Cara membuat keripik–Pepaya ini adalah buah yang identik yang bisa di gunakan untuk melancarkan pencernaan. Buah ini berasal dari meksiko lalu di sebarkan di daerah tropis. Salah satunya tersebar di Indonesia.

Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung jika matang. Namun karena di Indonesia kreatifitasnya sangat tinggi Maka kuliner buah ini dapat di makan dengan berbagai cara. Contohnya dari buah pepaya yang setengah matang.

Ada juga yang membuat pepaya untuk bahan yang di olah menjadi sayur untuk menemani lauk serta nasinya itu. Buah pepaya muda ini juga dapat di olah menjadi keripik. Sepertinya masih jarang orang yang tau cara membuat keripik pepaya secara tradisional ini.

Jarang terpikir bahwa buah pepaya ini akan merubah tampilannya menjadi makanan ringan  yaitu keripik pepaya.

memang tekstur buah pepaya lebih banyak mengandung air sehingga lebih lezat dan segar apabila dipadukan dengan minuman segar seperti olahan es campur, es buah, salad buah, manisan atau yang lainnya.

Pengolahan buah pepaya menjadi bentuk makanan kuliner mungkin hanya sebatas menjadi campuran rujak buah.

karena memang tidak banyak orang yang terpikir untuk mengolah buah yang kaya serat ini menjadi jenis makanan baru terlebih mengubahnya untuk menjadi jenis camilan atau makanan ringan seperti keripik pepaya.

1.Cara Membuat Keripik Pepaya

cara membuat keripik

Bahan-Bahan:

  • 10 kg pepaya matang, masih keras, terasa manisnya, Serta tidak mengeluarkan banyak getah.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat Keripik Pepaya

  1. Kupas buah pepaya, belah, Serta buang bijinya. Lalu cuci pepaya ini dengan air.
  2. Iris pepaya dengan tebal 5 ml. Selanjutnya lakukan proses blanching dengan cara mencelupkan potongan buah pepaya tersebut ke dalam air panas yang suhunya 95 -98 ºC selama 3 menit sambil diaduk pelan.
  3. Jemur buah pepaya yang sudah diblanching sampai kering dan mudah dipatahkan.
  4. Selanjutnya simpan buah pepaya selama 1 malam dalam wadah tertutup.
  5. Goreng keripik dalam penggorengan vakum pada suhu 120 º dengan tekanan 60 – 80 mmHg selama 58 menit.
  6. Selanjutnya tiriskan dan biarkan sampai dingin.
  7. 2.Cara Membuat Keripik Pepaya

2.Cara Membuat Keripik Pepaya

cara membuat keripik

Bahan-bahan:

-Buah pepaya muda beratnya 5 kg
-Minyak goreng sawit banyaknya 2 liter

Cara Membuat Keripik Pepaya

1.Pertama hal yang harus anda perhatikan yaitu mengupas kulit pepaya. Bersihkan biji-bijinya. Buah pepaya kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir.
2.Buah pepaya yang sudah dicuci lalu potonglah dengan bentuk sesuai selera anda. Sebaiknya buah pepaya dipotong tipis-tipis sekitar 5 milimeter. Alasannya agar mudah kering saat digoreng. Ukuran dan bentuk dapat disesuaikan dengan kreasi Anda. Anda bisa membentuknya sesuai selera anda.
3.Pepaya yang sudah di bentuk itu langsung di masukkan ke dalam freezer.
4.Siapkan mesin vacuum frying. Mesin ini bisa di isi dengan minyak goreng yang jumlahnya di sesuaikan dengan kapasitas mesin.
5.Keluarkan irisan buah pepaya dari freezer (tentunya setelah 24 jam). Masukkanlah irisan pepaya ini ke dalam mesin penggorengan.
6.Pepaya yang sudah kering dapat anda angkat dari penggorengan. Anda tinggal memasukkannya pada mesin pemisah minyak.
7.Keripik buah pepaya pun siap disajikan. Lalu simpanlah di tempat-tempat yang kedap udara seperti plastik.

Buah pepaya yang digunakan sebagai bahan keripik sebaiknya adalah buah pepaya yang berjenis pepaya Bangkok atau pepaya California. Pastikan buah pepayanya adalah buah yang muda agar estetika keripik yang dihasilkan bagus.

Begitulah cara membuat keripik pepaya muda yang enak, renyah, dan nagih. Selamat berkreasi!

sekian dari kami apabila ada salah kata saya mohon maaf. Dan selamat untuk membuatnya dirumah dan semoga anda menyukainya!