Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat bubur jagung keju yang mudah dan bisa dinikmati saat sedang hujan atau bersantai dirumah.

Tahukah kalian bahwa bubur tidak hanya terbuat dari nasi?, ternyata ada juga bubur yang terbuat dengan bahan utama jagung.

Bubur jagung adalah hidangan atau makanan yang terbuat dari tepung jagung rebus. Makanan ini sangat di gemari oleh banyak orang, karena sangat cocok untuk di konsumsi dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan utama pada bubur adalah jagung, yang dimana kita ketahui bahwa jagung adalah makanan pokok selain padi dan gandum yang menghasilkan karbohidrat terpenting di dunia. Banyak orang mengkonsumsi jagung karena manfaat dan gizinya yang banyak, salah satu manfaatnya adalah untuk diet.

Jagung sangat bagus manjadi makanan pilihan saat sedang diet, karena akan terasa cepat kenyang saat memakannya. Banyak sekali yang bisa di olah dari jagung, yaitu jadi jagung bakar, pocorn, jagung susu keju (jasuke), es krim, dan masih banyak lagi yang bisa di olah dari jagung.

Cara pembuatan bubur jagung berbeda-beda di beberapa daerah, menciptakan rasa yang berbeda karena bumbu khas masing-masing daerah. Kali ini yang akan dibahas adalah topping atau rasa pada umumnya yaitu bubur jagung keju.

Untuk membuat bubur jagung keju tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu memakan banyak waktu. Mencari bahan juga dapat di temukan di pasar tradisional atau warung-warung yang menjual bahan masakkan.

Penasaran bukan bagaimana cara pembuatannya? yuk, langsung aja buat bubur jagung kejunya.

Cara Membuat Bubur Jagung Keju

Bahan :

  • 2-3 buah jagung manis
  • 200 ml air
  • 200 ml santan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 sendok makan susu kental manis (SKM)
  • 3 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 50 grm keju parut (untuk merk sesuai selera)
  • 1 lembar daun pandan

Langkah membuat bubur jagung keju :

  1. Kupas kulit jagung dari bongkolnya dan bersihkan rambut dari jagung. Cuci bersih jagung hingga bersih.
  2. pipil semua biji jagung. Agar mempermudah dalam pemipilan bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakan mesin tersebut tidak akan sulit dalam pemipilan dan juga tidak memakan waktu yang banyak.
  3. Bagi menjadi du bagian. Bagian pertama di blender hingga halus dan bagian kedua dibiarkan utuh dalam bentuk jagung pipil.
  4. Masukkan jagung halus dan jagung pipil ke dalam panci. Masak jagung dengan tambahan air hingga matang atau empuk dan tidak terlalu keras.
  5. Tambahkan santan dan daun pandan, aduk terus hingga merata.
  6. Setelah tercampur masukkan tepung maizena yang sudah di larutkan dengan air ke dalam bubur, aduk hingga merata.
  7. Jika sudah tambahkan garam, susu SKM, dan keju parut. Aduk kembali bubur hingga merata sempurna.
  8. Biarkan bubur hingga mendidih, agar sedikit surut dan bubur menjadi terlihat kental. Jika sudah matikan kompor.
  9. Sajikan bubur jagung ke dalam mangkuk dan taburkan keju di atas bubur.
  10. Bubur jagung keju siap dinikmati!

Tips:

  • Untuk memilih jagung manis pilihlah jagung yang masih muda, karena memiliki tekstur yang lembut dan empuk dan mudah di hancurkan. ciri-ciri yang dimiliki jagung muda adalah jagungnya berwarna kuning terang dan biji yang bertekstur lembut.
  • Untuk kalian yang sedang diet atau mempunyai riwayat sakit kolestrol bisa menggantikan gula dengan pemanis yang lebih sehat, contohnya madu, gula tebu dan masih banyak lagi.

Jika kalian merasa suka dengan resep diatas dan ingin mencoba beberapa resep bubur jagung lainnya bisa baca di cara membuat bubur jagung.

Itulah cara membuat bubur jagung keju yang bisa dibuat saat santai di rumah. Selamat mencoba!