cara membuat keripik kentang balado

Indonesia merupakan negara yang mempunyai tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil tanaman umbi – umbian yang terdapat di Indonesia, diantaranya ketela, ubi dan kentang. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai usaha keripik kentang pedas manis.

Umbi – umbian ini mempunyai kadar karbohidrat yang lumayan tinggi dan dapat bertahan dalam suhu yang tinggi. Salah satu jenis umbi – umbian ini yaitu kentang, kentang ini mempunyai kandungan gizi yang lumayan tinggi.

Kentang juga mempunyai banyak manfaat, diantaranya yaitu untuk bahan pengganti nasi dengan nilai gizi yang terbilang tinggi, menjadi komoditas ekspor non migas, untuk bahan dasar industri pangan dan tekstil serta sebagai bahan makanan fash food.

Usaha Keripik Kentang Pedas Manis yang Menguntungkan

 

usaha keripik kentang pedas manis
Usaha Keripik Kentang Pedas Manis yang Menguntungkan!

Potensi yang ada untuk hasil pertanian ini dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Contohnya yaitu dengan cara mengolah bahan umbi – umbian ini menjadi makanan berat maupun ringan yang khas dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Beberapa jenis olahan tersebut dapat berupa tapai, gaplek, tepung, keripik dan lain sebagainya.

Salah satu produk makanan ringan yang sudah berkembang dan mempunyai banyak peminat yaitu keripik. Keripik ini tergolong makanan yang sudah berhasil menarik minat masyarakat dengan cepat.

Keripik ini dapat dibuat dari berbagai jenis bahan baku salah satu bahan bakunya tersebut yaitu kentang. Karena keripik kentang ini mempunyai cita rasa serta tingkat kerenyahan yang begitu disukai.

Pembuatan keripik kentang ini terbilang begitu mudah dan simple jadi banyak para orang yang tertarik dengan salah satu jenis produk oalahan makanan ringan ini.

Keripik ini dapat dipasarkan kepada para pedagang perantara, toko – toko kecil, warung makan dan juga pasar swalayan yang menggunakan pengemasan serta cara mengemas yang sesuai dengan pasar yang telah dituju.

Keripik kentang ini dapat dijadikan berraneka jenis varian rasa misalnya keripik kentang pedas manis, rasa dari produk keripik kentang ini begitu banyak disukai oleh para masyarakat yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Jadi pemasarannya pun dapat dengan mudah dilakukan.

Deskripsi Usaha Keripik Kentang Pedas Manis

Peluang usaha keripik kentang pedas manis ini begitu menguntungkan kalau dijalankan dengan cara pengolahan yang mudah serta bahan baku yang mudah diperoleh.

Keripik kentang juga mempunyai banyak peminat dan dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Pemasaran

Kegiatan pemasaran ini menjadi peran penting dalam melancarkan usaha. Usaha pun menjadi lancar atau tidak itu bisa dilihat dari kualitas produk yang layak dan tergantung dengan bagaimana cara memasarkan produk.

Pemasaran yang baik dan benar tentunya akan menghasilkan penjualan keripik kentang yang memuaskan. Pemasaran ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni pemasaran langsung pemasaran ini lebih menguntungkan daripada cara pemasaran lain karena tak memberikan jasa kepada pengecer.

Yang kedua yaitu pemasaran tidak langsung yakni dengan memasarkan produk dengan menggunakan pengecer, pemasaran tidak langsung ini dapat dijalankan dengan dua cara yakni memasarkan ke beberapa tempat wisata dan memasarkan ke mini market.

Pengembangan Usaha Keripik Kentang Pedas Manis

Untuk mengembangkan usaha keripik kentang pedas manis bisa dengan beberapa cara atau strategi yakni :

1. Membuat keripik kentang dengan variasi aneka bentuk yang dapat dibuat contohnya segi tiga, persegi dan lain sebagainya.

