olahan dari kacang kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat diolah menjadi produk atau bahan pangan baru. Bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kedelai mengandung antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, seng, serta omega-3 dan omega-6. Oleh sebab itu, ada banyak hidangan yang dimasak atau diolah menggunakan bahan baku kacang kedelai. Olahan dari kacang kedelai ada banyak dan biasa kita temui di sepanjang hari. Apa sajakah itu?

Olahan Dari Kacang Kedelai

olahan dari kacang kedelai

Selama ini masyarakat mengetahui bahwa kedelai dapat diolah menjadi tempe. Tapi nyatanya banyak olahan kedelai lainnya yang juga enak dan bergizi lho. Selain tempe, berikut makanan lain yang terbuat dari olahan kedelai, brilio.net dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/5).

1. Tahu.

Sama seperti tempe, bahan utama tahu terbuat dari kacang kedelai. Makanan ini terbuat dari endapan biji kedelai yang menggumpal membentuk tahu yang berwarna putih dan bertekstur lembut. Tahu dikenal sebagai makanan yang enak dan bisa dijadikan berbagai masakan lainnya.

2. Kecap.

Kecap yang sering menjadi bumbu tambahan pada makanan juga terbuat dari kacang kedelai. Kecap memiliki rasa yang manis dan warna hitam pekat yang dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih nikmat.

3. Taco.

Tauco adalah sejenis bumbu masakan yang terbuat dari kacang kedelai rebus. Proses dengan menumbuknya dan mencampurnya dengan tepung terigu sampai tumbuh jamur. Proses ini dikenal sebagai fermentasi.

4. Miso.

Miso merupakan salah satu bumbu yang dipakai untuk memasak berbagai jenis hidangan. Rempah-rempah ini berasal dari Jepang. Hampir sama dengan tauco tapi tekstur misonya lembut seperti pasta.

5. Tausiyah.

Sama seperti tauco dan miso, tausi adalah bumbu yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Tausi menggunakan kedelai hitam, yang membuat warna rempah ini menjadi hitam pekat.

6. Natto

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kedelai. Natto merupakan butiran kedelai yang lengket dan memiliki aroma yang cukup kuat. Makanan ini adalah salah satu sumber protein nabati yang tinggi dan biasanya dimakan bersamaan dengan nasi.

7. Oncom.

Makanan khas Jawa Barat ini berasal dari ampas kedelai yang digunakan untuk mengolah tahu. Daging buahnya diberi tepung singkong agar lebih padat. Biasanya oncom diolah dengan cara dikukus.

8. Susu kedelai

Berbeda dengan susu yang berasal dari sapi. Susu ini berasal dari susu kedelai. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap susu sapi, Anda bisa mengonsumsi susu kedelai ini karena sama-sama memiliki nutrisi yang tinggi.

9. Tauge.

Tahu kembang hampir sama dengan tahu biasa. Bedanya, tauge memiliki tekstur yang lebih lembut. Selain itu, dalam pembuatannya, jika tahu melalui proses penyaringan dan pemerasan, maka tahu tidak melalui proses tersebut.

10. Gochujang.

Bumbu Korea ini juga terbuat dari kedelai, tepung ketan, dan bubuk cabai merah yang kemudian melalui proses fermentasi. Umumnya bumbu ini digunakan sebagai bahan masakan seperti sup, bibimbap, dan sebagainya.

Mesin Giling Kedelai

Dari banyaknya olahan berbahan dasar kacang kedelai tadi, ada banya proses yang harus dilalui sebelum menjadi makanan atau minuman tersebut. Dalam pembuatansemua makanan dan minuman berbahan kacang kedelai itu sendiri kamu bisa menggunakan mesin giling kedelai supaya proses penggilingan kacang kedelai menjadi lebih mudah dan bisa menghemat waktu serta tenaga.

Itulah penjelasan mengenai berbagai macam olahan dari kacang kedelai baik minuman atau makan.

Avatar

By talitha

Saya adalah seorang penulis di yentit.com, yang memiliki minat mendalam dalam perkembangan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi. Saya senang memperluas pengetahuan saya dengan belajar berbagai hal, dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis dan tips terbaru kepada pembaca