Sampah rumah tangga merupakan salah satu penyetor sampah terbesar di Indonesia,maka dari itu sampah rumah tangga harus bisa diolah dengan baik jika tidak maka dapat memingkinkan munculnya bencana misal membuang sampah sembarangan disungai dapat menyebabkan banjir,dll.maka dari itu cara mengolah sampah rumah tangga sangat penting.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan berisi referensi beberapa cara mengolah sampah rumah tangga yang dapat anda terapkan dirumah.Sebelum masuk ke cara mengolah sampah rumah tangga mari ketahui terlebih dahulu pengertian dari sampah rumah tangga.

Anda juga dapat melihat artikel berikut cara mengolah sampah untuk lebih memahami tentang arti,manfaat,dan referensi pengolahan sampah lain dari upaya pengolahan sampah .

 

Pengertian Sampah Rumah Tangga

Sampah rumah tangga merupakan sampah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga dalam sehari-hari. Untuk jumlahnya tergantung dari banyak atau sedikitnya tingkat konsumsi dari masing-masing rumah tangga tersebut.

Contoh dari sampah atau limbah keluarga adalah bisa berupa sisa-sisa sayuran seperti wortel, kol, bayam, slada dan lain-lain bisa juga berupa kertas, kardus atau karton.Tidak semua dari sampah rumah tangga dapat diterima langsung oleh alam ada juga yang memiliki daya racun tinggi jika berasal dari sisa obat dan aki.

Dampak: Dampak limbah rumah tangga dapat mempengaruhi terhadap pencemaran lingkungan seperti penurunan kualitas air, maka akan mempengaruhi terhadap tingkat kesehatan bagi orang lain. Karena itu penting melakukan pengolahan sampah rumah tangga yang baik dan benar.

 

Berikut Bahan Bahan untuk Pembuatan Pupuk Kompos Dari Sampah Rumah Tangga

Sebelum ke cara membuat pupuk kompos dari limbah rumah tangga mari kita ketahui terlebih dulu Bahan bahan yang dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos,sebagai berikut:

  • Sisa limbah rumah tangga seperti makanan ,sayur-sayuran hingga daging busuk
  • Kertas bekas atau tisu yang tidak terpakai lagi
  • Daun dan rumput
  • kayu
  • Bumbu dapur kadaluarsa
  • Bulu hewan
  • Potongan rambut makhluk hidup
  • kotoran hewan

 

Langkah Pembuatan Pupuk Kompos

 

  1. Siapkan sampah atau limbah rumah tangga yang akan diolah menjadi pupuk kompos.
  2. Pisahkan sampah organik (sisa makanan/dedaunan) dengan sampah plastik. Hanya Sampah organik yang digunakan sebagai pupuk kompos.
  3. Sediakan wadah berukuran besar sebagai tempat membuat pupuk kompos. Jangan lupa wadah harus dilengkapi dengan penutup supaya pupuk tidak terkontaminasi.
  4. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang sebelumnya telah berisi dengan sampah organik.
  5. Siram permukaan tanah tersebut dengan air secukupnya.
  6. Sampah Organik yang sudah disiapkan tadi di cacah sampai menjadi potongan potongan,akan lebih mudah jika menggunakan mesin pencacah kompos ,lalu dimasukan ke dalam wadah.
  7. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah
  8. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah. Kali ini tanah berperan sebagai penutup sampah.
  9. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.
  10. Setelah itu pupuk kompos sudah dapat digunakan.

 

Demikian dari artikel ini.Diatas sudah ditunjukan contoh dari pengolahan sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos .Semoga dengan artikel diatas kita semua menjadi lebih sadar dengan pengolahan sampah rumah tangga dan semoga contoh diatas dapat diterapkan dirumah anda masing masing dengan harapan dapat menghasilkan manfaat kembali ke kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel ini.