Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana cara membuat popcorn yang sangat lezat. Cemilan popcorn ini atau bisa di sebut juga dengan nama berondong jagung yang merupakan jenis dari makanan ringan yang sangat cocok dijadikan cemilan ketika kita sedang nonton film.

Sudah tidak heran lagi jika kita melihat di bioskop-bioskop selalu menyediakan makanan ringan seperti popcorn sebagai teman nonton nya. Popcorn juga mempunyai berbagai varian rasa, ada yang rasa manis, rasa barbeque, dan rasa original.

Semua yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera masing-masing. Jagung merupakan bahan dasar popcorn yang mengandung banyak karbohidrat, serat, dan protein tinggi. Sehingga sangat bagus bagi kesehatan kita, terutama bagi kalian yang sedang menjalani diet alami.

Selain itu juga, cemilan ringan yang berbahan dasar jagung ini memang banyak ditemukan di berbagai tempat hiburan contohnya di bioskop, teater, taman, tempat wisata, pasar, dan mal.

Cemilan popcorn memang memiliki banyak penggemar, ini sangat melekat dan familiar di kalangan masyarakat karena rasanya gurih, ada yang manis dan lezat. Mencoba gurihnya popcorn memang membuat kita ketagihan terus, terutama ketika sedang melakukan aktivitas seperti belajar dan nonton tv.

Untuk kamu yang malas keluar dari rumah untuk membeli cemilan seperti ini, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Membuat popcorn yang manis memang sangat mudah untuk di praktikkan nya sendiri, terlebih bahan baku nya yang digunakan begitu mudah didapatkan di pasar.

Cara membuat popcorn manis caramel

cara membuat popcorn

Bahan Cara Membuat Popcorn:

– 1/2 gelas biji jagung
– 1/4 gelas minyak sayur
– 1 gelas gula pasir
– 125 gram unsalter butter
– 1/4 sdt garam

Cara Membuat Popcorn:

  1. Siapkan wajan terlebih dahulu atau panci di atas kompor dengan api sedang. Tuang kan minyak dan biarkan sampai panas.
  2. Masukan biji jagung terlebih dahulu dan tutup pancinya. Goyangkan panci nya secara berkala supaya panasnya merata dan popcorn nya agar tidak gosong.
  3. Setelah letupan popcorn nya mulai terhenti, matikan api nya, setelah itu sisihkan popcorn nya yang sudah matang.
  4. Siapkan panci nya untuk membuat caramel. Tetapi di taruhkan nya di dalam panci anti lengket, masukan mentega, gula pasir, dan garam. Jangan lupa gunakan api sedang.
  5. Setekah itu aduk hingga mentega nya meleleh dan tercampur rata dengan gula.
  6. Diamkan hingga mendidih dan jangan diaduk. Masaklah sampai muncul berwarna cokelat keemasan atau maksimal 10 menit.
  7. Kalau sudah matang, tinggal di angkat dan tuang merata ke popcorn yang berada dalam wadah cukup besar. Aduk-aduk hingga merata, proses pengadukan nya harus dilakukan dengan sangat cepat.
  8. Setelah merata, lalu tuangkan ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti supaya cepat dingin dan mengering.
  9. Setelah dingin, lalu popcorn yang saling menempel bisa kamu pisah-pisahkan terlebih dahulu dengan tangan. Dan popcorn caramel pun sudah siap untuk dinikmati.

Manfaat Dari Mengkonsumsi Popcorn

1. Bisa menurunkan berat badan

Tahukah kalian bahwasanya popcorn itu normal hanya mengandung 30 kalori yang 5 kali lebih sedikit dari pada keripik kentang berminyak? Kandungan serat yang terdapat dalam popcorn akan membuat kalian merasa kenyang dan bisa menghambat pelepasan pada hormon kelaparan. Dan pada lemak jenuh juga sangat rendah.

2. Menurunkan tingkat kolesterol

Popcorn ternyata mengandung serat yang cukup bisa menghilangkan kelebihan kolesterol pada dinding pembuluh darah dan arteri, sehingga bisa mengurangi keseluruhan kadar kolesterol kalian. Dan ini juga bisa membantu menurunkan atau kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

3. Memperbaiki pencernaan

Popcorn merupakan biji yang utuh mengandung endosperm, kuman dan dedak. Brondong jagung ini memang mengandung semua serat yang bisa membantu mengobati pada pencernaan. Ini bisa juga membantu buang air besar (BAB) yang sangat tepat dan akan mencegah sembelit.

4. Kontrol tingkat gula darah

Popcorn ternyata memiliki jumlah serat yang cukup banyak, ini mengatur untuk pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin. Ini ternyata akan menjaga kadar gula darah kita sehingga mencegah diabetes. Jadi, meningkatkan asupan popcorn organik nya untuk mencegah diabetes.

5. Mencegah kanker

Popcorn ternyata mengandung sejumlah senyawa besar poli-fenolik, ini adalah salah satu jenis antioksidan lebih kuat yang dapat anda masukkan ke dalam tubuh anda. Antioksidan merupakan zat pertahanan kuat yang dapat menghilangkan radikal bebas.

6. Mendukung pertumbuhan tulang sehat

Popcorn ternyata mengandung sejumlah mangan yang dapat membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Mangan membantu supaya mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

7. Pengganti gandum atau oatmeal

Popcorn adalah satu-satunya cemilan yang 100 persen dibuat atau diproses dari biji. Satu porsi cemilan popcorn cukup mengandung lebih dari 70 persen asupan gandum harian loh yang direkomendasikannya. Jika kalian bosan makan oatmeal, kalian bisa mengkonsumsi popcorn sesekali.