2. Promosikan keripik kentang pedas manis ini dengan cara yang menarik.

3. Jual keripik kentang pedas manis ini ke beberapa wilayah yang ramai contohnya kawasan wisata, kawasan sekolahan, kampus dan juga supermarket.

Keunggulan Usaha Keripik Kentang Pedas Manis

1. Harga keripik yang terjangkau, jadi dapat menjangkau semua pasar.

2. Bahan baku yang gampang untuk diperoleh.

3. Proses produksi keripik kentang ini begitu mudah dan tak membutuhkan banyak tenaga dan juga waktu.

Kekurangan Usaha Keripik Kentang Pedas Manis

1. Munculnya para pesaing baru

2. Munculnya berbagai variasi makanan jajanan yang lebih inovatif dan baru

Contoh Resep Keripik Kentang Pedas Manis

 

peluang usaha keripik kentang
Usaha Keripik Kentang Pedas Manis yang Menguntungkan!

Berikut ini resep untuk keripik kentang pedas manis yang dapat kamu coba :

Bahan :

250 gr kentang (kupas dan cuci bersih)

500 gr minyak goreng

¼ sdt garam

100 gr saus sambal botolan

100 gr gula pasir

3 buah cabai merah

2 siung bawang putih

100 mili air

Untuk mengupasnya, saat kamu membuat keripik kentang pedas manis dalam jumlah yang banyak, sebaiknya kamu menggunakan alat pengupas kentang karena pastinya proses pengupasannya akan menjadi lebih cepat.

Cara Membuat :

1. Irislah kentang ini dengan bentuk sesuai dengan keinginan. Letakan dalam wadah kemudian sisihkan.

2. Kemudian panaskan minyak goreng serta goreng kentang hingga berwana kekuningan, angkat lalu tiriskan. Sisihkan dahulu.

3. Panaskanlah wajan, tuanglah 2 sdm minyak dan tumis bawang putih dan juga cabai merah sampai berbau harum.

4. Tambah air, gula pasir, garam, dan saus sambal kemudian aduk merata, masak hingga kental.

5. Masukan kentang yang sudah digoreng aduk hingga merata, angkat lalu sajikan.

Tips dan Trik untuk Membuat Keripik Kentang Awet dan Renyah 

1. Pilihlah kentang yang mempunyai warna kuning, keras, masih segar dan tak layu. Karena kentang yang mempunyai warna putih ini mempunyai kandungan air yang banyak, jadi tak sesuai digunakan kalau digunakan untuk membuat keripik kentang.

2. Jangan lupa untuk merendam irisan kentang menggunakan air garam, sesudah itu cuci hingga airnya bening dan bersih. Hal ini agar kentang tak saling lengket antara irisan kentang satu dengan yang lainnya ketika sedang digoreng.

3. Pastikan kalau minyak yang digunakan untuk menggoreng keripik ini benar – benar panas, sesudah itu goreng sebentar hingga setengah kering, baru kemudian kecilkan api masak sampai matang dan juga kering lalu tiriskan.

4. Kemudian agar keripik awet renyah dan tak gampang melempem, jangan campurkan bawang merah dan bawang putih ini bersama dengan bumbu halus.

Jadi cara memasaknya yaitu dengan menumis bawang hingga kering matang, lalu baru masukan bumbu halus dan bumbu lainnya, masak hingga matang.

5. Selain kentang, kamu dapat menggunakan bumbu pedas manis ini untuk keripik singkong, ubi ungu serta jenis lainnya, supaya lebih bervariasi lagi usaha yang kamu jalankan.

Demikian artikel mengenai usaha keripik kentang pedas manis dan beberapa informasi serta penjelasan mengenai usahanya, semoga bermanfaat yaa!

Avatar

By nanik

Saya adalah seorang penulis di yentit.com yang sangat tertarik pada perkembangan teknologi, khususnya dalam dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan senang berbagi informasi seputar bisnis serta tips terkini.