Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat jus mangga yang praktis dan menyegarkan anda.

cara membuat jus mangga

Minuman jus buah mangga adalah minuman yang banyak sekali peminatnya karena jus mangga ini rasanya enak dan menyegarkan, jus mangga juga kaya dengan nutrisi, vitamin, magnesium, kalium dan fosfor. Hingga akan cocok untuk anda konsumsi karena sehat dan baik bagi tubuh anda, mengonsumsi jus mangga ini adalh salah satu cara untuk diet dan melangsingkan tubuh. Namun, ingat mengonsumsinyapun tidak boleh berlebihan. Mangga merupakan salah satu buah yang telah beredar di asia tenggara sejak 1,5 M yang lalu.

Buah mangga adalah buah yang termasuk ke dalam kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, ada beberapa macam jenis buah mangga yang ada di indonesia mulai dari bentuk bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5–30 cm. Pada bagian buah mangga ujungnya , ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Di bagian atas paruh ada yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.

Ada beberapa macam jenis kulit buah mangga ada yang kulitnya agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila masak. Bijinya yang berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat. Biji buah mangga ini terdiri dari dua keping; ada yang monoembrional dan ada pula yang poliembrional.

10 Jenis Buah Mangga Paling Enak

cara membuat jus mangga

Nah, buat anda pecinta buah mangga maka Anda harus tahu 10 jenis dan macam buah mangga terenak yang ada di Indonesia.

1. Mangga Arumanis

Sesuai dengan namanya, jenis buah mangga yang satu ini memang punya aroma yang harum dan juga rasa yang manis. Makanya, tidak heran lagi jika banyak orang yang mengincar mangga arumanis ini. Buah mangga arumanis ini mempunyai ciri-ciri yaitu bentuk yang lonjong dan ujungnya berbentuk runcing. Lalu, tekstur dagingnya sangat lembut dan empuk.

Buah mangga ini harganya tidak terlalu mahal, biasanya mangga ini dijual dengan kisaran 25 ribuan perkilogramnya. Selain itu mangga arumanis, mempunyai jenis dan macam mangga yang satu ini biasa disebut sebagai mangga gadung. Pernah coba makan mangga gadung atau mangga arumanis?

2. Mangga Apel

Mengapa dinamakan mangga  apel? karena bentuk mangganya bulat seperti buah apel. Biasanya, buah mangga apel ini punya warna hijau yang agak kemerahan.

Ciri mangga apel ini apabila yang sudah matang dan siap santap, biasanya agak empuk dan aromanya cukup harum. Mangga apel ini tidak semanis Mangga Arumanis, ya. Tapi, mangga apel yang berwarna kehijauan ini lebih cocok untuk ngerujak karena punya rasa yang sedikit masam dan segar.

3. Mangga Golek India

Kalau Anda pecinta buah mangga anda tidak asing lagi dengan buah mangga  yang namanya buah mangga golek india, pasti familiar dengan Mangga Golek India. Karena itu buah mangga ini mengunggulkan rasa yang manis dan bahkan tekstur dagingnya tidak berserat, lho. Buah mangga Golek India mempuniayai bentuk yang lonjong seperti Mangga Arumanis.

Meskipun mempunyai bentuk yang mirip dengan buah mangga arumanis, namun nyatanya Mangga Golek India ini punya bobot yang lebih besar dibandingkan dua macam buah mangga sebelumnya. Bahkan, bisa1 buah mangga jenis ini pernah ada yang mencapai 1.5 Kg lho! Meskipun jenis buah mangga yang terbesar, tapi kalau makan mangga 1.5 Kg pasti kenyang banget!

4. Mangga Madu

Buah mangga madu adalah mangga yang mempunyai rasa yang manis seperti madu. Selain itu juga buah mangga yang satu ini menjadi varian mangga manis lainnya selain mangga arumanis. Pada mangga yang satu ini mempunyai ciri warna kulit kuning cerah pada bagian luarnya saat buah sudah sangat matang. Sedangkan untuk dagingnya berwarna putih.

Buah mangga madu ini  mempunyai ukuran yang bobotnya mirip dengan mangga manalagi. Perlu kalian ketahui, selain di Indonesia, mangga madu ini juga kerap kali ditemukan di negara lain, seperti India, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan.

5. Mangga Manalagi

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa mangga manalagi ini mempunyai ukuran yang mirip dengan mangga madu. Dimana untuk rasanya, mangga ini punya rasa yang unik yakni perpaduan rasa antara mangga golek dan mangga arumanis. Pada buah mangga ini mempunayai warna kulit yang hijau muda, dan untuk yang sudah matang pun tetap berwarna hijau muda hanya saja ada warna keabuannya.

