Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan cara membuat kulit molen yang renyah dan juga tahan lama. Di artikel sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara membuat molen yang enak.

Tapi apakah teman-teman sudah mencoba membuatnya dan berhasil ? Nah jika teman-teman menginginkan molen yang renyah dan tahan lama itu tergantung pada saat pembuatan kulitnya.

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat kulit molen nya, kita akan bahas dulu apa itu pisang molen dan dari mana asalnya. Kebanyakan orang pasti sudah mengetahui camilan yang berbahan dasar pisang dan di baluti adonan yang terbuat dari tepung terigu.

Dan ternyata di ambil dari wikipedia molen ini berasal dari Sumatera Utara. Camilan yang satu ini memang banyak penggemarnya, selain rasanya yang enak harganya juga murah jika kita membelinya di pasaran.

cara membuat kulit molen

Cara Membuat Kulit Molen

Selain membeli molen di pasaran, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Teman-teman tinggal menyiapkan beberapa bahan saja dan langsung mempraktekannya sesuai resep. Dan berikut ini saya akan memberikan cara membuat kulit molennya.

Langkah pertama yang harus di lakikan agar kulit molen yang di hasilkan renyah dan juga tahan lama yaitu penggunaan bahan dan juga komposisinya. Teman-teman harus menggunakan tepung protein sedang dan campur dengan sedikit tepung maizena. Untuk 250 gram tepung terigu, tambahkan 3 sdm tepung maizena lalu kemudian aduk rata.

Setelah adonan tepung terigu dan maizena tercampur rata, kemudian masukan gula, garam, dan margarin lalu aduk kembali sampai tercampur rata. Setelah itu uleni adonan sampai kalis dengan menggunakan air es, air es sendiri ini bertujuan agar kulit molen yang kita buat tidak alot saat selesai di goreng.

Jika adonan sudah tercampur rata dan sudah bisa di bentuk, kemudian teman teman bisa langsung mencetaknya dengan cara di giling. Teman teman bisa menggunakan gilingan mie atau menggunakan botol juga bisa, tapi pastikan tidak terlalu tipis dan juga jangan terlalu tebal.

Selanjutnya kita tinggal membungkus pisang yang sudah di potong potong dengan menggunakan adonan yang sudah kita giling tadi. Usahakan pada saat membungkus pisang jangan terlalu berlapis lapis, hal ini akan mempengaruhi kualitas molen yang di hasilkan.

Tips Agar Molen Tahan Lama

Selanjutnya saya akan memberikan sedikit tips agar molen yang kita buat bisa bertahan lama dan juga tetap enak meskiĀ  sudah berhari hari. Oke langsung saja berikut ini beberapa tips yang bisa saya sampaikan.

cara membuat kulit molen

Pertama, goreng adonan molen yang sudah jadi dengan menggunakan minyak yang baru dan juga panas. Jika kita menggunakan minyak yang sudah bekas, rasanya juga akan berbeda dan jika kita menggoreng saat minyak masih dingin kemungkinan molen tidak akan renyah.

Tips yang selanjutnya adalah, gunakan bahan yang sesuai dengan yang di perintahkan di resep yang kita dapatkan. Jika kita menggunakan bahan bahan yang berbeda dengan resep, kemungkinan rasa dan teksturnya juga akan berbeda.

Tips yang terakhir yaitu, ikuti langkah langkah yang di perintahkan di resep yang di dapatkan. Contohnya jika resep menyuruh tepung dulu yang di masukan, maka ada harus mengikutinya. Jika anda tidak mengikuti resep, mungkin molen yang anda buat bisa gagal.

Mungkin hanya itu lah cara membuat kulit molen dan sedikit tips cara membuatnya yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terimakasih selamat menciba semoga berrhasil.