Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang Cara Membuat Plastik Kresek. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Suatu unsur yang terbentuk dari karbon Kita Sebut Plastik, hidrogen, klorin, oksigen, belerang dan nitrogen. Pertama kali pembuatannya plastik dibuat dengan bahan natural seperti tanduk binatang, shellac (sekresi dari serangga kecil) serta getah perca.

Di tahun 1869 M, plastik sintetis pertama kali ditemukan oleh Wesley Hyatt yang menggunakan dasi selulosa atau bahan alami dari tumbuh-tumbuhan dalam proses pembuatannya. Wesley menyatakan bahwa selulosa nitrat dapat dijadikan sebagai plastik dengan menambahkan kamper.

Sintetis pertama yang bisa disebut seluloid juga sudah diakui secara komersil. Plastik jenis ini dipakai sebagai bahan pembuatan sisir, gigi palsu, bingkai kaca mata dll.

Cara Membuat Plastik Kresek Ramah Lingkungan

cara membuat plastik kresek

Banyak Plastik ramah lingkungan merupakan produk yang dapat hancur atau cepat terurai dengan sendirinya kurang lebih dalam kurun waktu 2 tahun.

Remaja berusia 16 tahun yang mampu menciptakan plastik yang dapat teruai dengan cepat. Cepatnya proses penguraian produk ini karena produk ini terbuat dari campuran bahan organik.

Berikut paparan Arora menurut Tribun Jogja, ia mengekstrak karbohidrat bernama chitin dan secara kimiawi mengubahnya menjadi chitosan.Setelah itu, ia mencampurnya dengan fibroin, protein yang dimiliki kepompong sutra.

Penemuan ini membuka jalan bagi beragam produk-produk plastik yang kita kenal sekarang ini. Plastik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Plastik dapat dibuat dari beberapa sumber, antara lain:

1. Cara Membuat Plastik Kresek Menggunakan Minyak Bumi

Minyak mentah yang baru diangkat ke kilang minyak melalui proses pemurnian bersamaan dengan gas alam. Etana dan propana adalah produk yang dihasilkan dari proses pemurnian, kemudian etana dan propana dipecah dengan tungku yang bersifat panas, kemudian etilana dan propilena akan terbentuk pada proses ini.

Dalam suatu reaktor, etilana dan propilena akan disatukan dengan katalis untuk membuatzat seperti tepung. Zat itu adalah polimer plastik. Kemudian dilakukan proses ekstrusi yang mana plastik berbentuk air.

Plastik dalam wujud cair ini dibiarkan mendingin lalu pelletizer merupakan proses pembentukan polimer menjadi pelet pelet kecil. Pelet pelet plastik inilah yang selanjutnya menjadi bahan utama pembuatan sisir, botol plastik, gigi palsu dll.

2. Membuat Plastik Memanfaatkan Tongkol Jagung

Gula karbohidrat yang ada pada jagung bisa digunakan sebagai cara membuat plastik polylatide polymer. Penemuan plastik yang dibuat dengan jagung ini dapat mengurangi suatu ketergantungan terhadap minyak mentah bumi yang tidak bisa diperbarui.

Jenis plastik yang terbuat dari jagung ini akan mencair jika dipanaskan lebih dari 114°C, oleh karena itu plastik yang terbuat dari minyak bumi masih dipakai sampai sekarang.

Selain jagung, cara membuat plastik juga bisa dari buah jeruk. Para ilmuwan masih terus mencari senyawa yang bisa menggantikan minyak bumi untuk proses pembuatan plastik.

3. Teknik Pembuatan Plastik Dengan Karbon Dioksida

Sangat luar biasa bahwa plastik dapat dibuat dengan menggunakan minyak bumi. Namun diperlukan banyak minyak bumi untuk pembuatan plastik. Berbagai usaha dilakukan untuk mencegah habisnya sumber daya penting ini.

Pada Desember 2009, perusahaan Novomer mengumumkan dimulainya komersialisasi bahan polypropylene carbonate (PPC) dengan menggunakan gabungan dari karbon dioksida dan minyak bumi. Dengan menambahkan karbon dioksida, minyak bumi yang dibutuhkan cara membuat plastik berkurang sampai setengahnya.

Itulah ulasan tentang Cara Membuat Plastik Kresek. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi dan memulai pengelolaan lingkungan hidup.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti