Pengobat Rindu Angkringan Jogja, Resep Sate Telur Puyuh Bacem

resep sate telur puyuh bacem

Resep Sate Telur Puyuh Bacem – Yogyakarta adalah kota yang membuat rindu setiap orang yang pernah singgah, walau sekedar lewat, berwisata maupun untuk pekerjaan. Suasana yang menentramkan, masyarakat yang ramah serta kuliner yang sangat khas dan bervariasi.

Angkringan merupakan kuliner khas yang sangat melekat untuk kota Yogyakarta, dibawah Gudeg tentunya. Namun begitu, kuliner ini banyak ditemukan di setiap sudut kota dan mudah untuk diakses bagi wisatawan maupun penduduk lokal.

Apalagi dikala lapar melanda dimalam hari sedangkan warung makan sebagian sudah tutup, angkringan adalah jawaban keresahan perut yang bergejolak ini. Tak sedikit angkringan buka sampai tengah malam bahkan ada yang sampai 24 jam.

Menu angkringan yang sangat bervariasi dan murah meriah ini menjadi pilihan utama untuk orang-orang yang bosan dengan masakan warung langganannya. Ada nasi sambal, nasi oseng tempe, sate telur puyuh, sate usus, sate keong, dan lain sebagainya.

Bagaimana jika anda jauh dari Yogyakarta dan rindu akan makanan angkringan ini?

Jangan khawatir, kami akan memberikan resep dan cara membuat sate telur puyuh ala angkringan Yogyakarta. Sajikan dan nikmati sate telur puyuh bersama menu utama makanan keluarga anda, karena mudah untuk membuatnya di rumah.

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk resep sate telur puyuh bacem
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • gula merah secukupnya, haluskan
  • 1 lembar daun salam
  • 600 ml air
  • 4 sdt kecap manis
  • 20 butir telur puyuh

Setelah siap bahan-bahan utama sate, sekarang siapkan bumbu-bumbu berikut:

  • penyedap rasa (opsional)
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt garam
Sekarang saatnya untuk memasak
  1. Rebus telur puyuh hingga matang. Angkat dan rendam dalam air dingin. Ini berguna untuk memudahkan Anda mengupas kulit..
  2. Kupas semua kulit telur.
  3. Campur semua bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan gula merah, lengkuas dan kecap manis.
  4. Rebus air kembali hingga mendidih, lalu tambahkan daun salam, laos, serai dan bumbu halus. Aduk semua bahan hingga merata.
  5. Rebus dengan air mendidih. Tambahkan kecap, gula dan garam, aduk kembali. Masukkan telur puyuh yang sudah matang ke dalamnya sambil diaduk. Lalu tutup
  6. Rebus sampai air kuahnya berkurang hingga telur menguning kecoklatan.
  7. Tusuk telur hingga berbentuk sate, kemudian sajikan bersama makanan inti.

Bagaimana? Mudah bukan resep membuat sate telur puyuh bacem dari rumah?

Ada lagi varian sate telur puyuh untuk jajanan kekinian

resep sate telur puyuh bacem

Perkenalkan Sate Telur Puyuh Goreng. Apakah anda pernah mendengar sate telur puyuh goreng? Sate kok digoreng? Jangan khawatir, makanan yang satu ini tak kalah lezat dengan sate telur puyuh yang kita buat barusan.

Sate ini sedikit berbeda dengan yang kita tahu sebagai sate telur puyuh. Memasak sate telur puyuh ini agak berbeda dengan cara memasak sate telur puyuh bacem biasa, yaitu dengan menggunakan alat masak khusus (mesin sate telur puyuh) yang juga bisa digunakan sebagai cetakan.

Wajan dengan cetakan khusus tersebut digunakan untuk mencetak telur puyuh. Cara memasaknya hampir mirip dengan menggoreng telur ceplok. Hanya saja perbedaannya kali ini bahannya menggunakan telur puyuh. Otomatis wajan / cetakannya berukuran kecil.

Siapkan wajan khusus tersebut, panaskan dengan api sedang. Pasang tusuk sate secara vertikal atau mengikuti cetakan mesin sate telur puyuh.

Masukkan minyak goreng atau margarin ke dalam cetakan sate telur puyuh tersebut. Ceplok telur puyuh ke dalam mesin sate telur puyuh dan masak perlahan. Tunggu telur hingga bagian dasarnya matang dan keras, lalu balikkan sate telur agar matang merata.

Untuk menambah cita rasa, sate telur puyuh juga disajikan dengan saos sambal dengan mayonaise.

Sangat praktis bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Membuat Boba dari Tepung Terigu, Apakah Bisa?