Pisang goreng salah satu jenis gorengan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Nggak kebayang deh, gimana jadinya dunia ini tanpa gorengan, pasti terasa hampa, seperti hidupku tanpamu.

Pisang Goreng

Ngomongin soal gorengan terutama pisang goreng nih ya. Saat ini banyak banget jenis olahan pisang yang ada di Indonesia. Mulai dari seperti pisang goreng pasir, pisang goreng coklat keju, pisang goreng kremes maupun pisang goreng lainnya.

Baiklah, kalau kalian pengen nyoba rasa dari pisang goreng tadi, mungkin bisa beli di tempat yang menjualnya. Tapi kalau di daerah kamu sulit buat nemuin orang yang jualan pisang goreng, kenapa nggak bikin sendiri aja?

Yeeey, mantab tuh, bikin pisang goreng kreasi sendiri. Sekali-kali nyenengin orang rumah gitu, masak buat keluarga kan nggak ada salahnya.

Kandungan Pisang

Pisang adalah buah tropis yang disukai banyak orang. Buah pisang juga bisa diolah menjadi berbagai minuman dan olahan makanan. Jika kalian perhatikan, pisang juga termasuk buah yang agak berbeda. Teksturnya yang lembut, rasanya juga manis, namun juga tidak segar seperti buah pada umumnya.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi kita. Jika kita kehilangan energi setelah berolahraga, maka kita bisa menggantinya dengan pisang.

pisang juga bisa menjadi alat untuk mengisi energi cadangan yang biasanya habis sebelum jam makan utama tiba.

Vitamin C

Seperti pada buah lainnya, pisang juga kaya akan kandungan vitamin C. Apakah Teman-teman menyadarinya?. Satu buah pisang juga mengandung 10 mg vitamin C.

Itu sama dengan 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian untuk tubuh kita. Seperti teman-teman tahu, vitamin C itu bisa menjadi peningkat sistem kekebalan tubuh kita.

Potassium

Buah ini terkenal akan kandungan potasiumnya. Satu buah pisang berukuran cuku sedang mengandung potassium sebanyak sekitar 400 mg.

O iya, potassium adalah zat yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Hal ini juga potassium juga bisa mencegah kram pada otot setelah berolahraga.

Serat

Tubuh kita memerlukan serat untuk membantu melancarkan pencernaan. Baiklah, serat itu bisa kita dapatkan dari buah pisang, karena satu buah pisang mengandung 3 gram serat.

Cara Membuat Pisang Coklat Krispy

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 1 sisir pisang kepok kuning
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 125 ml susu cair
  • 1 sdt essen vanila
  • 150 gram keju chedar yang sudah diparut (jika ingin pakai keju)
  • 1 sdt garam
  • 250 gram tepung panir kasar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus :

  • 1 buah kuning telur
  • 50 gram keju chedar diparut
  • 100 ml susu cair
  • 10 sdm susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara Membuat Pisang Coklat Krispy :

  1. Langkah awal campurkan tepung terigu, gula pasir, susu cair, essen vanila, garam dan keju. Kejunya 50 gram aja ya, nanti sisanya buat di campuran yang lain. Campurkan sampai jadi adonan basah yang rata dan kental, sisihkan.
  2. Setelah itu siapkan campuran untuk baluran biar tambah crispy, yaitu tepung panir kasar dan 100 gram keju chedar parut. Campurkan bahan kering hingga merata, kemudian disisihkan dulu.
  3. Siapkan pisang, potong jadi bentuk kipas, atau belah dua juga boleh. Usahakan saat membelah jangan sampai putus, biar bentuknya bagus.
  4. Masukkan pisang yang sudah dipotong tadi dan masukan ke adonan basah. Lalu gulungkan bahan kering, dan campurkan dengan tepung panir sama keju tadi. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.
  5. Sambil menunggu pisangnya yang baru disimpan tadi, menyicil untuk buat sausnya dulu. Kemudian kocok dulu kuning telur, susu kental manis dan susu cair di atas api sedang. Kemudian masukkan susu kental manis dan parutan keju chedar, aduk sampai tercampur rata. Masukkan larutan tepung maizena tadi ke dalam, serta aduk kembali hingga saus mengental, lalu matikan kompornya.
  6. Setelah pisang siap, panaskan minyak lalu goreng pisang sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan pisang gorengnya.
  7. Pisang goreng siap disajikan, jangan lupa sausnya ya. Bisa dituangkan di atas pisang goreng, atau dipisahkan dalam wadah tersendiri.

Baiklah itu tadi cara membuat pisang coklat krispy yang bisa kalian dicoba dirumah. semoga berhasil dan selamat menikmati..