Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara membuat keripik pisang. keripik pisang sangat cocok dimakan saat santai atau sangat cocok dimakan bersama keluarga. selain itu keripik pisang cocok sebagai makanan ringan loh

Cara Membuat Keripik pisang Gurih dan Renyah

Bahan Bahan

7 sisir Pisang Kepok
1 sch bumbu kaldu Royco
4 sdm(peres) garam halus
3/4 gelas belimbing air putih
2 ltr Minyak Goreng
1 bks margarin blueband

Langkah-Langkah Cara Membuat keripik Pisang

Larutkan gula pasir dalam air panas. Aduk hingga larut dan sisihkan.
Parut pisang yang sudah dikupas menggunakan pemarut khusus keripik atau parutan serbaguna. Pastikan ketebalannya pas, tidak terlalu tipis atau tebal.
Panaskan minyak dalam penggorengan. Setelah minyak panas, masukkan irisan pisang dan goreng hingga setengah matang. Sesekali aduk pisang agar matangnya rata.
Ketika pisang sudah agak kuning, tuang tiga sendok makan air gula ke dalam wajan. Hati-hati, karena di proses ini, minyak akan meletup-letup.
Tunggu hingga letupan minyak reda atau tak lagi bersuara, angkat saat pisang sudah benar-benar kering dan matang.

Tips yang Bisa Kita Terapkan Dalam Cara Membuat Keripik pisang

  1. Anda bisa mengiris pisang berbagai bentuk sesuai dengan selera kamu sendiri.
  2. Pastikan Anda menggunakan banyak minyak hingga seluruh bagian pisang terendam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerenyahan.
  3. Selain dari pada itu, gorenglah pisang secara bertahap jangan sampai penggorengan terisi terlalu penuh.
  4. Tuanglah gula dengan cara melingkar dan ratakan ke semua bagian, jangan hanya menaburkannya di satu titik saja.
  5. Biasanya akan ada bagian dari gula yang gosong karena hasil penggorengan sebelumnya dalam minyak setelah dua atau tiga kali menggoreng. Sebaiknya saring hasil sisa gosong tersebut terlebih dahulu, dan lanjutkan menggoreng.

Agar warnanya lebih cantik, kamu bisa mencampurkan pewarna makanan kuning dari telur dengan air, kemudian masukkan pisang ke dalamnya. Aduk hingga rata, baru digoreng.

Jenis jenis Pisang Yang Cocok Dijadikan Keripik Pisang

1.Pisang Nangka

Pisang Nangka atau sering dikenal juga dengan sebutan Pisang Raja Nangka memiliki cita rasa yang manis dengan sedikit rasa asam. Secara tekstur pisang nangka mempunyai ciri ciri kulitnya yang lumayan agak tebal, dengan warna daging yang kuning kemerahan. Pisang Nangka juga mempunyai ukuran yang panjang bisa mencapai hingga 28 cm.

2.Pisang Ambon

Pisang Ambon merupakan salah satu pisang yang digunakan karena cocok untuk dijadikan keripik pisang. Selain itu juga pisang Ambon dapat dimakan langsung ketika matang. Pisang

Ambon memiliki ciri ciri :

  • Kulit pisang ambon berwarna kehijau-hijauan hingga kuning.
  • Memiliki daging tebal dan lembut.
  • Daging pisang ambon berwarna putih kekuning – kuningan.
  • Rasa pisang ambon manis
  • Manfaat Dari Pisang Ambon
  • Memberikan suntikan energi

Tahukah kalian bahwa pisang merupakan salah satu buah yang umum dikonsumsi oleh atlet? karena pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.

Menyediakan elektrolit

Jika kamu sedang menderita diare, konsumsilah pisang. Karena pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan jika kehilangan elektrolit karena diare.

Bermanfaat sebagai antasida alami

Antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu penderita sakit maag, perbanyaklah memakan pisang.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Karena Pisang mengandung pektin, bahan alami yang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.

Meningkatkan gairah

Seksual tidak banyak orang tahu bahwa memakan pisang mampu meningkatkan gairah seksual. Sebab pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim sangat ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria

3. Pisang Tanduk

Pisang tanduk mampu memiliki kepanjangan hingga 30 cm. Mempunyai warna kulit yang hijau saat masih mentah dan berwarna kuning kemerah merahan dengan bintik-bintik coklat jika sudah matang. Pisang tanduk memiliki kulit yang cukup tebal dengan warna daging yang merah kekuning-kuningan.

Rasa pisang tanduk manis dan sedikit masam, jika ingin membuat keripik pisang yang memanjang, pisang tanduk ini sangat cocok karena bentuk buahnya yang panjang dibanding buah pisang jenis lain.

