Pada artikel ini akan membahas tentang cara membuat adonan mie basah. Pernahkah Anda berpikir untuk membuat adonan mie sendiri? sebagai pecinta mie, beberapa orang mungkin pernah memiliki pikiran untuk membuat adonan mie.

Untuk membuat adonan mie itu sangat mudah lho. Mie merupakan makanan yang termasuk pengganti makanan karbohidat atau lebih tepatnya sebagai makanan pengganjal perut.

Selain itu mie juga dapat diolah dengan berbagai macam jenis varian masakan mie, seperti mie goreng, mie rebus, mie ayam pangsit, dan bakmie.

Beberapa buku resep bahkan mengulas tatacara membuat adonan miedengan sangat baik. Mau pemula atau bukan belajar membuat adonan mie itu sangat menyenangkan.

Anda bisa membentuk dengan panjang, ketebalan atau ketipisan yang anda inginkan dengan menggunakan mesin pembuat mie,  tekstur yang dihasilkan di akhir nanti akan sangat anda sukai karena sesuai ekspektasi anda.

Menurut sejarah, mie pertama kali ditemukan di daratan Cina saat zaman Dinasti Han pada tahun 25-200 AD. Kemudian berkembang ke negara Asia Tenggara seperti Jepang, Korea dan Taiwan.

Seorang bangsa Eropa Marco Polo berkunjung ke Cina, ia membawa serta mie pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh. Di Eropa mie yang dibawah oleh Marco Polo berubah menjadi pasta seperti yang kita tahu saat ini.

Dengan cara apa biasanya ada menikmati mie? Disajikan bersama kuah baso yang gurih? Atau dinikmati dengan cara lain?

Banyak olahan berbahan dasar mie basah yang enak, seperti mie ayam, mie baso dan masih banyak lagi.

Jika Anda sedikit takut dengan jajanan mie di luar, sebaiknya Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana. Tertarik mencobanya? Simak resep berikut ya.

Cara Membuat Adonan Mie Basah

cara membuat adonan mie basah

Bahan :

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 3 buah telur ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • Tepung terigu secukupnya untuk taburan

Cara Membuat Adonan Mie Basah :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencampur rata 300 gram tepung terigu dengan 1 sendok teh garam.
  2. Kemudian masukkan minyak dan telur ke dalam tepung. Uleni hingga adonan menjadi lembut dan juga mengkilat.
  3. Bungkus adonan tersebut dengan serbet makan yang bersih. Biarkan pada suhu kamar selama 30 menit.
  4. Bagilah adonan menjadi 4 bagian. Dengan menggunkan mesin pada tingkat 1 buat adonan menjadi pipih.
  5. Lipat adonan dan pipihkan dengan arah bukaan sebelah atas hingga bawah.
  6. Lakukanlah hingga adonan menjadi rata dan lembut.
  7. Lanjutkanlah untuk memipihkan adonan hingga ke tingkat 2, 3,4 atau bahkan tingkat jika anda ingin adonan yang lebih tipis.
  8. Jika adonan tersebut tipis, maka letakkan adonan pipih diatas serbet makan yang sudah di taburi dengan tepung terigu.
  9. Biarkan adonan tersebut hingga kering kira-kira selama 30 menit. Sambil menunggu, kerjakanlah 3 adonan yang lain seperti cara yang sebelumnya.
  10. Taburkan sedikit tepung terigu pada mie dan biarkan mie kering selama 30 menit setelah  adonan dipotong dengan pipih dengan cetakan mie.
  11. Didihkan air yang sudah dicampuri garam untuk mie yang sudah kering. Kurang lebih 3 menit rebus mie homemade.
  12. Mie yang anda buat siap untuk di sajikan.

Demikianlah resep cara membuat adonan mie basah, selama anda mengikuti resep yang ada di jamin anti gagal. Ada banyak kreasi cara membuat adonan mie. Sekian dan selamat mencoba.