manfaat kacang kedelai untuk kesehatan

Dibalik bentuknya yang kecil, manfaat kacang kedelai untuk kesehatan ternyata begitu besar. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya sehat, kedelai juga mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Meski ada banyak makanan berbahan dasar kacang kedelai, banyak orang belum mengetahui manfaat yang terkandung didalamnya. Manfaat kacang kedelai untuk kesehatan ada banyak dan baik untuk tubuh jika dikonsumsi tidak berlebihan. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

manfaat kacang kedelai untuk kesehatan

Kedelai dapat ditemukan dalam berbagai bentuk olahan, seperti tahu, tempe, tepung kedelai, atau bahkan minyak kedelai. Bahan-bahan dari olahan kedelai tentunya dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Dalam satu porsi atau sekitar 100 gram kacang kedelai, terdapat sekitar 150-170 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram protein
  • 13–14 gram karbohidrat
  • 5 gram lemak
  • 3,5–5 gram serat
  • 100 miligram kalsium
  • 8 miligram zat besi
  • 850–900 miligram potasium
  • 500 IU vitamin A

Selain itu, kedelai juga diketahui mengandung antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, seng, serta lemak baik omega-3 dan omega-6.

Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, kedelai telah lama dikenal sebagai salah satu makanan paling sehat. Kedelai juga biasa dikonsumsi sebagai susu kedelai atau pengganti susu bagi orang yang alergi susu sapi.

Apa saja manfaat dari kacang kedelai ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang kedelai untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan, antara lain :

1. Menjaga kekuatan dan kesehatan tulang

Kacang kedelai adalah sumber protein, kalsium, serta antioksidan isoflavon yang bai untuk tubuh. Dari kandungan-kandungan tersebut, kedelai memiliki manfaat untuk menjaga dan memperkuat kesehatan gigi dan tulang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diet sehat yang menggabungkan asupan kedelai telah terbukti mengurangi risiko pengeroposan tulang pada orang tua (osteoporosis).

2. Meringankan gejala menopause

Menopause adalah akhir alami dari siklus menstruasi, yang biasanya terjadi pada wanita berusia 45-55 tahun. Selama menopause, seorang wanita mungkin mengalami beberapa gejala, seperti sering pusing, mudah berkeringat, kekeringan pada vagina, sulit tidur, dan perubahan suasana hati.

Gejala menopause bisa diobati dengan beberapa jenis obat-obatan, contohnya metode terapi penggantian hormon. Namun, selain obat-obatan, gejala menopause juga bisa diringankan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung fitonutrien, salah satunya kacang kedelai.

3. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian mengatakan jika kacang kedelai bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini dikarenakan kedelai memiliki kandungan serat dan lemak yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga kesehatan organ tubuh

Tingginya kandungan potasium, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat membuat kedelai menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, kedelai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis).

Tidak hanya baik untuk jantung, kedelai juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ lain, seperti otak dan ginjal, serta memastikan organ tersebut berfungsi dengan baik.

5. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat kedelai yang juga cukup penting adalah mengurangi risiko kanker. Ini berkat fitonutrien dan antioksidan isoflavon yang ditemukan dalam kedelai. Kedua zat tersebut diketahui baik untuk mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

6. Mencegah demensia

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan jika mengonsumsi kacang kedelai secara teratur memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan menjaga fungsi otak. Efek ini menunjukkan bahwa kedelai baik untuk mencegah terjadinya pikun atau gejala demensia.

Selain manfaat di atas, konsumsi kedelai juga dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam kesehatan kulit. Salah satu manfaat kesehatan kulit yang didapat dari konsumsi kedelai adalah membantu mengatasi kulit kering.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kedelai di atas, Anda juga perlu menjalani pola makan sehat dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya, seperti buah dan sayur, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, cukup istirahat, dan mengurangi stres.

Meski tergolong jenis makanan sehat, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap kacang kedelai.

Jika Anda merasakan gejala alergi setelah mengonsumsi kedelai, seperti gatal-gatal pada kulit, wajah dan bibir bengkak, diare, sakit perut, muntah, atau sesak napas, segera hentikan konsumsi kedelai dan temui dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Olahan Dari Kacang Kedelai

manfaat kacang kedelai untuk kesehatan

Jika kamu tidak dapat mengonsumsi kacang kedelai dalam bentuk utuh kacang, kamu bisa mencoba makanan atau minuman yang berbahan dasar kacang kedelai ini. Makanan dan minuman dari kacang kedelai ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Apa saja makanan dan minuman dari kacang kedelai? Berikut ini beberapa makanan dan minuman dari kacang kedelai yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

  • Tahu.
  • Kecap.
  • Taco.
  • Miso.
  • Tausiyah.
  • Natto
  • Oncom.
  • Susu kedelai
  • Tauge.
  • Gochujang.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang terbuat dari bahan berupa kacang kedelai.

Mesin Giling Kedelai

Dari banyaknya manfaat kacang kedelai tadi, tidak salah jika ada banyak makanan dan minuman yang berbahan dasar kacang yang satu ini. Pada proses pembuatan makanan dan minuman berbahan kacang kedelai ini, kedelai harus melalui banyak hal sebelum menjadi makanan atau minuman tersebut. Dalam pembuatan minuman dan makanan berbahan kacang kedelai itu sendiri kamu bisa menggunakan mesin giling kedelai supaya proses penggilingan kacang kedelai menjadi lebih mudah dan praktis, tidak membuang banyak tenaga serta menghemat lebih banyak waktu

Mesin Giling Kedelai tipe MGKB 30 yang bisa kamu gunakan, mempunyai spesifikasi seperti penjelasan di bawah ini :

Kapsitas Mesin Giling Kedelai :  20 Kg – 30 Kg / Jam.
Daya ( Power ) Mesin Giling Kedelai :  5,5 HP ( Motor Bensin ) / 1 HP ( Elektro Motor ).
Energi Yang Dipakai :  Listrik / Bensin .
Tipe Penggerak Mesin Giling Kedelai :  Motor Bensin / Elektro Motor.
Rangka Mesin Giling Kedelai :  Besi Siku.
Kontak Produk Mesin Giling Kedelai :  Full Stainless Steel Anti Karat.
Dimensi Mesin Giling Kedelai :  700 mm x 500 mm x 1100 mm.

Itulah penjelasan mengenai berbagai manfaat kacang kedelai yang baik untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi dengan porsi yang pas.

Avatar

By talitha

Saya adalah seorang penulis di yentit.com, yang memiliki minat mendalam dalam perkembangan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi. Saya senang memperluas pengetahuan saya dengan belajar berbagai hal, dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar bisnis dan tips terbaru kepada pembaca