Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengolah Kopi Mentah Menjadi Siap Untuk Diseduh, simak sampai habis agar kalian paham tentang cara pembuatannya

Selain membuat tentang resep kopi rempah arab kali ini saya membahas tentang cara mengolah kopi

Cara Mengolah Kopi Mentah Menjadi Siap Untuk Diseduh

Cara Mengolah Kopi Mentah

Pengolahan Kopi Biji menjadi Kopi Bubuk Arabika

Pengupasan Kulit Ari (Kulit Tanduk)

Pemisahan ini memiliki tujuan untuk memisahkan biji kopi yang sudah kering dari kulit tanduk dan kulit ari. Proses ini bisa kita kerjakan manual atau bisa dengan menggunakan mesin pengupas biji kopi. agar hasil yang didapat lebih optimal

Sortasi Biji Cacat

Tahap ini memiliki tujuan untuk membersihkan kopi dari kopi berkulit tanduk serta dari kotoran seperti pasir, kerikil, ataupun kotoran lainnya yang masih menempel.

Penyangraian

Nah, kunci dari pengolahan kopi bubuk itu terletak di proses penyangraiannya. Pernyangraian ini bertujuan untuk mendapatkan biji kopi yang berwarna cokelat kehitam hitaman.

Proses penyangraian ini bisanya dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yakni dengan menggunakan wajan penggoreng dengan api yang sedang. Selanjutnya kopi didinginkan dan kemudian dihamparkan pada sebuah tampi kemudian dibiarkan sampai kopi benar-benar dingin.

Penggilingan Pertama

Setelah biji kopi tadi sudah dingin, langkah yang selanjutnya adalah dengan penggilingan, proses penggilingan ini memiliki tujuan untuk mendapatkan bubuk kopi, bisa dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling biji kopi.

Penggilingan Kedua

Menggiling biji kopi yang kedua kalinya ini memiliki tujuan agar bubuk kopi yang dihasilkan bisa menjadi lebih halus secara sempurna. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin yang sama dengan penggilingan yang pertama.

Pengayakan

Pengayakan kopi dilakukan bertujuan untuk menyaring kopi bubuk yang telah digiling oleh mesin. Ini dilakukan menggunakan ayakan manual yang terbuat dari plastik.

 

Kandungan Arabika

Sekitar 70% dari produksi kopi di dunia adalah kopi arabika, sementara penghasil terbesarnya adalah wilayah Brazil. Arabika biasanya tumbuh pada ketinggian sekitar 1000 hingga 2000 meter dari permukaan laut dan juga memiliki rasa yang lebih asam dari robusta. Karena itu, arabika lebih banyak dikonsumsi dan digemari oleh masyarakat.

Rasa arabika dan robusta yang berbeda disebabkan oleh perbedaan zat yang terkandung di dalamnya. Konsentrasi kandungan kopi arabika yang sudah diproses adalah sebagai berikut (g/100g):

  1. Sukrosa: 4.2
  2. Gula Pereduksi: 0.3
  3. Polisakarida: 31-33
  4. Lignin: 3.0
  5. Pectin: 2.0
  6. Protein: 7.5-10
  7. Kafein: 1.1-1.3
  8. Trigonelline: 1.2-0.2
  9. Asam Nikotinik: 0.026
  10. Trigliserida,
  11. Sterol/Tocopherol: 17.0
  12. Diterpen: 0.9
  13. Mineral: 4.5
  14. Klorogenat: 1.9-2.5 (Asam)
  15. Alifatik: 1.6 (Asam)
  16. Quinic: 0.8 (Asam)
  17. Melanoidins: 25

Manfaat Kopi

Ada banyak manfaat dari kopi, baik diminum sebagai kopi hitam maupun diminum untuk kesehatan dan juga dapat diminum untuk kecantikan. Berikut adalah efek minum kopi bagi kesehatan:

  • Meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood.
  • Menstimuli fungsi saraf dan menambah energi.
  • Meredakan sakit kepala.
  • Pencegahan penyakit parkinson dan alzheimer.
  • Mengurangi resiko diabetes tipe II.
  • Dapat Mencegah Diabetes.
    Umumya penyakit tersebut dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang.

Tidak hanya untuk kesehatan saja,tapi kopi juga memiliki fungsi untuk kecantikan, diantaranya:

  • Mengencangkan kulit dan menghilangkan mata panda.
  • Menjaga kesuburan rambut.
  • Mengangkat sel kulit mati.
  • Suplemen diet.
  • Menurunkan Berat Badan.Jangan sedih apabila memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, karena ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan anda. Salah satunya dengan meminum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas.Dapat Mencegah Diabetes.
    Umumya penyakit tersebut dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang.