cara membuat keripik buah

Keripik Buah. Seperti yang kita ketahui bersama, buah tidak hanya dikonsumsi secara langsung, buah juga bisa diolah menjadi jus, salad, bahkan camilan berupa keripik. Keripik dari buah buahan sudah banyak tersebar dipassaran dan menjadi salah satu cemilan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain itu, jika keripik biasanya terkenal dengan rasa gurih asinnya, keripik dari buah menghasilkan rasa yang manis dan enak. Cara membuat keripik buah pun bisa dibilang mudah dan prosesnya sederhana tanpa memerlukan bahan yang ribet. Bagaimana cara membuat cemilan yang satu ini?

Cara Membuat Keripik Buah

cara membuat keripik buah

Keripik buah. Keripik buah semakin banyak kita temui di pasaran dan toko oleh-oleh. Cemilan ini sering dibeli para pelanggan untuk dijadikan buah tangan bagi sanak saudara.

Rasanya yang terkenal manis dan sedikit asam membuat cemilan satu ini semakin digemari, baik itu anak kecil, remaja, dewasa, orang tua, baik pria maupun wanita. Bagimana cara membuat olahan yang satu ini?

Berikut ini cara membuat keripik buah yang mudah, enak, dan sehat serta bisa dijadikan ide jualan, antara lain :

Keripik Nangka

Bahan bahan :

  • 1/2 kg buah nangka (cari buah yang memiliki tingkat kematangan sedang)
  • Air bersih
  • 40 gram garam
  • 75 gram gula pasir
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, belah buah nangka menjadi dua bagian, lalu pisahkan antara daging dan bijinya dan sisihkan dahulu.
  2. Kedua, cuci bersih buah nangka di air yang mengalir lalu keringkan sampai benar benar kering
  3. Ketiga, persiapkan wajan berisi minyak goreng secukupnya dan panaskan menggunakan api besar.
  4. Keempat, goreng ptpngan buah nangka dan pastikan jika seluruh bagian buah terendam minyak panas
  5. Kelima, jika dirasa keripik telah matang dan garing, maka angkat keripik buah nangka dan tiriskan
  6. Sajikan

Keripik Buah Apel

Bahan bahan :

  • 4 buah apel (pilih apel yang masih segar )
  • Minyak goreng
  • 1 buah jeruk lemon
  • Air bersih

Cara membuat :

  1. Pertama-tama, kuliti buah apel memakai alat pengupas buah atau pisau sampai bersih seluruhnya. Kemudian, cuci dengan air mengalir sampai bersih
  2. Kedua, iris tipis buah apel memakai pisau atau alat pemotong keripik, kemudian rendam lagi irisan buah apel tersebut menggunakan air lemon selama kurang lenih 30 menit
  3. Ketiga, angkat irisan tipis apel tersebut, lalu masukkan irisan apel tersebut ke dalam wajan penggorengan berisi minyak goreng yang sudah dipanaskan.
  4. Keempat. gorenglah potongan buah apel, jika sudah mulai garing, angkat dan tiriskan keripik buah apel
  5. Sajikan.

Keripik Pisang

Bahan bahan :

  • 5 buah pisang Ambon
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 liter air
  • Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Pertama, iris tipis pisang ambon yang sudah dikupas kulitnya
  2. Kedua, rendam pisang selama kurang lebih 1 jam, kemudian tiriskan dan letakkan potongan pisang pada wadah yang berbeda dan kering
  3. Ketiga, taburi pisang dengan garam, aduk sampai tercampur rata. Kemudian, sisihkan potongan pisang terlebih dahulu
  4. Keempat, siapakan wajan penggorengan dan panaskan minyak goreng sampai panas. Goreng potongan buah pisang sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan memakai api sedang, angkat dan tiriskan.
  5. Kelima, larutkan gula pasir dengan air secukupnya dan rebus di panci sampai teksturnya mengental.
  6. Keenam, lumurkan larutan gula pasir tadi pada keripik pisang dan aduk sampai tercampur rata, angkat
  7. Sajikan.

Keripik Buah Salak

Bahan bahan :

  • 1/2 kg buah salak (pastikan untuk memilih buah salak yang sudah dalam kondisi matang)
  • 50 gram gula pasir
  • 1 liter air bersih
  • 1 sdm garam
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, kuliti buah salak dan pisahkan antara biji dengan daging buahnya, lalu belah salak menjadi dua bagian.
  2. Kedua, rendam potongan buah salak selama kurang lebih enam jam, setelah enam jam cuci bersih menggunakan air mengalir dan keringkan.
  3. Ketiga, panaskan wajan yang berisi minyak goreng dan goreng irisan buah salak sampai teksturnya berubah menjadi garing, angkat dan tiriskan dari minyaknya
  4. Sajikan

Macam Macam Keripik Buah

cara membuat keripik buah

Jika biasanya keripik hanya terpacu pada rasa gurih dan asin saja, keripik buah biasanya menghasilkan cita rasa yang manis. Namun tidak semua jenis buah bisa dijadikan olahan berupa cemilan keripik.

