Yuk, Ketahui Macam Macam Minyak Sayur Tersehat

Banyak yang menganggap bahwa minyak sayur lebih sehat dibanding dengan jenis minyak lainnya. Alasanya karena minyak sayur mengandung lemak tak jenuh ganda. Namun beberapa jenis minyak mungkin bisa lebih sehat. Maka dari itu kita perlu mengetahui Macam Macam Minyak Sayur yang Sehat yang dapat digunakan untuk memasak. Dalam ulasan kali ini akan membahas rekomendasi macam macam minyak sayur yang sangat sehat untuk dikonsumsi, jangan sampai terlewa ya, yuk simak !

Pada dasarnya, sehat atau tidak sehatnya minyak sayur tergantung pada :

  • Jenis tanaman yang digunakan untuk bahan utamanya
  • Asam Lemak yang terkandung di dalam minyak
  • Proses pengolahan minyak tersebut.

Karena penggunaan minyak setiap harinya kita juga perlu memfilter minyak agar tidak berlebihan. Salah satunya dengan menggunakan Mesin Penyaring Minyak Goreng. Mesin ini selain dapt menyaring minyak yang berlebih misalnya pada gorengan, namun dapat juga memberbaiki kualitas hasil akhirnya, dan juga pastinya lebih efektif dan efisien.

Rekomendasi Macam Macam Minyak Sayur Tersehat

1. Minyak Zaitun

Macam Macam Minyak Sayur

Pada jenisnya minyak ini merupakan minyak yang digunakan pertama kali untuk memasak. Untuk mendapatkan minyak zaitun maka dilakukan dengan menekan seluruh buah zaitun maka akan menghasilkan minyak. Walaupun digunakan diseluruh dunia, minyak ini merupakan minyak goreng utama yang digunakan di daerah Mediterania. Karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, minyak ini di klaim sehat untuk dikonsumsi.

Dibawah ini merupakan Titik asap minyak zaitun bervariasi tergantung pada jenis minyak zaitun:

  • Extra Virgin: 160° C
  • Virgin: 215° C
  • Pomace: 237° C
  • Extra Light: 242° C

Jenis minyak zaitun Extra virgin mempunyai rasa terkaya karena dibuat tanpa melalui proses kimiawi, dan biasanya sangat cocok untuk dressing salad.

Minyak ini cocok untuk mengolah makanan baik menumis, taburan, dressing. Namun kurang cocok igunakan untuk menggoreng makanan.

2. Minyak Jagung

Macam Macam Minyak Sayur

Selanjutnya adalah minyak jagung. Dalam hal ini minyak jagung terbuat dari biji jagung dan memiliki titik asap yang tinggi, sehingga merupakan minyak yang baik untuk menggoreng. Minyak jagung banyak digunakan sebagai minyak nabati di restoran cepat saji, dan hampir 70% restoran cepat saji menggunakan minyak jagung untuk membuat kentang goreng.

Minyak jagung juga bisa digunakan untuk membuat margarin. Namun, minyak jagung tinggi lemak jenuhnya dan rendah lemak berkualitas tinggi, sehingga umumnya dianggap sebagai salah satu minyak yang tidak sehat. Minyak jagung memiliki titik asap 232 ° C, sehingga cocok untuk menggoreng dan margarin. Minyak jagung tidak cocok untuk taburan dan memasak dengan api kecil.

3. Minyak Nabati

soybean oi.jpg

Dalam minyak nabati ni mengacu pada jenis minyak nabati apapun yang mencakup kombinasi dari minyak kedelai, bunga matahari, atau safflower.

Sebagian besar minyak nabati mempunyai titik asap tinggi dan rasa netral, sehingga membuatnya bagus digunakan untuk memanggang.

Titik asap minyak nabati tergantung pada jenisnya:

  • Canola: 204° C
  • Kedelai: 232° C
  • Bunga Matahari: 232° C
  • Safflower: 232° C

Kegunaan dari minyak nabai ini baik digunakan untuk memasak, dan dressing.  Namun cukup buruk bila digunakan sebagai drizzling/taburan, karena perlu minyak dengan cita rasa.

4. Minyak Kelapa

coconut oil.jpg

Minyak goreng selanjutnya adalah minyak kelapa. Pada jenis minyak ini merupakan minyak favorit para chef vegan dan sering digunakan sebagai pengganti mentega saat membuat roti.

Proses pembuatan Minyak kelapa yaitu dengan cara mengekstrak ampas kelapa sehingga memiliki rasa manis yang alami dan dapat digunakan untuk membuat kue manisan dan tumisan tertentu.

Kandungan dari Minyak kelapa yaitu kaya akan lemak jenuhnya, terutama lemak jenuhnya yang disebut asam laurat, yang dianggap sebagai sumber lemak sehat. Titik asap minyak kelapa adalah 176 ° C.

Minyak kelapa sangat cocok untuk memanggang, membekukan dan menumis. Tetapi, minyak kelapa tidak kondusif untuk menggoreng dan membumbui.

5. Minyak Bunga Matahari

minyak bunga matahari-2.jpg

Minyak nabati berikutnya adalah minyak bunga matahari, Minyak biji bunga matahari dibuat dari proses pengepresan biji bunga matahari, bijinya kaya vitamin E dan memiliki sedikit lemak jenuhnya.

Titik asapnya yang tinggi dan rasanya yang ringan menjadikan minyak bunga matahari sebagai minyak favorit untuk menggoreng, selain itu juga sangat cocok untuk memanggang.

Minyak bunga matahari memiliki titik asap 232 ° C yang sangat cocok untuk menggoreng, membuat margarin, salad dressing dan memanggang. Minyak bunga matahari tidak cocok untuk taburan atau dimasak dengan api kecil.

Menarik bukan? Semoga bermanfaat informasi tersebut, dan tentunya sangat penting untuk kita mengetahui macam macam minyak sayur yang sehat untuk kita konsumsi sehari harinya. Dan kalian dapat menggunakan mesin penyaring minyak goreng, Kalian dapat menemukan Mesin Penyaring Minyak Goreng dengn kualitas terbaik tentunya, dan juga bergaransi resmi hanya di Toko Grosir Mesin. Kalian dapat mencoba untuk memasaknya dirumah ya, See you 🙂

Baca Juga: Cara Membuat Minyak dari Kelapa yang Sehat