jenis jenis keripik sayur

Keripik sayur. Seperti yang kita ketahui, keripik sayur adalah salah satu jenis keripik yang juga banyak di jual di pasaran. Tak hanya itu, keripik sayur ini menjadi pilihan bagi kamu yang tidak menyukai untuk mengonsumsi sayur secaara langsung. Keripik sayur ini mempunyai rasa yang gurih dan teksturnya crispi. Meski belum sebanyak cemilan keripik dari umbi umbian dan buah, keripik ini juga disukai dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, orang tua, baik itu wanita ataupun pria. Jenis jenis keripik sayur yang bisa kamu coba dan mempunyai rasa yang enak. Apa saja sayuran yang sering diolah menjadi keripik?

Keripik

Keripik. Pembahasan mengenai keripik memang tak pernah ada habisnya. Keripik bisa diolah dari berbagai macam bahan, baik itu sayur, buah, atau justru umbi-umbian. Terkenal dengan rasanya yang gurih membuat semakin banyak orang menyukai cemilan yang satu ini.

Di Indonesia sendiri keripik bisa diproduksi dari berbagai hal, bahkan terkadang dari bahan yang tak disangka-sangka. Cemilan ini sering disuguhkan pada saat acara acara pertemuan, baik itu arisan, pengajian, rapat warga, perkumpulan masyarakat, atau bahkan untuk teman santai bersama keluarga.

Sampai saat ini cemilan berupa keripik masih belum hilang ditelan waktu. Justru di era yang serba maju dan apa-apa selalu viral, banyak pelaku usaha keripik memproduksi keripik dengan rasa yang semakin unik dan kemasan yang menarik. Selain itu, harganya yang selalu bersahabat dan aman dikantong membuat banyak orang semakin menyukai keripik.

Karena hal tersebut, kita bisa melihat banyak merek keripik, hal itu membuktikan jika banyak orang memilih untuk menjadikan keripik sebagai peluang usaha. Proses produksinya yang mudah dan terbilang sederhana menambah nilai plus untuk cemilan yang satu ini.

Jenis Jenis Keripik Sayur

jenis jenis keripik sayur

Keripik sayur Selain mempunyai rasa yang enak dan nikmat, keripik sayur ini juga bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya kita hanya mengetahui jenis keripik berupa keripik buah, jika keripik sayurpun kebanyakan orang hanya mengenal keripik bayam.

Padahal, selain bayam, masih banyak sayuran yang bisa diolah menjadi cemilan berupa keripik. Keripik dari sayur ini bisa menjadi alternatif cara bagi kamu yang tidak menyukai untuk mengonsumsi sayur secara langsung. Apa saja sayuran yang bisa dijadikan keripik sayur ini?

Berikut ini jenis jenis keripik sayur yang menyehatkan serta rasanya enak danĀ  bisa kamu jadikan ide bisnis, antara lain :

1. Keripik Jamur

Sayuran pertama yang bisa kamu olah menjadi keripik adalah jamur jamur bisa diolah menjadi keripik dengan cita rasa yang sangat lezat. Jamur yang dijadikan cemilan berupa keripik jamur ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat dari jamur ini yaitu untuk menjaga kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit stroke, meningkatkan imunitas tubuh, serta baik untuk metabolisme tubuh.

2. Keripik Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, gigi dan tulang, serta masih banyak manfaat lainnya. Untuk menghasilkan keripik brokoli yang enak, rendamlah brokoli terlebih dahulu menggunakan air garam. Kemudian, buat dua adonan yang terdiri dari tepung terigu dan tepung bumbu. Dari kedua tepung itu buat satu adonan basah dan sisanya adalah adonan kering. Lapisi brokoli secara beruntutan ke tepung basah lalu ke tepung kering dan goreng brokoli yang dibaluti tepung sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan dan tiriskan.

3. Keripik Wortel

Selain dimasak menjadi sup, wortel juga bisa diolah menjadi keripik sayur yang mempunyai rasa yang lezat. Cara membuat cemilan yang satu ini cukup mudah dan bisa dilakukan dari rumah. Setelah dicuci bersih, irislah wortel secara tipi dan jemur sebentar supaya kandungan air pada wortel berkurang.