4. Pisang Kepok

Diantara jenis pisang yang lainya, pisang kepok inilah yang selalu menjadi primadona untuk membuat keripik pisang. Harganya yang cukup tinggi sebanding dengan rasa yang dihasilkan akhirnya yang renyah dan cita rasa keripik yang manis gurih. Maka tak heran jika keripik pisang kepok paling diminati konsumen dengan harga jual keripik yang lumayan mahal dengan modal yang cukup.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Buah pisang jenis apapun yang sudah masak sangat nikmat untuk disantap. Di balik rasanya yang begitu manis, pisang pun memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat pisang yang sangat beragam pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Jika kita selalu mengosumsi pisang sangat banyak sekali kandungan di dalam sebuah pisang, nutrisi yang terkandung di dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium, dan magnesium. Dengan berbagai macam manfaat kandungan nutrisi yang dimiliki oleh pisang, maka banyak pula manfaat pisang yang bisa kita peroleh bagi tubuh kita.

  • Memiliki sumber energi yang baik saat beraktivitas fisik atau olahraga.
  • Membantu otot-otot bergerak dengan baik.
  • Membantu kepada denyut jantung, tekanan pada darah, dan menjaga kesehatan imune jantung. Pisang juga dapat menjaga dan mencegah terjadinya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
  • Menangkal penyebab kerusakan sel dan jaringan tubuh, manfaat pisang yang satu ini terkait dengan kandungan antioksidan pada pisang.
  • Meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal.

Manfaat Pisang Untuk Wajah

1.Melembabkan Kulit

Kulit yang kering memang menjadi tantangan tersendiri. Karena kulit lama kelamaan bisa jadi kasar.Nah, kamu bisa melembabkan kulit dengan kondisi tersebut dengan manfaat pisang. Karena pisang mengandung vitamin A, B, dan E yang berguna untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit secara alami. Kamu bisa membuat masker dari pisang yang dilumatkan lalu kamu oleskan bagian pisang itu pada kulit

2. Mengobati Jerawat

Adanya jerawat memang mengganggu. Kamu yang kesal karena adanya jerawat kamu bisa mengobatinya dengan rajin dengan cara mengoleskan masker pisang yang sudah dicampur dengan madu dan kunyit. Dan hasil dari manfaat pisang ini adalah membuat kulitmu jadi lebih bersih, bersinar, dan halus.

3. Mencegah penuaan kulit

Manfaat pisang juga dapat mencegah penuaan dini. Apalagi jika kamu selalu rajin memakai masker pisang yang terbuat dari campuran perasan jeruk lemon serta yogurt. Setelah menunggu beberapa menit sampai kering, kamu bisa melakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati yang jadi penyebab kulit terlihat tua.

Manfaat Pisang Bagi Pencernaan

Manfaat pisang ternyata penting juga bagi pencernaan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Anda sedang sakit perut? Cobalah atasi dengan memakan pisang karena manfaatnya yang dapat membantu meredakan masalah pencernaan. Manfaat pada pisang yang mengandung serat dan bermacam nutrisi ini, sangat baik untuk kesehatan pencernaan pada tubuh.
Cocok sebagai pelengkap program diet.

Pisang adalah buah yang mengandung serat. Makanan berserat bisa memperlambat proses pencernaan. Hasilnya, akan membuat anda merasa kenyang lebih lama dan Anda dapat makan lebih sedikit. Mengatasi konstipasi. Berlaku khusus untuk konsumsi pisang yang sudah matang.

Tapi hati-hati jika anda memakan pisang yang masih hijau alias belum matang.
Karena pisang hijau yang belum masak atau masih hijau  merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar, dan dengan demikian akan meningkatkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Penelitian menyatakan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga terkait dengan adanya kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

Cara Mengonsumsi Pisang dengan Sehat

Apabila pisang yang sudah matang atau masak bisa langsung dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai jenis makanan camilan. Menurut para ahli menyatakan bahwa pisang bisa menjadi camilan manis yang lebih sehat ketimbang biskuit. Tapi harus anda ingat bahwa mengonsumsinya pisang dengan cara digoreng, seperti menjadikannya pisang goreng atau pisang molen.

Memakan pisang hasil gorengan bisa mengubah serat atau manfaat pisang menjadi merugikan, karena justru berisiko menghilangkan kandungan nutrisinya dan akan mengakibatkan kadar lemak jenuh, yang bisa menyebabkan Anda terkena  penyakit seperti kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Demikian tadi artikel cara membuat keripik pisang untuk keripik pisang yang mau disimpan Anda bisa mengemasnya menggunakan alat pres plastik, supaya keripik pisangnya lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan terimakasih.