bulat dan mi nya halus. Biasanya dijual dalam kondisi yang basah dalam kemasan kedap udara. Mie ini biasanya cocok untuk dibuat dalam aneka masakan seperi mie goreng atau mie rebus.

Ramen.

Dijual dalam kondisi yang kering dalam kemasan mie instan. Sangat cocok diolah sebagai menu mie goreng atau mie kuah.

Kwetiau / Rice stick noodles. 

Dibuat dari terpung beras dan air. Di pasaran terdapat banyak sekali dapat kita jumpai dalam bentuk kering dan basah. Kwetiau sangatlah cocok untuk dibuat kwietiau goreng maupun kuah.

Somen noodles.

Berasal dari asia khusunya di Jepang, terbuat dari tepung gandum dan minyak. Teksturnya sangat lembut dan rasanya gurih manis. Somen dijual dalam bentuk yang kering, rupanya menyerupai lidi panjang dan sangat rapuh. Cocok untuk masakan Jepang yang berkuah seperti ramen.

 

Demikian informasi yang kami sampaikan dalam artikelCara Mudah Membuat Bumbu Bakmi Goreng Jawa Spesial. anda juga bisa mencoba Resep Masakan Bakmi Jawa Goreng dan membuat Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Dengan Simpel