Buat adonan basah dari tepung beras, tepung kanji, lada, telur, garam, dan bawang putih, serta beri sedikit air. Jika adonan sudah tercampur merata, balurkan irisan wortel ke dalam adonan tersebut dan goreng sampai berubah menjadi keemasan, jika sudah matang, angkat dan sajikan.

4. Keripik Bayam

Keripik bayam hijau maupun bayam merah sudah sangat terkenal dalam cemilan keripik sayur. Bayam mempunyai kandungan berbagai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, contohnya kandungan asam folat tinggi yang bisa mengatasi darah tinggi, kandungan vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata. UNtuk pembuatannya, kamu cukup memotong beberapa helai daun bayam menjadi ukuran yang lebih kecil dan lumurkan bayam dengan adonan tepung keripik. Goreng menggunakan minyak panas sampai garing dan matang lalu tiriskan.

5. Keripik Kacang Panjang

Salah satu jenis sayuran yang mempunyai tekstur yang renyah dan gurih adalah kacang panjang. Tak hanya diolah menjadi lauk, sayuran ini cocok untuk dijadikan cemilan berupa keripik.

Kamu dapat membuat keripik kacang panjang dengan cara memotong kacang panjang menjadi bagian yang lebih pendek lalu taburkan garam. Tambahkan tepung dan tepung bumbu ke dalam kacang dan goreng sampai tenggelam dalam minyak panas, jika sudah matang dan garing, angkat dan tiriskan.

Tips Supaya Keripik Tidak Berminyak

jenis jenis keripik sayur

Masih banyak orang yang belum ngetahui cara membuat keripik supaya tidak berminyak. Keripik yang tidak berminyak ini bisa kita peroleh dari pengolahan yang benar. Keripik yang tidak berminyak bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Bagaimana caranya supaya keripik yang dihasilkan tidak berminyak? Berikut ini tips supaya keripik tidak berminyak dan bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama, antara lain :

  • Gunakan spinner minyak
  • Gunakan serokan
  • Pakai tisu dapur
  • Tiriskan dua kali
  • Manfaatkan roti basi
  • Itulah penjelasan mengenai cara meniriskan minyak berlebih pada keripik buah, semoga bermanfaat.

Spinner Mesin Peniris Minyak

Pada proses produksi keripik buah tadi, kamu bisa mengurangi minyak yang terkandung di dalam keripik menggunakan spinner mesin peniris minyak. Dengan mesin ini, proses penierisan minyak pada keripik akan berlangsung dengan mudah dan cepat. Jika kamu memakai lalat atau mesin ini, kamu bisa lebih menghemat tenaga dan waktu yang digunakan.

Untuk spesifikasi Spinner Mesin Peniris Minyak berkapasitas 10 kg per prosesnya yaitu :

Tipe Spinner Mesin Peniris Minyak : SPRM10K
Dimensi Mesin Spinner Peniris Minyak : 800 mm x 500 mm x 700 mm
Energi Yang Dipakai : Listrik.
Penggerak Spinner Mesin Peniris Minyak : Elektro Motor.
Tegangan Listrik Spinner Mesin Peniris Minyak : 220 V ( 1 Phase ).
Frekuensi Listrik Spinner Mesin Peniris Minyak : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) Spinner Mesin Peniris Minyak : 1/2 HP.
Kapasitas Spinner Mesin Peniris Minyak : 10 Kg / Proses.
Rangka Mesin Spinner Peniris Minyak : Besi Siku / Stainless Steel Anti Karat.
Bahan Material Kontak Produk Spinner Mesin Peniris Minyak : Stainless Steel Anti Karat.
Sistem Spinner Mesin Peniris Minyak : Centrifuge.
Ukuran Keranjang Spinner Mesin Peniris Minyak : 350 mm.
Ukuran Tabung Spinner Mesin Peniris Minyak : 500 mm.

Itu tadi penjelasan mengenai jenis jenis keripik sayur yang menyehatkan dan rasanya enak serta bisa dijadikan ide usaha.

Avatar

By talitha

Saya adalah seorang penulis di yentit.com, yang memiliki minat mendalam dalam perkembangan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi. Saya senang memperluas pengetahuan saya dengan belajar berbagai hal, dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis dan tips terbaru kepada pembaca