Cara Menanam Biji Kopi Agar Hasilnya Maksimal

Semua orang mengetahui apa itu kopi, ya . Kopi dikenal dengan rasa dan aroma nikmat jika diseduh dengan suhu tertentu dengan tambahan seperti gula, coklat, atau krimer. Oleh karena itu kopi sangat digemari oleh banyak orang dari kalangan tua maupun kalangan muda dan juga ada wanita teutama yang sudah dewasa.

Permintaan pasar biji kopi terus meningkat. Karena di era modern kopi diolah menjadi berbagai olahan seperti permen, kue rasa kopi, kopi instan, perasa roti dll. Menjadikan harga biji kopi meningkat. Peluang dijadikan para petani untuk mencoba membudidayakan kopi agar bisa mendapatkan keuntungan.

Kopi arabica dan kopi robusta merupakan kopi yang umum dikenal. Untuk membudidayakan kopi kita harus memahami cara menanam kopi yang benar. Cara menanam kopi adalah serangkaian proses mulai dari persiapan lahan hingga panen buah kopi nanti. Berikut cara menanam kopi yang benar :

Cara Menanam Kopi

1. Persiapan Lahan

Kopi sangat cocok ditanam pada ketinggian minimal 60 meter diatas permukaan laut namun tidak lebih dari 800 meter diatas permukaan laut. meskipun demikian bagi anda yang memiliki lahan didataran rendah dengan ketinggian dibawah 60 meter diatas permukaan laut masih bisa. Sebenarnya tanaman kopi tetap dapat tumbuh dan berbuah, namun mungkin ukuran dan rasa asli dari biji kopinya agak berbeda. Kriteria lahan yang cocok untuk kopi sebagai berikut :

  • Lokasi tidak terpapar sinar matahari langsung lebih dari 6 jam
  • Iklim tropis
  • Kadar keasaman tanahnya (pH) 5,5-6,5
  • Memiliki cukup unsur hara
  • Tanah gembur

Jika sudah menemukan lahan tersebut maka dapat dilanjutkan ke tahap cara menanam kopi yang selanjutnya.

2. Penanaman Pohon Peneduh Sebagai Penghalang Cahaya