Pada buah mangga ini yang menjadi pembeda antara mangga manalagi dengan mangga lainnya adalah dagingnya yang lebih tebal, padat, dan juga berserat. Jenis buah mangga manalagi lebih tahan lama dan tidak mudah busuk sesaat setelah dipetik dari pohonnya.

6. Mangga Gedong Gincu

Jenis buah mangga yang satu ini asli Cirebon. Buah yang satu ini mempunyai nama yang unik, tetapi  tidak menutup rasanya yang nikmat lho. Dagingnyad didominasi oleh warna kuning kemerahan, begitupun dengan kulitnya. Jenis mangga yang satu ini sangat mencolok dan sangat menarik untuk disantap.

Untuk bentuknya, buah mangga gedong gincu ini mempunyai bentuk yang bulat tanpa lekukan, dagingnya pun tebal, dan juga memiliki serat halus. Rasa pada buah yang satu ini juga boleh diadu, karena punya rasa manis yang harum. Jenis mangga gedong gincu yang satu ini mudah ditemukan di daerah Cirebon atau Indramayu. Tetapi di Indramayu, mangga jenis ini mempunyai ukuran yang lebih kecil. Tapi, rasanya tetap manis, kok.

7. Mangga Cengkir Indramayu

Mangga cengkir Indramayu merupakan jenis mangga yang lebih sering disingkat dengan mangga Indramayu ini punya ukuran yang cukup besar. Bahkan dagingnya pun tebal, pasti puas memakannya, deh!

Jenis bauh mangga yang satu ini tak kalah manis dengan mangga lainnya, mangga cengkir Indramayu ini juga punya rasa yang manis, bahkan ada yang mengatakan bahwa mangga inilah yang termanis di Indramayu. Makanya, tak heran jika buah mangga cengkir Indramayu ini lebih laris di pasaran dibandingkan mangga lainnya di Indramayu.

8. Mangga Malibu

Buah mangga jenis ini diimpor dari Australia. Rasanya seperti kelapa. Jenis mangga malibu ini sangat populer di pertanian Berry Springs, selatan Darwin. Mangga jenis ini sangat terkenal dan sangat mudah ditanam, hasil kawin silang antara mangga irwin dan kensington pride. Maka dari itu, jenis mangga malibu ini terlihat besar, enak, dan berwarna merah.

9. Mangga Alpukat

Buah mangga alpukat ini sangat unik karena cara makannya mirip dengan alpukat. Untuk memakan buah yang satu ini tidak perlu susah-susah mengupas, kamu hanya tinggal memotong bagian tengahnya. Untuk rasanya itu tidak perlu diragukan lagi, mangga alpukat merupakan hasil perkawinan silang dari mangga gadung dan mangga madu. Buah mangga alpukat ini dibandrol sekitar Rp 35 ribu per kilogram.

10. Mangga Emperor.

Buah mangga ini yang berasal dari negara Taiwan, namun banyak dibudidayakan oleh para petani di negeri gajah putih, Thailand. Buah jenis ini dikatakan unggulan karena buah mangga jenis ini mempunyai penampilan yang sangat eksotis dan mampu menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Jika kebanyakan kulit buah mangga berwana kuning kehijauan, mangga emperor memiliki kulit buah yang berwarna ungu kehijauan saat masih muda dan akan berubah menjadi merah menyala ketika sudah matang.

Daging buahnya berwarna oranye kekuningan serta menawarkan citarasa buah yang sangat manis dan bertekstur lembut dengan kandungan air yang melimpah.  Untuk ukuran biji yang ada di dalamnya juga relatif kecil dan pipih. Buah mangga yang satu ini mempuyai keunggulan lain dari mangga emperor terletak pada ukuran buahnya yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah mangga pada umumnya. Berat satu buahnya saja bisa mencapai 3 kg.

Cara Membuat Jus Mangga

cara membuat jus mangga

Ada beberapa cara membuat jus mangga diantaranya:

Bahan yang dibutuhkan:

  • Es batu secukupnya
  • 400 ml air matang
  • 2 sendok teh gula pasir rendah kalori
  • 4 buah mangga yang sudah di potong-potong atau
  • Susu kental manis

Langkah – langkah Cara Membuat Jus Mangga

  1. Pertama-tama masukan potongan buah mangga arum manis kedalam blender, lalu tuangkan air dan tambahkan gula pasir serta susu kental manisnya.
  2. Kemudian, blender semuanya hingga bahan halus sempurna.
  3. Setelah itu siapkan gelas cantik yang telah di beri es di dalamnya kemudian tuangkan jus mangga.
  4. jus mangga siap di hidangkan.

Demikian artikel saya tentang cara membuat jus mangga praktis dan menyegarkanSemoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang menempuh hidup sehat. Dan anda juga dapat menggunakan mesin cup sealer atau mesin penutup gelas plastik untuk minuman seperti jus ,kopi,teh dan lain sebagainya.