Pada waktu ini saya akan membahas bagaimana cara packing kardus agar aman dan terjaga dari guncangan saat pengiriman.

Packing merupakan kegiatan yang dilakukan sesorang yang ingin mengirim barang dengan aman sampai tujuan.

Tutorial Cara Packing Kardus Agar Aman

Cara Pacing Agar Aman Saat Dikirim

1. Pilih Jenis Kardus

Ada beragam jenis kardus dan kekuatan kardus. Sebelum packing barang kenali barang yang akan di packing karena ada beberapa barang yang mudah pecah sehingga kenali terlebih dahulu jenis barang dan baru di packing dengan kardus.

  1. Single Face
  2. Single wall (3 lapis kertas)/3ply
  3. Double wall (5 lapis kertas)/5ply
  4. Triple wall (7 lapis kertas)/7ply

2. Memilih Kemasan yang Digunakan

Kemasan dinilai berkualitas setelah memenuhi beberapa penilaian diatas dalam menjaga keamanan barang anda aman sampai dengan tujuan. Apabila anda menginginkan ke mudahan dalam melakukan pengngemasan kami Papandayan Cargo siap membantu memberikan pelayanan packing bagi anda dengan memperhitungkan kriteria sebagai berikut,

-Material

Menggunakan kardus bergelombang (Corrugated) untuk barang pecah belah atau berat digunakan dua atau tiga lapisan serta hindari penggunaan kotak dus lama yang strukturnya  sudah tidak kaku lagi.

-Kekuatan

Perhatikan keterangan yang ada di kotak dus dimana produsen dus tersebut menerangkan kekuatan batas maksimal kotak dus tersebut. Informasi tersebut sebagai rujukan kotak spesifikasi kotak dus untuk memilih kemasan yang sesuai dengan berat kiriman anda.

-Ukuran

Kardus yang tidak terisi penuh dapat cepat penyok dan menekuk, sedangkan kotak kardus yang terlalu penuh dapat merusak segel dan meledak. Hal ini dapat terhindar dengan memilih kemasan sesuai dan tepat dengan barang yang anda kirim.

3. Penyegelan Dengan Lakban

Lakban merupakan perekat yang memudahkan Anda menyegel kiriman dalam mengindari kerusakan selama proses transportasi pengiriman. Gunakan eknil perekatan “H” dimana melakukan perekatan pada bidang yang dapat terpisah dan terbuka pada tegah samping kanan dan kiri bagian. Jenis lakban yan digunakan

  1. Lakban Plastik Coklat
  2. Perekat Vinyl Elektrik
  3. Lakban duct tape /Lakban hitam dengan kain

Hindari Penggunaan dari Lakban berikut

  1. Lakban Kertas
  2. Lakban Bening
  3. Tali

Jika anda mengiginkan cara praktis packing kardus anda tinggal beli mesin packing kardus karena membantu anda dalam packing lebih cepat dan rapi. Apabila anda pengusaha olahan roti tawar anda harus mengenali barang dan pilih kardus yang tepat lalu kirim.

Manfaat Kardus Selain Untuk Packing

Inspirasi Kerajinan Dari Kardus

Kardus tidak hanya berfungsi sebagai tempat packing tetapi juga bisa untuk membuat kerajinan yang sederhana, berikut contoh kerajinan dari bahan kardus.

1. CELENGAN DARI KARDUS

cara packing kardus

Bahan-Bahan Yang Kamu Perlukan:
  • Kardus bekas
  • Tali sepatu berwarna
  • Pensil
  • Penggaris
  • Paku
  • Cutter
Cara Membuat Celengan Dari Kardus:
  1. Tentukan seberapa besar celengan yang akan kamu ingin buat, lalu sesuaikan ukurannya, lalu gambar pola dikardus.
  2. Gambar pola menggunakan pensil supaya garisnya tigak miring dengan menggunakan penggaris di atas kardus. Pastikan garisnya tidak miring-miring agar menjadi bentuk celengan yang simetris.
  3. Potong pola kardus menggunakan cutter atau gunting kertas secara rapi.
  4.  Lubangi sisi samping kardus menggunakan paku agar mudah untuk membuat lubang untuk memasukan uang.
  5. Caranya, lipat dulu sampai celengan berbentuk kubus dan lihat sisi mana saja yang perlu dijahit menggunakan tali sepatu kelak.
  6. Pastikan semua lubangnya tidak terlalu berdempetan dan lubang itu jarak yang sama antara satu lubang dengan yang lainnya.
  7. Hal yang tinggal kamu lakukan hanyalah mengelem setiap sisi agar menjadi satu.
  8. Anda juga bisa mewarnai celengan dengan berbagai warna.