8. Ramah bagi pengidap diabetes

Diet tinggi serat sehat bagi penderita diabetes, popcorn sesuai dengan kategori semua itu. Popcorn juga penuh dengan serat tinggi sehingga dapat dicerna dan tidak akan menyebabkan tingginya gula darah mendadak. Jadi, jika kalian menderita diabetes, kalian dapat dengan aman mengkonsumsi popcorn.

9. Mencegah penuaan

Popcorn memang bisa mengobati gejala terkait usia seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, kebutaan, kelemahan otot, dan rambut rontok. Popcorn juga dapat membuat kalian tetap sehat, berkat antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

Makan Popcorn Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan pada serat tinggi yang terkandung di dalam popcorn membuat popcorn dapat membantu kalian dalam menurunkan berat badan. Di dalam satu porsi popcorn atau sekitar dengan tiga gelas, mengandung serat yang sebanyak 3,6 gram.

Tidak hanya itu saja, mengemil popcorn juga hanya akan menyumbang sebuah kalori yang relatif sangat kecil ke dalam tubuh kita. Satu porsi popcorn tawar hanya akan mengandung kalori yaitu sebanyak 93 kalori. Jadi, popcorn yang bisa kalian jadikan suatu alternatif cemilan yang sehat saat sedang diet.

Selain bermanfaat dalam menurunkan berat badan kita, popcorn juga ternyata mempunyai berbagai manfaat kesehatan yang lainnya. Kandungan pada polifenol dalam popcorn tenyata dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Polifenol adalah antioksidan yang dapat juga membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat dari radikal bebas. Pada beberapa suatu penelitian, ternyata polifenol terbukti dapat juga membantu meningkatkan kesehatan saluran pada cerna, membantu sirkulasi darah agar dapat bekerja yang lebih baik lagi, dan membantu juga dalam mengurangi risiko banyak penyakit.

Ternyata ada juga loh dari sisi buruk nya mengkonsumsi popcorn ini.

Popcorn Juga Bisa Menjadi Buruk Bagi Kesehatan

Ya, ternyata popcorn juga bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama popcorn yang dibuat dengan cara memanaskan nya popcorn dalam kemasan di microwaveKemasan popcorn ini ternyata kebanyakan dilapisi oleh zat kimia yang disebut juga dengan perfluorooctanoic acid (PFOA).

Di dalam beberapa penelitiannya, PFOA telah dikaitkan dengan risiko ADHD, berat badan yang lahir rendah, dan masalah tiroid. Popcorn yang terdapat dalam kemasan ini juga ternyata mengandung diasetil yang terdapat di dalam penyedap mentega buatan.

Walaupun penelitian belum menunjukkan dampak negatif diasetil pada kesehatan manusia, namun beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa diasetil dapat merusak saluran pernapasan dan menyebabkan penyakit paru.

Tidak hanya itu saja, sekarang ini kebanyakan popcorn yang dijual dengan banyak berbagai rasa, seperti rasa caramel misalnya. Hal ini sangat membuat popcorn menjadi salah satu cemilan yang tidak rendah kalori lagi.

Banyak sekali popcorn dalam kemasan yang harus dipanaskan dalam microwave juga mengandung minyak trans. Minyak trans ternyata berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan penyakit serius lainnya.

Sejarah Terciptanya Popcorn

cara membuat popcorn

Kalian juga dapat memilih popcorn tawar yang tidak mengandung gula dan garam, sehingga kalori yang terkandung di dalamnya hanya sedikit. Mengkonsumsi popcorn ini juga bisa mencegah kalian dari kenaikan berat badan yang cukup berlebih.

Popcorn juga ternyata sering juga disebut dengan nama lain yaitu berondong jagung atau corn. Karena, memang terbuat dari biji jagung yang dipanaskan. Saat dipanaskan pula, akan terdengar suara-suara ledakan yang berbunyi “pop” sehingga disebutlah nama Popcorn.

Ternyata, popcorn sudah ditemukan sejak pada abad 16 lalu, nah hal ini ternyata terkuak dari catatan diary Hernando Cortes (1485-1547). Beliau ternyata merupakan seorang pemimpin ekspedisi dari kerajaan Spanyol yang telah menghancurkan suku Aztec dan juga telah menguasai meksiko pada abad 16. Dalam buku diary-nya, beliau telah menulis bahwa Popcorn adalah makanan yang sangat penting bagi suku Aztec.

Suku Aztec ternyata menggunakan Popcorn sebagai kalung, hiasan patung dewa, dan dekorasi ritual upacara. Popcorn yang bentuknya seperti bunga putih disebut suku Aztec karena sebagai persembahan bagi dewa air.

Tidak hanya di saja suku Aztec, dan para arkeolog menemukan bahwa Popcorn juga pernah berkembang di Asia, terutama di daerah Cina, Sumatera, dan india. Jauh sebelum columbus sampai di benua Amerika tahun 1492.

Dan demikian, cemilan gurih ini baru dikenal oleh masyarakat pada tahun 1840. Pada kala itu, popcorn mulai dijual di acara-acara pameran dan karnival. Popcorn ternyata semakin dikenal pada saat ditemukannya mesin pembuat popcorn oleh charles cretors pada tahun 1885 yang pada kala itu juga bertempat tinggal di Illionis, Amerika Serikat.

Demikian tadi cara membuat popcorn yang manis dan sangat enak, untuk kalian yang ingin mencoba di rumah bisa menggunakan mesin perontok jagung agar lebih cepat dan efisien. Semoga bermanfaat dan terimakasih.