Lalu apa saja buah yang bisa dijadikan olahan keripik? Berikut ini macam macam keripik buah yang bisa dijadikan ide usaha, antara lain sebagai berikut :

Keripik Nangka

Keripik nangka adalah salah satu jenis keripik buah yang memang sudah menjadi favorit masyarakat dan membuatnya menjasi keripik buah best seller. Karena mempunyai warna yang cerah dan rasa yang manis, keripik nangka ini membuat siapapun pasti ingin mencicipi keripik tersebut.

Keripik Buah Salak

Bagaimana rasa dari keripik buah salak itu ? Dari segi rasa, keripik salak hampir sama dengan rasa keripik buah nangka. Jadi, sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu dan hati-hati, jangan sampai salah, sebab rasa keduanya memang hampir sama. Selain rasanya yang enak ketika dimakan, proses produksi dari keripik buah salak ini tidak sulit dan menghasilkan rasa yang sama enaknya dengan keripik nangka.

Keripik Buah Apel

Kamu pasti mengetahui tentang buah yang satu ini bukan ? Buah apel enak jika dikonsumsi secara langsung ataupun diolah untuk menjadi jus buah yang segar. Selain bisa diolah menjadi jus buah, buah apel juga bisa diolah menjadi cemilan berupa keripik yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Keripik apel ini sendiri mempunyai cita rasa yang gurih, rasa asamnya yang sedikit hilang membuat keripik ini semakin enak dan juga cocok untuk dijadikan bisnis oleh-oleh.

Keripik Buah Pisang

Camilan dari buah pisang yang sudah bisa kita temui dengan mudah di pasaran adalah olahan dalam bentuk keripik. Keripik pisang ini sudah diproduksi dari lama dan bisa digoreng menggunakan cara penggorengan secara manual. Buah pisang selain bisa diolah menjadi keripik pisang, juga dapat diolah menjadi pisang goreng, sale pisang, bolu pisang, dan masih banyak cemilan lainnya. Keripik pisang juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha di toko oleh-oleh yang banyak disukai orang orang.

Keripik Buah Naga

Keripik buah naga bisa dikatakan sebagai salah satu produk yang masih baru dipasaran. Buah naga yang mempunyai kandungan vitamin c yang tinggi, dan ketika diolah menjadi keripik terkadang memberikan sensasi asam dan manis yang pas. Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai mengonsumsi buah naga secara langsung, kamu bisa menggunakan keripik buah naga ini sebagai alternatifnya.

Spinner Mesin Peniris Minyak

Pada proses produksi keripik buah tadi, kamu bisa mengurangi minyak yang terkandung di dalam keripik menggunakan spinner mesin peniris minyak. Dengan mesin ini, proses penierisan minyak pada keripik akan berlangsung dengan mudah dan cepat. Jika kamu memakai lalat atau mesin ini, kamu bisa lebih menghemat tenaga dan waktu yang digunakan.

Untuk spesifikasi Spinner Mesin Peniris Minyak berkapasitas 10 kg per prosesnya yaitu :

Tipe Spinner Mesin Peniris Minyak : SPRM10K
Dimensi Mesin Spinner Peniris Minyak : 800 mm x 500 mm x 700 mm
Energi Yang Dipakai : Listrik.
Penggerak Spinner Mesin Peniris Minyak : Elektro Motor.
Tegangan Listrik Spinner Mesin Peniris Minyak : 220 V ( 1 Phase ).
Frekuensi Listrik Spinner Mesin Peniris Minyak : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) Spinner Mesin Peniris Minyak : 1/2 HP.
Kapasitas Spinner Mesin Peniris Minyak : 10 Kg / Proses.
Rangka Mesin Spinner Peniris Minyak : Besi Siku / Stainless Steel Anti Karat.
Bahan Material Kontak Produk Spinner Mesin Peniris Minyak : Stainless Steel Anti Karat.
Sistem Spinner Mesin Peniris Minyak : Centrifuge.
Ukuran Keranjang Spinner Mesin Peniris Minyak : 350 mm.
Ukuran Tabung Spinner Mesin Peniris Minyak : 500 mm.

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat keripik buah yang mudah, enak, dan sehat, serta bisa dijadikan ide bisnis menguntungkan.

Avatar

By talitha

Saya adalah seorang penulis di yentit.com, yang memiliki minat mendalam dalam perkembangan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi. Saya senang memperluas pengetahuan saya dengan belajar berbagai hal, dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis dan tips terbaru kepada pembaca