Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan cara memilih buah durian yang benar. Agar buah yang kita beli bagus dan manis, tentu ada beberapa cara atau trik yang harus teman teman lakukan.

Di artikel sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara mengolah buah durian, yaitu mengolahnya menjadi selai durian. Di artikel itu juga saya memberikan resep serta cara membuatnya, jika teman teman ingin membuat selanya bisa kunjungi artikel tersebut.

Okelah langsung saja saya akan memberikan cara memilihnya, teman teman bisa langsung ikuti langkah langkah di bawah ini agar buah yang kita beli isinya manis dan juga melimpah, sehingga kita tidak sia-sia membelinya.

cara memilih buah durian

Cara Memilih Buah Durian :

Karena buah yang satu ini tergolong mahal jika kita membelinya di kota kota besar seperti jakarta. Tentu akan sia-sia jika isi di dalamnya tidak manis dan juga sedikit, untuk menghindari hal tersebut ikuti langkah dibawah ini.

1. Tangkai Buah Durian

Beberapa orang memilih durian dengan cara melihat warna, ukuran, dan aromanya saja. Tapi tahukah anda jika tangka durian juga bisa menjadi petunjuk durian sudah matang atau belum matang.

Durian dengan tangka yang tebal dan pendek menunjukan bahwa daging yang ada didalamnya tebal serta melimpah. Sebaliknya jika tangkai buahnya ramping dan panjang bisa menjadi pertanda isinya sedikit dan tidak terlalu tebal.

2. Berat Buahnya

Mungkin menurut beberapa orang yang belum pernah membeli durian akan berpikir semakin berat buahnya, mungkin akan semakin banyak isinya. Dan langsung memilih buah yang berbobot lebih berat, namun cara memilih buah yang tepat yaitu memilih buah yang ringan.

Jika anda memilih buah yang ringan itu bisa menjadi pertanda kalau buah tersebut sudah matang dan isinya melimpah. Karena semakin berat buahnya mungkin itu bisa jadi bijinya yang besar bukan dagingnya.

3. Bentuk Dari Buahnya

cara memilih buah durian

Langkah yang pertama yaitu pilihlah durian yang bentuknya bulat jika anda menginginkan buah yang isinya berwarna kuning dan lebih banyak. Karena menurut beberapa pedagang durian, buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibandingkan buah yang berbentuk bulat.

4. Bunyi Dari Buahnya

Langkah yang selanjutnya adalah bunyi yang dihasilkan ketika kita mengetuk-ngetuk buah tersebut. Cara yang satu ini juga sering dilakukan oleh pedagang buah saat akan memilihkan durian untuk pembelinya.

Jika muncul suara yang agak sedikit berat dan terendam seperti “bluk-bluk” itu tandanya buah sudah matang. Sedangkan jika muncul suaranya serasa seperti berongga maka dapat dipastikan jika isi buahnya sudah tidak lagi segar.

5. Cermati Bentuk Durinya

Selain bentuk dari buahnya, cara agar buah yang ada didalamnya matang dan manis yaitu dengan mencermati bentuk durinya. Pilihlah buah yang durinya pendek dan jarang karena dipercaya isi buahnya lebih manis.

Sebaliknya jika anda memilih buah durian yang durinya panjang dan rapat, maka dapat dipastikan isi dari buahnya mungkin akan sedikit. Jadi sebelum membeli, perhatikan bentuk dari duri buahnya ya.

6. Warna Buahnya

Kami menyarankan bagi anda yang ingin membeli buah durian, abaikan warna dari buah tersebut. Karena warna dari buahnya tidak berpengaruh pada kelezatan isi yang ada didalamnya.

Mungkin hanya itu artikel yang bisa saya sampakan pada kesempatan kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata. Terimakasih teman-teman yang sudah membaca artikel saya dari awal sampai akhir, selamat mencoba.